ARIPITSTOP.COM – Jeroan CVT ini terlihat karatan akibat motornya dibuat untuk menerjang banjir, anehnya yang karatan hanya bagian bawah saja, kenapa bisa? berikut jawabannya.

Kalau melihat bagian karatan yang ada di CVT motor Nmax ini memang terasa aneh, kenapa yang karatan hanya bagian bawah saja tidak semuanya ikut berkarat?. Yap… cerita dari sang pemilik motor kalau motornya setelah dipakai menerjang banjir cukup dalam, sampai rumah motor tidak pernah dipakai lagi alias nongkrong berbulan2. Lalu kenapa bisa terjadi karatan seperti itu?.

Pada saat menerjang banjir cukup tinggi, otomatis air masuk ke dalam CVT, makanya setelah menerjang banjir tinggi disarankan untuk segera servis CVT hanya sekedar untuk membersihkan part2 dari air, karena air sangat mudah membuat korosi.

Kalau belum atau tidak sempat ke bengkel, pastikan air di dalam ruang CVT dihabiskan dulu dengan cara membuka karet yang ada dinawah cover CVT, kalau untuk sebagian motor Honda secara otomatis air akan terbuang sendiri karena memakai lobang pembuangan berbentuk karet paruh bebek.

Berbeda dengan matic Yamaha yang lobang karet pembuangannya harus dibuka secara manual, baru dech air bisa ngocor keluar, kalau tidak dibuang maka akan terjadi seperti motor Nmax ini. Air terjebak di dalam CVT dan bikin karatan.

Kihat saja gambar dibawah ini, batas ketinggian karatan adalah batas air yang kejebak di dalam CVT setelah menerjang banjir. Karena air tidak dibuang maka air bikin karat part CVT bagian bawah saja.

Advertisements

2 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda