ARIPITSTOP.COM – Sebuah video yang menunjukkan kecelakaan yang melibatkan dua mobil di jalan tol, terlihat mobil yang satu tiba2 oleng secara perlahan dan akhirnya menabrak mobil yang sedang berhenti di pinggir jalan. Kecelakaan ini diduga akibat sopir mengalami kantuk sesaat atau microsleep.

Salah satu dampak dari kekurangan waktu tidur adalah rasa lelah atau mengantuk d iluar waktu istirahat. Saat hal ini terjadi, otak masih merasakan kelelahan namun tetap bertahan agar kita tetap terjaga. Akibatnya kita dapat mengalami microsleep atau tertidur secara tiba-tiba namun hanya dalam waktu yang sangat singkat.

Microsleep adalah episode sementara dari tidur atau kantuk yang dapat berlangsung selama sepersekian detik atau hingga 30 detik di mana seorang individu gagal menanggapi beberapa input sensor yang berubah-ubah dan menjadi tidak sadar.

Dalam keadaan normal, otak dapat menangkap dan memproses berbagai stimulus, sedangkan jika mengalami kelelahan terjadi pemurunan konsentrasi sehingga fungsi ini menjadi lebih terbatas terhadap stimulus yang lebih kuat. Itulah sebabnya pekerjaan yang monoton akan lebih mungkin menimbulkan rasa kantuk terutama saat kekurangan waktu tidur.

Tentu saja kondisi seperti itu sangat berbahaya buat para pengendara yang melakukan perjalanan jauh yang melelahkan. Terutama untuk para pemudik yang kini sudah dimanjakan dengan jalan tol yang sudah sangat panjang sehingga efek terasa kantuk lebih cepat terasa.

Seperti yang di salah satu ruas jalan tol ini, diduga si sopir mengalami microsleep, mobil SUV warna hitam tiba2 oleng kekiri dan menabrak mobil yang sedang berhenti.

Berikut videonya, via hp klik disiniklik disini

Ketik Komentar Anda