ARIPITSTOP.COM – Setelah menjadi kontroversi sebelumnya Honda, Aprilia, KTM dan Suzuki menggugat Swing Arm Deflektor atau Winglet yang terpasang di Swing Arm motor Ducati saat menjalani bakapan MotoGP seri Qatar 2019. Gugatan ditolak dan Deflektor dinyatakan legal, kini 3 tim pabrikan terlihat memasang piranti yang sama.

Bermula dari ulah Yamaha yang memasang Deflektor di Swing Arm Yamaha M1 saat balapan di Valencia 2018 silam, yang fungsinya untuk melindungi ban dari cipratan air yang bisa mengurangi daya cengkeram ban saat trek basah. Musim 2019 ini Ducati bikin geger setelah motor Desmosedici memasang piranti yang sama ketika bakapan di Qatar 2019 padahal kondisi trek dalam keadaan kering.

4 tim pabrikan langsung memermasalahkan pemakain winglet oleh Ducati di Swing Arm yang diyakini berpengaruh terhadap down force bukan hanya sebagai pendingin ban. Namun gugatan ditolak dan dinyatakan legal.

Setelah dinyatakan legal, Honda terlihat memasang piranti ini ketika sesi latihan bebas di Argentina, kemudian ketika balapan di Amerika pekan lalu ternyata KTM juga memasangnya saat balapan dan Aprilia kepergok memasang Deflektor ini saat menjalani sesi tes privat.

Penampakan Winglet Swing Arm yang terpasang di motor M1 saat balapan di Valencia 2018 :

Berikut yang terpasang di motor Ducati ketika digugat tim lain :

Penampakan Swing Arm Deflektor dari Honda :

KTM mulai menggunakannya di balapan Amerika :

Aprilia baru memasang alat ini setelah balapan di Amerika selesai dan menjalani tes privat :

1 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda