ARIPITSTOP.COM – Ranjau paku saat ini menjadi teror para pengguna jalan, penebaran ranjau paku saat ini memang lebih banyak tersebar di daerah yang ramai seperti jalanan ibu kota Jakarta dan kota besar lainnya. Terlalu banyaknya ranjau paku membuat sejumlah orang terketuk untuk menjadi relawan pencari ranjau paku bahkan kini sudah ada komunitas para pembersih ranjau paku dari jalanan. Salah satunya adalah Saber Community yang menyisir jalanan di ibu kota dan terkejut ketika relawan ini berhasil mengumpulkan ranjau paku seberat 4 ton, tidak terbayang itu berapa jumlah pakunya.

Yap, relawan ranjau paku ini selama 6 tahun berhasil mengumpulkan paku hingga 4 ton beratnya. Ingat, ini baru satu kelompok relawan saja, belum lagi kelompok relawanainnya yang sama2 tergerak terjun ke jalan raya membersihkan ranjau paku.

Ranjau paku memang menjadi momok tersendiri, saya sendiri sudah pernah mengalaminya sendiri ketika terkena ranjau paku, memang tidak mengenakkan, kenapa masih banyak tukang tambal ban yang curang seperti ini.

Berikut statement dari akun IG bernama rohim_saber :

Teror ranjau paku di ibu kota dan Jabotabek sudah ada sebelum relawan penyapu ranjau aktif menyapu ranjau Merasa tergerak terpanggil dengan banyaknya ranjau paku tahun 2010 mulai aktif menyapu ranjau sebelum ato setelah pulang kerja

Setelah berjalan 1 tahun menyapu ranjau akhirnya mendapat dukungan dari beberapa temen teman dan alhamdulillah tanggal 5/8/2011 komunitas Saber resmi terbentuk dan tanggal 11 Januari 2012 Alhamdulillah mendapat apresiasi dari bapak Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dr Untung S Rajab.Drs S.H.

Sejak aktif menyapu ranjau dari tahun 2010 sampai dengan 2016 hasil ranjau dari keseluruhan anggota yang sudah ditimbang mencapai 4 ton ranjau paku, banyak dari netizen bertanya Iantas dikemanakan ranjau hasil menyapu dari anggota Saberjanganjangan dijual Iagi sama oknum penebar ranjau?? Saya pastikan saya tegaskan ranjau tersebut setelah terkumpul ditimbang atau dikirim ke pabrik tempat peleburan besi tua hasilnya untuk biaya operasional anggota.

6 KOMENTAR

  1. rekor ranjau paku yg nempel di ban gw adalah 9 paku nempel sekaligus, skrg di ban depan ada 3 paku kecil yg nempel, dibelakang ada 4, juga masing2 paku kecil. total ada 7 paku di ban depan dan belakang sekarang ini.

    blm dicabut karena udh terlalu dalam masuk nya, akhirnya dikasih lem powerglue, dan sebulan sekali isi angin ban di pom bensin. so far so good.

    amid2 klo kena seng.

    • iya, untungnya tubeless klo ban tube udh bocor itu. pake powerglue msh cukup buat wara wiri ratusan km tiap minggu.

      beberapa waktu lalu mau dicabut tp gak bisa sudah terlalu dalam pakunya. klo paku kaso sih udh pasti bocor. ini paku kecil jd msh aman.

      klo yg 9 paku itu nginjek bungkus korek api. jd klo ketemu begituan mending di hindari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini