Beranda BENGKEL Sudah Ganti Seal, Tapi Air Radiator Vixion Cepat Habis Bercampur Oli

Sudah Ganti Seal, Tapi Air Radiator Vixion Cepat Habis Bercampur Oli

12
Jpeg

ARIPITSTOP.COM – Motor Vixion cepat kehabisan air radiator?, jangan disepelekan karena ada kebocoran yang mengakibatkan air radiator turun ke mesin bercampur dengan oli mesin dan efeknya mesin pada aus terutama di bagian cylinder head dan piston. Banyak yang mengira itu karena hanya sekedar seal pompa radiator yang bocor, tapi ternyata ada satu hal yang tidak diduga dan sering meleset dari perkiraan.

Air radiator habis, kalau ada keluhan seperti ini yang pertama kali saya lakukan adalah mengecek kondisi oli mesin, kalau oli mesin berwarna hitam kecoklatan atau hitam keputihan dan atau hitam kehijauan maka sudah bisa dipastikan ada kebocoran air radiator masuk ke mesin. Atau ada faktor eksternal lainnya yang justru air radiator menguap atau mermebes keluar.

Air radiator pada motor Yamaha Vixion atau motor Yamaha lainnya yang memakai radiator seperti Jupiter MX, MX King, Aerox, Nmax, Lexi, R15, All New R15, Xabre atau MT-15 memiliki system kerja radiator yang sama bahkan ada part yang bisa saling subtitusi. Ada beberapa faktor kenapa air radiator cepat habis, seperti :

Thermostat

Thermostat rusak sudah tidak bisa lagi membuka. Thermostat bekerja menutup dan membuka katup, ketika suhu air radiator di mesin sudah mencapai 80,5 derajat celcius, maka katup akan membuka mengalirkan ke kisi2 radiator sehingga suhu air radiator menjadi turun. Jika Thermostat rusak maka air raditor hanya berputar di mesin saja tidak bisa diakirkan ke kisi2 radiator, yang akhirnya mesin jadi overheat dan air radiator semakin lama akan habis.

Paking Bocor atau Selang Bocor

Paking atau gasket yang bocor biasanya terlihat secara kasat mata ada bekas air radiator yang rembes, atau selang yang bocor juga sama akan terlihat air radiator membasahi bagian luar. Jika didiamkan saja maka air radiator akan semakin berkurang bahkan bisa habis.

Seal waterpump bocor

Kalau seal pompa radiator bocor maka air radiator dengan mudah akan masuk ke ruang mesin yang berakibat bercampurnya oli mesin dengan air radiator, berbahaya kalau kondisi ini didiamkan terlalu lama karena mesin jebol, kok mesin jebol ? yup… oli mesin bercampur air radiator maka fungsi pelumasan dari oli mesin berkurang bahkan hilang alhasil part2 yang begesekan justru akan aus.

Baut Noken As

Nach, ini yang baru saja saya temukan terjadi motor Vixion tahun 2007, motot kekuaran pertama ini sudah berulang kali ke bengkel dan tidak membuahkan hasil karena air radiator selalu habis dan lampu indikator suhu di speedometer selalu nyala.

Sang pemilik motor menyebutkan kalau selama dua kali bengkel ada part2 yang diganti dari Thermosensor, Thermostat sampai selang2 radiator, seal waterpump, bahkan sampai impeler(kipas pompa) juga diganti namun hasilnya nihil, seminggu kemudian air radiator habis lagi dan lampu indikator suhu nyala lagi.

Untuk yang kedua bahkan, mungkin sang mekanik sudah bingung sampai2 suruh ganti kiprok… padahal nggak ada sangkut pautnya tuch😂😁.

Karena air radiator selalu habis dan oli mesin menjadi kecoklatan, alhasil part2 di cylinder jadi pada aus semua.

Nach, kemarin akhirnya motor Vixion ini datang ke bengke Zona Speed yang ada di jalan Raya Hankam, tepatnya di dekat pintu tol Jati Warna.

Pertama saya bongkar oli mesinnya, baru ganti oli dua minggu tapi sudah mulai keclokatan karena sudah bercampur air radiator. Dan ketika menguras air radiator… weleh… habis airnya.

Ok dech.. langsung bongkar bagian cylinder headnya. Bingkar semua ternhata bagian dalam sudah berlumpur, serem dech… piston baret, cylinder baret, klep aus, pelatuk oblak. Hingga akhirna ketemu faktor utama kenapa air radiator selalu habis bercampur oli.

Masalahnya adalah hal yang tidak diduga dan sering luput dari pantauan yaitu baut noken as. Baut noken as di motor Vixion dan teman2nya berfungsi juga sebagai pemutar pompa aiar radiator. Kalau bautnya aus maka putaran pompa radiator menjadi miring, karena putaran yang miring inilah akhirnya seal pompa radiator tidak bisa bekerja menahan air radiator, bocorlah air radiator masuk ke mesin.

Penampakan baut noken as yang sudah aus, akhirnya putaran pompa radiator jadi miring tidak beraturan sehingga seal jadi bocor.

Bautnya aus banget…

Yang jadi masalah adalah, jarang banget bengkel resmi yang stok baut seperti ini😂, meskioun harganya cuma 19ribu aja. Baut ini juga dipakai di motor Jupiter MX, MX King, Aerox, Nmax, Lexi, R15, All New R15, Xabre atau MT-15.

12 KOMENTAR

  1. Lek ari mau tanya nih sekarang harga bekas all new vixion th 2018 bukan yg R ya kisaran berapa ya?
    Punya ane km baru 7 rb an mau ane lego buat xsr 155

  2. Dulu vixion saya bgtu jg, udh nginep di bengkel bekasi seminggu, ganti seal, ganti thermostat, ganti thermosensor atau apalah itu namanya bs sembuh tp indikator merah kdng nyala lagi kalau udh panas.. lama2 tak jual juga…wkwkwk

  3. Lek, pnya sy nvl 2015 klo udh panas mesin mbebet kadang mati.lampu mil ga nyala,air radiator ga berkurang,ganti oli ga ada gejala2 klo air radiator masuk ke mesin kira2 penyebab nya apa ya lek mohon pencerahannya..

    • Ganti busi. Bersihkan TB dan injektor, TB dibongkar, bilang ke mekaniknya setelan anginnya juga dilepas dibersihkan
      Klo masih blm sembuh, kemungkinan ring piston bocor

    • Jl. Raya Hankam No.35, RT.001/RW.005, Jatimelati, Kec. Pd. Melati, Kota Bks, Jawa Barat 17415
      Klik aja banner zona speed di artikel ini😁
      Tepat depan Pro Ban Jati Warna, 100meter dr pintu tol

Ketik Komentar Anda

%d blogger menyukai ini: