Beranda BENGKEL Fuelpump Suzuki Nex II Mogok, Ganti Rotak Pakai Honda Beat FI

Fuelpump Suzuki Nex II Mogok, Ganti Rotak Pakai Honda Beat FI

15

ARIPITSTOP.COM – Fuelpump ?, part ini bagaikan jantungnya motor karena Fuelpump yang memompa bensin dengan tekanan tinggi ke Injector yang kemudian disemburkan ke ruang bakar. Jika tekanan Fuelpump berkurang maka motor bisa mbrebet bahkan bisa mogok, lalu bagaimana jika Fuepump sudah rusak ?, bisa ganti baru tapi harganya mahal banget biasanya ratusan ribu bahkan ada yang menyentuh angka satu jutaan. Untuk mengakalinya kini banyak yang menjual Rotak atau mesinnya Fuelpump, sehingga harganya jauh lebih irit. Sepertipada motor Suzuki Nex II ini, karena Fuelpumpnya sudah mati akhirnya saya ganti pakai Rotak punya Honda Beat FI yang ternyata sama ukuran dimensinya.

Awalnya ada motor Suzuki Nex II yang masuk ke bengkel Zona Speed dengan keluhan setiap motor sudah panas selalu mogok, dan ketika didinginkan sekitar 10 menit maka motor akan bisa hidup lagi. Ketika saya cek justru sampai bengkel kondisi Fuelpump masih bisa bunyi dengung ketika pertama kali kunci kontak dinyalakan, akan tetapi tekanan semprotan bensin yang keluar dari Fuelpump tidak kencang hanya sekitar 200Kpa saja padahal standarnya 294 Kpa. OK, sudah ketemu penyakitnya… harus ganti Fuelpump.

Lalu ketika melihat harga Fuelpump Suzuki Nex II yang mencapai 450ribu, akhirnya sang pemilik motor mikir keras…!, apakah bisa diakalin atau ada yang lebih murah. Akhirnya saya bongkar saja Fuelpump saya pretelin untuk melihat kondisi Rotak. Setelah saya cek ternyata Rotaknya mirip banget dengan Honda Beat, makanya saya langsung menuju toko sparepart untuk mencari Rotak Suzuki Nex II dan benar saja malah disodorin Rotak Punya Honda Beat FI yang harganya 150ribu. Ketika saya cek online, harga Rotak Honda Beat FI itu bervariasi antara 90ribu hingga 200ribuan.

Ok dech… langsung saya pasang, dan hasilnya memang tok cer, motor langsung hidup normal lagi.

Sebagai catatan bahwa, Rotak yang dijual di pasar itu adalah barang KW, karena pihak semua pabrikan tidak menjual Rotaknya saja melainkan menual Fuelpump Assy yang harganya memang diatas 400ribuan untuk semua tipe semua merk motor injeksi di Indonesia.

Videonya :

Jadi untuk penggantian Rotak ini memang sebagai obat ketika dompet lagi kempes, soal kualitas bagaimana ?, saya tidak berani menjamin sampai kapan bisa bertahan, karena namanya juga bukan barang asli pabrikan, tergantung amal ibadah kita dech…

Fuelpump Suzuki Nex II mati ?, ganti aja Rotak Honda Beat FI yang sudah menjamur dimana2…

15 KOMENTAR

  1. Penyebabnyan apa mas bisa begitu, pemakaian yg ga wajar atau gimana ya? Kalo umur kan blm terlalu lama harusnya. Saya user Nex II juga soalnya, jd khawatir.

Ketik Komentar Anda

%d blogger menyukai ini: