ARIPITSTOP.COM – Kalau kita melihat sekilas foto ini pasti langsung beranggapan bahwa motor ini adalah Yamaha Nmax, padahal salah besar karena motor ini adalah kloningannya Nmax yang berasal dari Cina. Yap… inilah Nmax versi Hoax yang sebenarnya.

Beberapa hari ini sedang ramai pemberitaan mengenai Yamaha Nmax yang dibilang Hoax, oleh karena itu saya mencoba cari tahu sebenarnya seperti apa sich Nmax versi Hoax yang sebenarnya. Dan setelah memakai ilmu kanuragan mlumah jengking ndlosor ngiseng, akhirnya saya berhasil menemukan sebuah Nmax yang benar2 asli versi Hoax.

Nmax versi Hoax ini ternyata sama2 berasal dari situs paten Eropa, ediiiiaaaan…!, kenapa edian?, ya… karena di website situs Eropa selain ada gambar paten yang memang asli New Nmax 2020, ternyata ada sebuah kloningan Nmax yang didaftarkan hak patennya. Kok bisa sebuah kloningan dipatenkan ?, inilah yang menjadi tanda tanya besar. Namun yang pasti sesuai informasi dari situs web paten Eropa bahwa paten Nmax kloningan ini berasal dari Cina jadi bisa dipastikan bukan milik Yamaha.

Memang masih menjadi sebuah tanda tanya besar bagi Saya, karena kalau menyangkut sebuah Paten itu adalah Hak Kekayaan Intelektual, namun kenapa bisa sebuah kloningan bisa dipatenkan desainnya.

Kalau melihat secara sekilas memang sama dengan Nmax, tetapi secara detail jelas ada perbedaan di beberapa titik, seperti :

  • Desain sok belakang berbwda, posisinya agak miring
  • Desain knalpot berbeda sekali
  • Bentuk arm belakang yang agak berbeda
  • Piringan Cakram belakang yang berbeda
  • Bentuk daerah kipas pendingin sisi samping kanan mesin yang berbeda
  • Bentuk Box Filter Udara Yang malah mirip Box Filter mirip motor Honda
  • Cover mesin CVT mirip motor Hinda.

Itulah Nmax versi Hoax, hidup itu memang keras Ferguso…!, sebuah kloningan saja dipatenkan.

4 KOMENTAR

  1. di situs paten kadang2 ada yg udah resmi terdaftar (TM) atau (R) tapi ada juga yg statusnya Pat.Pending (patent pending) atau sedang dalam masa tinjauan. si nmax kw ini statnya mungkin masih pending jd masih ada di list. masa peninjauan ini bervariasi bisa 1 tahun atau lebih.

Ketik Komentar Anda