P1060598

Sore2 habis pulang kerja maen ke bengkel teman kang ari,ternyata ada motor honda revo yang sedang nongkrong.Temen kang ari lagi asik gerinda di motor tersebut,setelah kang ari lihat ternyata lagi gerinda piston yang macet,piston kok di gerinda ?

Ceritanya begini kang bro,ada konsumen owner honda revo datang motornya diderek pakai motor lain karena mogok,setelah dicek ternyata “ngejem” atau piston macet,lawong di selah2 nggak bisa gerak.Kemudian di cek oli mesinnya ternyata kosong mlompong tidak disisain sedikitpun,karena kondisi motor tidak ada oli mesinnya otomatis mesin jadi aus,piston macet karena tidak ada pelumasnya.

pizap.com13721615192171

Setelah dibongkar,kelihatan dech akibat oli mesin habis piston baret,cylinder aus dan parahnya lagi stang piston juga macet.Yang bikin mengherankan lagi motor disuruh ngakalin saja yang penting bisa jalan karena tidak ada biaya,”kalau sudah begini baru tahu rasa,kemarin kemana saja”.Seandainya motor bisa bicara pasti itu motor sudah nangis darah.Dulu kang ari pernah nulis hal yang sama ” Ganti Oli Mesin Wajib Hukumnya. “. Jika kang bro tidak sempat melakukan service rutin kang ari anjurkan untuk tetap mengganti oli mesin maksimal setiap 2ribu km atau sebulan sekali.

Karena tidak ada biaya buat turun mesin maka oleh teman kang ari yang bengkelnya di depan kodam-pesanggrahan,motor revo itu hanya akan diganti piston assy dulu,karena kondisi piston yang sudah terlanjur ngejem saat mau melepas piston dari stang piston ternyata susah akhirnya piston digerinda biar bisa lepas (“parah-parah….”).

pizap.com13721617485631

P1060606

Kenapa oli mesin bisa habis ?

1.Oli Mesin Tidak Diganti Secara Teratur

Oli mesin ada batas umurnya kang bro,jangan asal pakai saja yang penting motor bisa jalan.Cek selalu kondisi volume oli mesin,pastikan oli diganti maksimal setiap 2ribu km atau sebulan sekali agar kondisi mesin motor tetap fit saat dipakai.Kang ari pernah dengar bahwa ada produk oli mesin yang bisa tahan sampai 1oribu km,kang ari bisa percaya dengan produk tersebut tapi kurang yakin apakah motor bisa tahan dengan kondisi penggantian oli setiap 10ribu km atau bisa dikalkulasikan setiap satu tahun sekali,kang ari membayangkan ganti oli mesin setiap 1 tahun sekali rasanya kok ngilu.Kita cari safety saja kang bro,memang harga olinya mahal karena mungkin kualitasnya yang bagus,jika kita bisa pastikan kondisi oli mesin selalu normal mungkin tidak jadi masalah,bagaimana bisa selalu ngecek kondisi oli mesin yang bisa tahan sampai 1oribu km,untuk penggantian oli mesin setiap bulan saja terabaikan,akhirnya motor jebol.

2.Sil Dan Klep Bocor

Jika ada asap putih keluar dari knlapot itu ada indikasi sil klep dan klepnya bocor sehingga oli masuk keruang bakar dan ikut terbakar sehingga menimbulan asap putih pekat diknalpot.Jika kondisi ini didiamkan maka oli mesin akan semakin berkurang dan bisa cepat habis jika kebocoran di klep sudah parah.

3.Piston Assy Aus.

Piston bisa aus karena kondisi usia piston yang sudah tua dan karena akibat pompa oli macet sehingga piston over heat dan mengakibatkan terjadi gesekan yang berlebih antara piston,ring piston dan cylinder.Jika sudah aus/baret maka oli akan naik ke ruang bakar dan terbakar seperti kondisi klep bocor.

Piston aus bisa juga karena klep bocor dan dan timbul kerak yang tebal di ruang bakar dan kerak itu pasti ada yang rontok dan masuk ke celah dinding antara piston dengan cylinder maka terjadi baret.

karbu-king-kumuh1

Kondisi filter udara yang sudah kotor atau filter udara dilepas menyebabkan kotoran atau debu mudah masuk ke karburator dan langsung masuk ke ruang bakar dan kotoran tersebut masuk ke celah dinding antara piston dengan cylinder.

4.Kebocoran Paking Dan Oil Seal Mesin

Jika ada oli disekitar mesin jangan diabaikan kang bro,karena oli tersebut keluar dari mesin.oli bisa mrembes keluar karena ada kebocoran di paking atau sil2 yang ada di mesin.Meskipun cuma rembesan tapi jika dibiarkan saja maka akan oli ekan mengalir sedikit demi sedikit dan oli mesinpun habis.Maka jika terlihat ada rembesan oli segera lakukan penggantian paking atau sil yang bocor.

20111021-olimeler_1

Jadi kang bro jangan mengabaikan dengan yang namanya oli mesin,”lalai mesin terbengkalai”. semoga bermanfaat,monggo berdikusi…

P1060541

57 KOMENTAR

  1. Terima kasih untuk kang ari, atas tulisan tulisannya, saya jadi agak aware sekarang dengan kondisi motor saya yg masuk tahun ke 4 ini,
    Lanjut kang… ((y)ˆ⌣’)(y)

  2. Bonusnya “demi tuhan…”
    “apapun mtor nya jgn lupa gnti oli..
    *nasibnya kayak revo110,punya adikku dan temen aku,mesin kemlotak,gara2 mengabaijan perawanan..

  3. aku dah pake kang oli full synthetic yg buat mobil (cari yg buat motor matic susah) dan emang beda rasa kang. lebi alus, tarikan enteng dan suhu mesin lebih stabil. bagasi dan jok gak sepanas pake oli sebelumnya. baru jalan 1000km setiap minggu dicek kondisi oli itu yg penting. rencana pake smpe 5rb/6rb km dulu atau 4 bulan.
    kapan2 kang ari harus coba deh
    hehehe

    #resiko tanggung sendiri. xixixixi

  4. Wah om saya jg pernah nih pernah ngalamin kejadian sehernya macet di motor smas..tp bukan karena oli yg habis,melainkan pemakaian oli yg ga cocok..yg dipakai oli mobil bukan oli untuk motor,padahal rutin ganti oli setiap bulan..setelah 6 bulan pemakaian tiba2 motor ga mau diengkol alias macet..blok mesin + sehernya lengket ky dilem besi..ketauannya pas saya bongkar..untungnya blok maupun sehernya ga baret atw kenapa2.jd cuma dibersihkan aja pakai bensin

  5. Oli untuk motor2 terbaru saat ini rata2 buat 4000km, ane pernah mau ganti pas 2000km, olinya masih bewarna aslinya… Apa karena matic yg ga pk kampas kopling??? Imho
    Jadi ane sekarang ganti oli per 4000km,

  6. semua motor hakekatnya sama,kalau gak drawat ya juga bisa rusak.Tuh buktinya,motor yang katanya ketahanannya “dewa” juga kalau gak drawat sama aja.

  7. Minim pake oli standar pabrikan udh cukup kok, yg penting rutin d ganti, lagian harga oli bawaan pabrik relatif murah (AHM oil,Yamalube SGO) 😀

  8. Kalo motor saya ganti olie tiap 2000km lebih dikit kok olinya jadi item ya kang??apa karna tiap hari dipake jarak jauh??

    • selama ini kang ari belum pernah dengar efek negatif yg ekstrim,paling cuma tarikan kurang enak atau mesin cepat panas itu juga karena faktor kecocokan terhadap masing2 motor. yamaha pakai federal no problem,honda pakai yamalube nggak masalah karena bahan dan spek oli pabrikan tidak jauh beda.

      • Kalo mobil selalu melewati uji ketahanan, kayanya motor juga gitu deh. Nah pengujian kan pake oli standard pabrikan. Jadi kalo pabrikan ngeklaim “motor gw kenceng, asik, awet, irit” ya itu kalo pake oli standard. Masing-masing oli kan punya aditif masing-masing, itu yang “bumbu rahasianya”. Kaya kata Kang Ari, cocok2kan…Kejadian ekstrim yang saya tau, ada pengguna Vixion yang mesinnya jadi jebol gara-gara pake oli mahal (100ribu lebih, gatau merknya).

  9. wah kang, aku kmren kaya gitu juga motor karisma ga ganti oli sebulan pas mau ganti eh oli tinggal setengah gelas akua, trus isi lagi olinya selang 2 hari di cek olinya udah abis lagi, pas ke bengkel gak taunya klep bochor. tapi anehnya ga ada asap putih cuma suara mesin jadi lebih kasar, gara2 sibuk jadi gak sempet ganti oli apalagi servis, padahal motor sering bolak balik +- 30 km setiap harinya

  10. seandainya saya membaca artikel ini sebulan yg lalu motor revo 2011 saya tidak bakalan bongkar mesin dengan biaya hampir 1 juta…………hik…hik..hik…….

  11. kang punten nech mw tanya,..motor supra x 2000,..ud di overboss,..piston set baru,..tapi qo motor masih ngebul putih banyak kang,..nuhun kang

  12. wah . .ini baru blog yg bagus . .keterangan sama gambarnya lengkap . .trhmakash om. oya. .aq mau tanya kalau mesin tiger bunyi kemlitik apa seher ato piston udah luka ato gemana. .mhon bntuanya. trims.

    • bunyi nglitik banyak faktor,faktor utama dari
      -kondisi piston aus,
      -kerenggangan klep (stel ulang)
      -kondisi rantai keteng /tensioner sudah kendor
      untuk motor tiger bisa juga penahan rantai keteng sudah aus

  13. ane punya tirev 2008 bro..kalo tu motor ga dipanasin seminggu, oli berkurang jauh…sementara temen punya tiger jadul,ga dipanasin sebulan rapopo,tokcer2 aja…mohon pencerahannya…apakah masalahnya di oli atau apa…terimakasih

  14. Assalamualaikum,,
    Maksudnya di gerenda bagian apanya mas,,,
    punya saya juga kayak gitu pistonnya lengket di stangnya gak bisa gerak sama sekali.,,
    tolong balasannya ya mas,,,
    terima kasih
    wassalamualaikum,,,

      • Om. Motorku honda revo 110cc. Masalahnya ngga tau sama atau ndak,kd gini. Kondisi gear seperti kadang bunyi gemeletak. Yg mau saya tanyakan.
        Ask: untuk pemakai awam seperti saya,bisa lihat kondisi oli mesin masih batas normal atau tidak dari mana?saya buka penutup oli depan yg buat masukin oli,setelah saya melongok pake senter,kok ndak ada oli yg terlihat ya?saya pake pertamina isi 800ml 4mggu lalu (isi sendiri). Apakah wajar?terus,bunyi gemeletak itu dari mana ya?
        Note:Blum sempet kebengkelin krn pulang malem terus

        Trims

  15. mas mau nanya, kalu pistonx lengket gtu d gerinda pakai gerinda potong atau gerinda kikis? trima kasih sbelumx mas..

  16. Kang mau nnya, motor revo ane barusan mogok, trs ane bawa ke bengkel katanya ini kehabisan oli. Dan d sela itu gk bisa keras bgt
    Katanya harus bongkar mesin. Itu kira” yg kena apa dan biaya brp kang ya??
    .mohon infonya kang

  17. Sebenernya gak wajib wajib banget ganti oli di 2000 km.
    Boleh dan bisa saja ganti di 3000 km atau bahkan lebih (sampai 5000km) asal dirawat dan dicek berkala. Misal volume oli berkurang bisa ditambah oli yang sama.
    Misal untuk Lexi butuh 900ml, maka beli oli yang 1lt, sisa 100ml bisa buat cadangan, ditambahkan ketika oli berkurang.
    Sekarang ini oli cenderung encer dan cepat menguap, jadi mesti harus dilakukan penambahan.
    Asal masih tersedia oli yang cukup, sampai dengan 5000km PASTI motor tetap sehat.
    Ganti olis sebulan sekali atau 2000 km itu bagus” aja. Tidak salah. Tapi gak harus juga dilakukan semua orang. Karena secara ekonomi cukup boros.
    Thx..

Ketik Komentar Anda