ARIPITSTOP.COM – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan jika Jakarta akan menjadi penyelenggara salah satu seri kejuaraan dunia mobil elektrik, Formula E, pada 2020 mendatang. Akan menjadi sebuah kejutan jika Jakarta menjadi tuan rumah balapan sekelas Formula E karena akan bisa menjadi batu loncatan untuk menggelar balapan di jalanan tengah kota.

Menurut Gubernur DKI, sebuah uji coba telah digelar di Jakarta pada 8-9 Juli lalu, dan kini saatnya bertemu dengan para promotor. Ia mengaku, rapat dengan CEO FIA Formula E, Alejandro Agag, dan CCO FIA Formula E, Alberto Longo, telah dipersiapkan selama tiga bulan belakangan. Pertemuan ini pun digelar pada Sabtu (13/7). Formula E adalah turnamen balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1.

Hal ini diungkapkan oleh Anies Baswedan dalam akun instagram pribadi miliknya.

“Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan 2020. Selepas World Cities Summit di Medellin, saya langsung terbang ke New York untuk tuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E,” tulis Anies.

Puncak pertemuan dibuat tanggal 13 Juli 2019, bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula-E. Bernegosiasi dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, para pemimpin tertinggi Formula-E yang juga legenda dunia balap mobil. Walau baru bertatap muka kali ini, tapi kami langsung akrab seakan sudah kenal lama. Suasana negosiasi berlangsung serius, dengan bahan lengkap sudah disiapkan, namun tetap santai dan bersahabat.

Menurut Anies Baswedan bahwa dalam pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan jika Jakarta lebih dari layak dipilih menjadi tuan rumah. Ini artinya, mata dan kamera seluruh dunia akan datang dan menyorot Jakarta, ribuan penonton dari seluruh dunia akan hadir langsung.

Bedanya dengan F1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik, dan diadakan di sirkuit jalan raya. Kejuaraan balap mobil elektrik ini mulai digelar pertama kali pada musim 2014/2015, yang langsung menggelar 11 seri di 9 negara berbeda. Pada musim 2018/2019 ini terdiri dari 13 seri yang digelar di 12 negara berbeda.

Sangat menari jika Jakarta benar2 menjadi tuan rumah Formula E, terlebih tahun 2021 Indonesia juga akan menjadi tuan rumah MotoGP yang akan digelar di sirkuit Mandalika, Lombok.

1 KOMENTAR

  1. gak gitu suka balapan F1 sih … tapi ya bangga juga jika Jakarta, Indonesia bisa masuk agenda seri balapan kelas dunia macam MXGP di Palembang dan Semarang kemarin

    Indonesia BISA !!!

Ketik Komentar Anda