ARIPITSTOP.COM – Asli geleng-geleng kepala ketika melihat sebuah postingan di media sosial yang menawarkan sebuah helm legendaris tipe TRX ini dibanderol sampai jutaan rupiah. Helm ini merupakan helm jadul yang sering dibicarakan oleh biker netizen karena keunikan bentuknya yang sering juga disebut helm “TIREX”.

Yap, akun facebook bernama dengan pedenya memposting helm Honda TRX dibanderol 1,7 juta rupiah, sebuah banderol yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan kualitas helm saat ini, namun patut diakui jika harga tinggi karena dilihat dari sejarah helm tersebut serta keunikan bentuk helmnya hingga akhirnya sering helm ini sering menjadi bahan pembicaraan para biker.

Kalau melihat sejarahnya sudah jelas… anak biker jaman now umurnya lebih tua dari umur helm TRX.

Pertama kalinya Honda memberikan helm gratis kepada konsumennya tahun 1985, itupun masih terbatas dan untuk konsumen yang beli motor bebek saja yaitu Astrea Star. Pertama kali helm gratisan dari Honda masih berdesain helm catok. Melihat helm ini sudah barang tentu langsung teringat dengan motor Astrea Grand motor pertama kali yang saya pakai untuk belajar naik motor tahun 95an.

Helm berbentuk catok ini kemudian berubah menjadi hal face, bentuknya pun masih sederhana dan belum ada kaca helmnya karena memang waktu itu pemerintah belum gencar mengkampanyekan keselamatan memakai helm. Barulah sampai tahun 90an pemerintah memberikan penyuluhan tentang pemakaian helm saat naik motor hingga akhirnya Honda merubah desain helmnya dengan tipe NS-X. Meski belum memakai kaca helm, desain helm ini sudah lebih milenial.

Karena sudah mulai gencar kampanye pemakaian helm inilah mulai pertengahan tahun 90an hingga 2000an pihak Honda sudah memberikan helm gratis pada setiap pembelian motor baru.

Setelah tipe NSX, Honda kemudian membuat helm gratisan yang hingga kini masih dipakai yakni TRX-Series. Helm ini merupakan helm bonusan Honda paling terkenal yang eksis sejak tahun 2000.

Helm tipe TRX yang pertama kalinya sudah memakai desain full face lengkap dengan kaca helm, namun bentuknya yang unik seperti helm astronot inilah helm TRX akhirnya sering menjadi bahan pembicaraan hingga saat ini. Helm ini memiliki banyak sebutan dari helm Astronot, helm Tirex, hingga helm yang bisa berputar 360 derajat. Helm astronot ini merupakan helm TRX-1 yang artinya helm generasi pertama tipe TRX.

Helm tipe TRX pertama kemudian diganti dengan tipe TRX-2 yang desainnya semakin kekinian. Helm TRX-2 dipakai dari tahun 2005-2007 dengan model full face yang lebih dikenal dengan nama helm robot. Helm ini tetap full face berwarna hitam dan tetap dilengkapi dengan kaca.

Dan mulai tahun 2007, helm TRX mulai didesain menyesuaikan kebutuhan tipe motor. Dimulai dari tipe TRX-3 mulai tahun 2007 yang merupakan desain helm half face untuk motor matic dan bebek dan sedangkan tipe TRX-R berdesain helm full face khusus untuk motor sport.

Saat ini ada 3 tipe helm TRX-Series yang diberikan ke konsumen saat membeli motor baru yakni TRX-3, TRX-R dan TRX-S. Ketiga model ini dipakai untuk semua model yang dijual, meski ada sidikit perbedaan di tiap tipe.

TRX-3 di desain lebih universal agar bisa digunakan untuk beberapa model di tipe skutik. TRX-R di desain lebih general khusus untuk model sport. Sedangkan TRX-S khusus dibuat untuk motor matic retro seperti pada Honda Scoopy.

Melihat sejarahnya diatas, pantas aja kalau ada yang menjual helm TRX tipe pertama yang sangat legendaris dengan banderol yang cukup mahal, meskipun sebenarnya kalau melihat di toko online ternyata helm TRX-1 dibanderol sekitar 100 ribuan saja.

Advertisements

10 KOMENTAR

  1. Cuma Ngepbeha yg mau beli helm ini seharga 1.7jt, masuk ke koran, tv ama twitter/facebook terkenal terus jd ambasador helm TRX Honda, perlahan tp pasti helm TRX jd primadona biker menyamai AGV, Arai dan Shark. Helm TRX masuk ke MotoGP dan jd brand ambassador Helm didunia internasional.

  2. suka ga suka kita harus akui konsep dr helm trx sukro ini udh 2 level atau 3 level di atas kompetitor …. helm yg bisa di ubah2 bentuknya …. full face, half face, klasik(lepas pelindung rahang dan kaca) pun bisa …

Ketik Komentar Anda