spul (2)

Hari sabtu kemairn bengkel rame dan kebalikan warung biasa2 saja bahkan sepi karena nggak keurus ngurusin bengkel yang antriannya bejibun… Kerjaan nomor satu. Tapi banyak yang bisa disharing lewat blog ini.

Dapat keluhan dari pelanggan motornya dibawa ke bengkel pas kebetulan mogok, saya cek ternyata api di busi tidak ada, ya sudah konsumen suruh daftar service dulu dan ngikut antrian yang pastinya kalau hari sabtu harus sabar saat ngantri karena kondisi bengkel rame. Konsumen bercerita dalam sebulan ini sering banget motornya mogok saat sudah jalan jauh,nach pada dua hari belakangan setiap baru jalan 2-3 km motor sudah mogok dan saat dari rumah menuju ke bengkel jarak dari rumah sekitar 3 km motor mati ditengah jalan dan mau nggak mau musti dorong lumayan sekitar setengah kiloan katanya.

Motor sudah saatnya naik tuch, dibawa naik ke bikelift dan saatnya perang…! cek api ternyata masih tidak ada, coba ganti busi ternyata api belum nongol juga… kemana larinya nich api ya…?. Kemudian cek kondisi tahanan ignition coil menggunakan pocket tester ternyata kondisi tahanan koil masih normal…lanjut cek kondisi CDI saya cek pakai pocket tester hasilnya tahanannya masih bagus juga terakhir kondisi spul, saya cek tahanan spulnya( pulser) ternyata ukuran tahanannya sudah tidak standar lagi hasilnya 10,09 Mega ohm padahal untuk motor jupiter z tahun 2006 ini ukuran tahanan yang normal adalah 248-372 ohm. Ya sudah ketemu penyakitnya.

spul (3)

Tanpa ragu saya cari harga spul jupiter z di web yamaha disini harganya 223ribu, kenapa saya lihat harga spul di website ? karena saat ini bengkel yamaha harus dan wajib online jadi harga sparepart yang dijual harus harga HET. Jika ada dealer yamaha yang menjual harga sparepart diluar harga HET bisa dilaporin kok ke call center.

spul (1)

Setelah sudah tahu harga spul lanjut konfirmasi ke owner jupiter z konfirmasi estimasi total service dan setelah ada kesepatan maka spul baru dipasang. Setelah terpasang lanjut pengetesan, motor di hidupkan sekali engkol ternyata langsung hidup… Sebenarnya kondisi seperti ini sama seperti yang terjadi pada semua motor jika kondisi pengapian tidak normal, motor mogok setelah mesin panas karena tidak api di busi setelah motor dingin kira2 setengah atau satu jam bahkan ada yang sampai setengah hari motor bisa hidup lagi, itu karena kondisi spul sudah abnormal tepatnya pulsernya.

Sistem pengapian motor jika diurutkan dari awal terdiri dari BUSI – IGNITON COIL – CDI – KIPROK dan AKI ( khusus pengapian DC) – SPUL – KABEL BODI. Jadi saat ada kejadian api hilang bisa di cek dengan urutan seperti tadi, sistem pengecekan harus urut jangan acak agar pengecekannya mudah terdeteksi. Contohnya saat api mati dicek kondisi busi dulu jika masih bagus lanjut ke koil lanjut ke CDI dan terakhir spul. Jika saat mengecek CDI ternyata mati tentunya bagian sistem pengapian yang lain harus dicek juga kondisinya.

Semoga bermanfaat…

129 KOMENTAR

  1. mas saya pernah nemuin gejala pada motor mio soul 2009
    jadi kalo motor kondisi kering (tidak basah) motor normal.
    tetapi bila motor kondisi basah langsung mati ga mau nyala biarpun basah di cuci ato basah karena hujan.
    kira2 penyebab nya dimana mas.
    trims…

  2. Kang, kenapa ya indikator bensin old vixion kalo dari setengah menuju habis itu cepet banget. Padahal bensin masih, serasa boros jadinya (padahal enggak). Apa salah satu kekurangan atau emang disetting begitu terkait keamanan mesin injeksi? Mohon penjelasannya. Nuwun.

  3. kalo rumor ketika mesin yamaha panas, tenaganya drop dan pada honda malah garang itu hanya sekedar mitos kan mas?

    ato ada penjelasannya? (pastine duduk panas overheat, tapi wajar)

    • rumor tuh, dulu dari Malang – Paiton naik MX, kecepatan 100-110 terus pulang-pergi (panjang Jalur 125 KM) gak masalah (padahal kondisi CDI pecah dan penggunaan oli 1000KM castrol power1)

    • kalo mitosnya gitu lebih baik buang radiator vario/cb biar mesin cepet panas.
      dijamin powernya si honda makin gaarang,. wkwkwkwk….
      sekalian bungkus aja mesinnya pake karung goni tebal biar tetep puanas. hehehe piss

  4. Kang Ari, maaf oot lagi.. kemarin sy baca di motor plus, baju xeon rc bisa ganti jadi gt125 pnp..

    bisa kasih tutorialnya dan estimasi biayanya kang? sy mau ngerjain sendri kang rencananya..

  5. boleh konsultasi mas, motor saya spacy karbu, kalau pagi starter pertama normal/gampang abis itu kan langsamnya belum normal, akalu gas dilepas ditinggal kan mati, nah ngidupin yg kedua itu gak bisa pake electric harus pake kick starter dan aga susah, kenapa ya mas. (busi barui, bensin premium)

    waktu musim hujan kalau sudah jarak jauh juga mati-mati gitu (karena suhu dingin), lewat oplisi tidur juga, api kaya hilang gitu (staternya juga susah) thanks

    • Untuk langsam tidak normal dan mati bisa dari kompresinya, cek kondisi kerenggangan klep, jika kerengangan klep bagus coba konsultasi ke mekanik langsung kondisi kompresinya.
      Untuk yg kedua saat sepertti api hilang, itu juga bisa dari kompresinya dan biaa juga dari koil atau rumah businya

  6. saya pernah punya yamaha yg berkasus seperti ini (tapi di artikel ini pulsernya, sedang saya spulnya). kata mitosnya sih yamaha lemah di spul.
    entah bener apa salah, la wong dari komen2 juga banyak merk lain yg rusak 😀
    tapi saya gak ganti satu set. malah cuma direpair di tukang dinamo. murmer cuma seperlima dari ganti total. sampe sekarang masih sehat aja. apalagi kalo cuma pulser cari di toko pracangan motor juga ada.

  7. tapi namanya bengkel resmo semua memang gitu sih, ganti total assy.
    gak ada istilah ngecer.
    ane aja cari part mobil yg murmer di beres katanya harus beli sepaket yg ratusan ribu, behhh… ogaahhh… ke toko pracangan deh ahirnya 😀

  8. Kang mo tanya,motor saya vixion 2007,kenapa akhir2 ini aki motor saya keluar bau seperti bau lumpur (aki kering)dan tutupnya sampai lepas,ganti dengan aki baru jalan sekitar 200 km kejadian lagi,sampai hari ini sudah 3 kali ganti aki dalam waktu 2 bulan dan tetap aja kejadiannya seperti itu lagi…mohon pencerahannya kang…

  9. Mas..minta tolong penjelasannya..
    Ane pakai gl 125 mesin ori..
    Motor ane kalau dikendarai dengan kecepatn konstan 70-80km/jam. Suka mati tiba2 mesinnya..bensin ada.pas cek busi. Gak basah dan ada api..
    Itu kira2 penyebabnya apa ya mas..
    Trimakasih

  10. motor saya new jupiter z 115 knalpot sudah tak ganti yang racing & pilot jet sudah diganti (dinaikan) 1 angka dari asli nya. pernah juga mogok karna mesin panas apa penyebabnya karna saya ganti knalpot freeflow atau krna spulnya juga..??

  11. ni sepedaku lg mogok….
    kyke penyakitnya sm

    dah tak bawa ke 4 bengkel
    smua pada gak mau mikir mungkin…
    katanya gak apa….
    gak ada yg rusak…
    jelas saja ngeceknya pas mesin ke adaan dingin…

    oe…

    para mekanik bengkel

    masukan dariku

    tanggapi benar keluhan2 pelanggan kamu…
    & bwtlah mereka puas dgn kinerjamu

    ni q kecewa coz gak ada respon yg memuaskan

    jgn sampe pelanggan kamu
    ngerasa hal yg sm dgnku

    ” tolah toleh pinggir jalan ”
    _ putus asa _

  12. ni sepedaku lg mogok….
    kyke penyakitnya sm
    dah tak bawa ke 4 bengkel
    smua pada gak mau mikir
    mungkin…
    katanya gak apa….
    gak ada yg rusak…
    jelas saja ngeceknya pas mesin
    ke adaan dingin…
    oe…
    para mekanik bengkel
    masukan dariku
    tanggapi benar keluhan2
    pelanggan kamu…
    & bwtlah mereka puas dgn
    kinerjamu
    ni q kecewa coz gak ada respon
    yg memuaskan
    jgn sampe pelanggan kamu
    ngerasa hal yg sm dgnku

    ” tolah toleh pinggir jalan ”

    _ putus asa _

    • Motornya apa om?
      Klo kasus seperti ini mmg shrsnya mknk mengecek mtr saat kondisi pns. Klo sdh tdk percy lg dengan 4 bkl sebelumnya cr bkl yg lain dan bilang secara gamblang kronologinya agar mknk bisa justmend dgn bnr

      • udah mas,
        maren hampir aja putus asa..

        q maren ketemu tukang tambal ban yg ngerti mesin,
        dgn sabarnya mesin di panasi sampe akhirnya mati,
        dan benar kerusakannya dr itu…

        GL MAX
        skrg dah sembuh

        makasih infonya….

  13. Mas. Motor saya gl max neo tech.
    Kalo motor pagi habis parkir semaleman gampang hidupnya. Tapi kalo habis dipake biar sampe panas nda apa2, cuman bila diparkir sebentar kadang susah hidupnya kalo ditunggu sekitar 30 menit baru mau hidup lagi. Kira2 ada kerusakan dimana ya mas.?? Udah tanya2 kebengkel dari bengkel honda sampe bengkel pinggir jalan juga pada bingung.

  14. Nice Info, ini aku juga mengalami. Setiap motor di ajak perjalanan jauh. Mesin motor sering ngadat. Gak tahu kenapa, kalau sudah begini biasanya aku berdoa saja semoga bisa sampai di rumah dan besoknya langsung saya ke tempat servis. katanya sih mesin baik-baik saja. Dan hanya di servis seperti biasa. Saya rutin 1 bulan sekali servis motor, maklum jarak tempat kerja dengan rumah lumayan jauh. 60 km pp. Tapi ya gitu setelah 3 minguan mesin mulai ngadat lagi.

  15. [ask]
    scorpio sy kalo pagi hari di kick starter 1x langsung nyala..
    kalo uda dipake 1 jam ( mesin uda panas ) sangat susah kick starter.. arus berkali2 sampe kaki pegal baru nyala…
    kalo dibawa ke bengkel katanya busi kotor.. setelah busi dibersihkan mmg uda aga mudah dinyalakan kalo mesin panas.. tp setelah dipake 2 minggu,,, tetap saja mesin panas susah dikick starter… arus di electric starter 2-3detik.. baru nyala..

    mohon bantuannya

  16. mas mau nanya, motor sy FU 2009, masalahnya setiap di gas di rpm rendah antara 2-4 gas motor putus2 tenaga motor jg hilng, kalo sdh di rpm 5 keatas gasnya normal n tenagax motor sdh ada. jadinya motor sy tidak bsa di pakai jalan pelan soalnya tenaga motor tdak normal kalau pelan… sy sdh coba ganti busi koil n cdi tpi hasilnya nihil

  17. Mas motorku mx 2011 waktu itu semua buhlamnya putus , aku gnti yg bru , kiprok ganti pake brt,aki baru,tapi kok aki cepet habis yA , padahal ga pake asesoris lain,lampu utama ,rem,ma senja mati lagi , penyebabnya apa ya , oh ya kalau stater jga dinamonya muter sendiri kaya ga nyangkut gitu , [email protected]

  18. bos kl mtor mio di pakek jalan sebentar enak,tp bbrp sa’at kemudian mati total gk mau hidup.pdahal abies di servis,pengapian normal.trs dibuka lg karburator nya,abies dibuka karbu nya hidup normal,tp ntr begitu mati total lg….apa nya itu bos yg bermasalah.mohon dibantu…

  19. kompresi bagus bos,sudah dipancing dikasih oli mesin ke ruang bakar tp ttp gk mau hidup.tp ntr kl di bongkar karbu nya lagi hidup normal…apa bos penyakit nya..????
    mohon di bantu…

  20. Mas mau tanya, motor sy vega zr.
    Kejadiannya 2 bulan terakhir lampu utama mati total tidak ada arus. Setelah dicek ternyata soket dr spulnya yg leleh akhirnya sy ganti soketnya aja.
    Dan dalam 2 minggu ini lampu sering putus gosong. Dr lampu senja, lampu spedo dan lampu utama. Menyusul akinya tiba2 ngedrop. Dan sekarang cdi yg panas akhirnya motor mati total. 3x ganti cdi malah buang2 duit cz begitu dpasang cdi baru hidup 5 menit cdi lngsung panas dan rusak. Sy sudah cek smua kabel kelistrikan tdk ada masalah. Kira2 ini masalah dr mana y mas. Tks

  21. Bro gw ada scorpio z ni, motor gw smnjak soak aki jdi susah hidup , trus suka mau mati ngEjut klw lg d jalan. Eh pas d engkol2 lama gk hidup, pas aku engkol lgi pernah smpe rada2 loss tu engkol, pas gw cabut busi, trus dpasng lgi, bru bisa d engkol lgi, kyk ilang komprensi

  22. motor saya gl pro neotech mas,keluhan nya banyak
    1.motor suaranya kasar kyk ada bunyi ngiklik gitu ‘klikliklikliklikklik’ gitu kaang, yg perlu diganti biar suara itu ilang,trs suara mooth apa ya kang?
    2. motor agak susah nyala,harus berkali2 engkol baru hifup padahal cdi baru ganti
    3. kickstarter suka mbalik pas di engkol
    minta saran nya kang biar motor saya berasa responsive lg. alamat bengkel nya dimana kang? kapan2 ane mau kesitu dong.

  23. Mau tnya bro…
    1. Ane pake mtor jupiter mx 2006, dulu stlah lewat inreyen ane coba klo abis pake full speed kok mesin tiba2 mati sendiri , trus tunggu dingin skitar 15 mnit baru bisa hidup lg, tp stlh ganti busi racing ga sk mati lg , trus skrg ane pake cb150r stlah skitar 6ribuan km, ane pake ngebut kok terkadang mesin mati sendiri saat skitar 30 menit pemakaian (tp klo pelan sih gpp), stlah tunggu 15 menit mtor baru bisa hidup lg, apa kasusnya sm sprti dulu jupiter mx businya ga kuat panas jdi overheating ? Apa hrs ganti yg busi racing jg ?????? Mhon jwbnya
    Thanks.

      • Bro thx infonya, wkt cb150r saat abis d geber mati sendiri saat lepas gas n tarik kopling (stlah ganti busi dg iridium denso udah normal lg mesin ga mati2 lg)
        Btw klo utk nambah responsif n top speed cb150r , dg dana mepet tp hasil maximal n mesin cukup aman, pilhannya gmn ?
        Apa pke piggy back ato
        Gantu koil dg ultra speed high performance ? (Lbh baik pilih mana yg hasil mantap d responsif n topspeed jg ) tanpa ganti knalpot cz rawan tilang.

        Btw klo Xcsr hurricane itu selain bikin awet aki, kelistrikan, apakah bikin hanya tambah responsif ato tambah responsif n top speed jg ?

        Mohon pencerahannya ya..
        Trmksih..

  24. masbro, spull kw ngaruh gak sih?
    soale saya ngalamin setelah ganti dibengkel pinggiran pake spull kw kadang mati pas lagi diem dikemacetan…..
    nunggu bentar baru bisa distater lagi…..
    motor saya vario jadul….

  25. Bro saya mau tanya, kemarin saya ada masalah di motor Vixion th 2012. Permasalahanya double starter ga bisa di pakai hanya bisa di kick starter, tapi anehnya setelah motor hidup dengan cara kick starter saya coba double starter motor malah mati. Terus saya bawa ke dealer resmi Yamaha disana di cek katanya AKI dan SPULL sudah rusak (padahal AKI baru sekitar 1-1.5th saya ganti dan SPULL dari baru).
    Saya mohon pencerahanya cara cek Spull kalo itu sudah mau rusak. Karena saya tidak mantep kalau Spull yang rusak karena motor baru 3th bro.

    Mohon pencerahanya bro.
    Terima kasih,

  26. Mio saya thn 2010,penyakitnya pada saat posisi gas rendah trs mw digas nyendat”,sdh coba ganti karbu,desiclos cdi,tp msh gitu juga apa ada kemungkinan spulnya yg kena mas,mohon pencerahannya,terimakasih

  27. klw sepulx dak bisa ngangkat beban apa sepulx rusak ia bang….krn klw arus spulll di kontak bagus tp klw udah masuk ke cipros atw cdi apix hilang pada motor jup z 2010 tolong bantuanx wayan makasi

  28. Ini juga terjadi di motor saya skrg. Sdh kasi tw org bengkelnya yg diganti malah seal apa jak hrganya 120rb. Tp sekali dibawa jalan ngadat lg, diamin jln trs ngadat lg (sprti habis bensin, tp bensin full). Stlah cr2 trnyata mmg mslh ada di pulser coil.. smga habis ini bs sembuh total tuh mx. Thx admin…. nice info

  29. saya punya motor Yamaha KING 1994
    saya bingung apa yang rusak
    Setiap mesin panas suka mati mati
    Tapi setelah mati,di hidupin langsung hidup cuma beberapa meter ke,udian mati lagi dan trus begitu
    Saya udah ganti Busi, Coil, dan CDI tapi tetap aja
    Mohon pencerahan nya

  30. saya punya motor king yang setelah panas suka mati mati tapi sekali stater langsung hidup
    Beberapa meter kemudian mati lagi dan trus bgitu
    Saya udh ganti busi, koil dan CDI tapi tetap aja seperti itu

  31. Mas mau nanyak kenapa kabel 3 yg dari spul keregulator suzuki thunder kok seri panas ya?mohon tolong dibantu ya mas?

  32. mau nanya saya make mio smile,pengapian nya engga ada,padaha saya baru beli cdi brt dual band sama koil kitaco+cangklongan busi nya,tapi tetap aja apiinya tidak ada,kira” apanya ya bang ?

  33. Kang ari sy minta petunjuk soul gt sy 2013 penyakitnya kalo lari di atas 60kpj lampu indikator engine nyala setelah turunin kecepatan 60 kebawah normal…..dan ketika di gas penuh posisi nyala kayak berebet kehabisan bensin kang……terus pagi tadi sya panasin coba geber gas penuh juga kayak tegangannya naik turun kejadian itu nampak dari lampu spedo yg kadang terang redup bergantian…..kalo dipake jalan posisi chek engin nyala lari 80 ga berpengaruh tapi ketika diatas 80 kpj berebet…..diagnosanya apa kira2 itu kang….baru 2 bulan ganti kiprok, aki……apa spul ya yg kena soalnya lari pelan ga ada masalah dan..oya posisi terjadi sepeti itu jika lampu nyala kalo dimatikan lampunya normal kang biar digeber dengan gas penuh…..mohon bantuan kang….

  34. Kakak maaf mau nanya ,,Saya udin motor saya jup mx 2011,motor saya terkadang mogok seperti kehabisan bensin tp setelah di diamin paling 5menit udah bisa hidup lagi kira” masalahnya ap y mas

  35. kang mau konsul, motor saya vega zr 2010, kemaren saya ganti spull tp bukan ori, dan sekarang lampu utama redup saat kondisi langsam, jarum speedo juga ngaco, apa efek spull nya? jangka panjang ada efek lain ga

  36. mas mhon nanya ya mtor saya byson , aki baru ganti .spul saya cek normal tapi kok aki nya cpet abis ya udah gitu kalo jalan jauh tiba2 lampu spedo sama lampu dpan mendadak redup . mhon jawaban nya . trimakasih

  37. Bang mohon solusi Thunder 125 kick stater, pengapian seperti telat, kalau diengkol/selah api baru muncul setelah engkolen berhenti dibawah dan hanya sekali gitu aja munculnya..kira-kira apanya ya… bisa hidup tapi setengah sengkleh kaki ngengkol baru hidup..

  38. bang boleh tanya? motor saya honda matic spacy yg masih karbu klo tiap motor adem wktu mau dipanasin/dinyalain idupnya cma sbntar tpi klo udah panas bru normal,udah saya cek karbu,busi,cdi dan spul + pulser cma saya ragu di pulser + spul,apa mungkin spul/pulsernya yg brmasalah?trus untuk tegangan/tahanannya spul/pulsernya brapa bang untuk honda spacy?trima ksih.

    • Soket tiga kabel, warna kuning itu kabel lampu, warna putih kabel pengecasan ke aki untuk strum dc, hitam massa.
      Soket dua kabel itu untuk pengapian ke CDI

  39. Mas mau tanya,,motor saya fiz r,,buat jalan sekitar 4km,,tiba” mati tapi setelah di diamkan sekitar 10menit hidup lagi,,it udah brapa kali,,kira” apanya ya,,busi udah saya ganti baru,,tapi tetap sama aja,,makasih.

  40. Mau konsultasi kang.motor saya soul gt 115 tahun 2012. Dalam 1 bulan ini sudah 4 kali mati sendiri yang 3 kali nunggu kurang lebih 1 jam diengkol bisa hidup lagi,yang 1 kali harus didorong sampe ke beres yamaha. Setelah sampe dibengkel disetel klep, terus dimasukin oli ke ruang busi,sama disemprot cairan pembersih di ruang bakar. Setelah dari beres hampir 2 minggu tidak mogok,tapi setelah itu mogok lagi,tapi bisa diengkol untuk hidup lagi. Mohon sarannya kang. Soalnya motor buat ojek online(busi baru,oli baru,filter udara dibersihkan)

  41. Bang ari, motor ane cb150r.. Kmaren malem pake riding, eh lampu depan mati.. Pas di cek bau angus di soket spulnya.. Tp allahamdulilah bisa nympe garasi.. Trs klo blum dbenerin bner ga bisa merembet ke spulnya trs matot tu motor.. Adakah soket spul ato spul yang pnp si cibi.. Thanks..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini