ARIPITSTOP.COM – Kesal bahkan kadang emosi ketika mau menutup jok motor yang susah terkunci, harus digedor2 atau dipukul dengan keras agar jok bisa terkunci. Hal ini sering terjadi terutama di motor bebek atau matic, nggak perlu emosi lagi karena triknya mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Jok yang susah ditutup memang kadang bikin kesal, sampai digedor2 pakai tanganpun kadang masih susah terkunci. Penyebabnya adalah tuas pengunci jok yang sudah aus, kabel joknya sudah melar atau rangka joknya yang melengkung. Kenapa jok bisa melengkung?, efek kebanyakan barang di dalam bagasi kemudian jok ditutup dengan paksa agar barang bawaan bisa muat di dalam bagasi. Efek jangka panjangnya rangka joknya bisa melengkung dan bikin susah ditutup.

Tenang, untuk mengatasinya hanya siapkan ring saja, Ring ukuran 10 atau 12 paling banyak 4 biji sesuai kebutuhan.

Dan jangan lupa, untuk di Honda Vario atau kebanyakan motor lainnya memakai baut “8” sehingga kita harus siapkan kunci T8 atau kunci sok 8.

Jika sudah disiapkan peralatannya, siap eksekusi.

Buka baut ukuran 8 di pengait jok, dilepas salah satu terlebih dulu, yang satunya cukup dikendorkan.

Kemudian pasang satu Ring 10/12, cukup satu biji dulu, jika joknya masih kurang ditutup dengan mudah, tambahkan Ring satu lagi. Sehingga pakai dua Ring. Penampakan setelah terpasang Ring, foto dibawah :

Kemudian gantian pada baut yang kedua, sisipkan Ring 10/12 kedalam dudukan tuas pengunci jok.

Penampakan ketika sudah terpasang Ring.

Sudah selesai… gampang bangetkan, tujuan dari dipasangnya Ring adalah untuk mengganjal pengunci jok agar naik keatas mendekati jok, sehingga tuas pengunci jok lebih mudah nyantol.

Tips ini berlaku untuk sebagian besar motor…

2 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda