ARIPITSTOP.COM – MotoGP pertama kali digelar tahun 1949 silam dan total sudah terselengara sebanyak 72 musim, hampir semua pabrikan sudah merasakan gelar juara dunia MotoGP meski ada yang belum pernah meraihnya seperti Aprilia, KTM, BMW dan Kawasaki. Saat ini pabrikan motor asal Jepang yang paling mendominasi gelar juara dunia MotoGP, namun ternyata melihat daftar gelar juara dunia pabrikan MV Agusta lebih banyak gelarnya dibandingkan dengan Yamaha.

Sepanjang sejarah kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor di MotoGP, tercatat puluhan pabrikan pernah ikut serta. Namun dari jumlah puluhan tersebut, hanya ada delapan pabrikan yang pernah merasakan titel juara dunia kelas MotoGP atau dulu yang bernama 500cc yaitu Honda, MV Agusta, Yamaha, Suzuki, Norton, Gilera, Ducati dan AJS.

Dari para pabrikan yang sudah mengecap gelar juara dunia, ada beberapa pabrikan yang dulu sangat berjaya tapi saat ini tidak lagi bertaji di kelas tertinggi bahkan sudah ikut lagi seperti MV Agusta. Dulu pabrikan ini begitu disegani lantaran melahirkan sosok Giacomo Agostini. Alhasil, MV Agusta total merasakan 16 titel juara dunia kelas 500cc. Bahkan jumlah gelar juara dunia milik MV Agusta saat ini belum mampu disalip oleh Yamaha, sampai saat ini MV Agusta sudah 16 kali merasakan sedangkan Yamaha sudah meraih 15 gelar juara dunia. Tapi kini MV Agusta sudah tidak berkiprah di MotoGP. Kemudian ada Gilera, Norton sampai AJS yang bernasib sama seperti MV Agusta.

Honda yang paling banyak menjuarai gelar juara dunia MotoGP, sampai musim 2019 sudah didapatkan sebanyak 25 kali, lalu disusul oleh MV Agusta dengan 16 kali juara diikuti oleh Yamaha dengan 15 kali juara dunia.

Tim pabrikan Jepang lain yang berjaya di kelas tertinggi MotoGP adalah Suzuki. Sejauh ini, Suzuki sudah merasakan 7 gelar juara dunia. Barry Sheene jadi penyumbang terbanyak lewat dua gelar pada tahun 1976 dan 1977. Kini Suzuki tertinggal jauh dari Honda dan Yamaha. Namun mulai membangun kekuatan lewat dua pembalap muda, Alex Rins dan Joan Mir.

Pabrikan Ducati dan AJS baru sekali mendapatkan gelar juara dunia. Satu-satunya gelar yang disabet Ducati di MotoGP adalah pada 2007 saat Casey Stoner membela tim Italia itu.

Berikut daftar pabrikan yang pernah menjuarai MotoGP : sumber MotoGP.com

Advertisements

3 KOMENTAR

  1. Ini maksutnya juara konstruktor apa juara dunia melalui pembalap?
    Kalo juara dunia melalui pembalap harusnya tahun 2012 itu yg juara yamaha lewat lorenzo. Tapi kalo juara konstruktor memang honda tahun 2012

Ketik Komentar Anda