ARIPITSTOP.COM – Sempat kompetitif di barisan terdepan saat memulai start hingga lap kedua, nasib Jack Miller berubah drastis setelah tragedi jok motor tunggangannya terlepas bahkan dirinya terpaksa harus mengakhiri jalanya balapan. Namun Jack Miller mengungkapkan jika dirinya masih beruntung tidak terjadi hal yang fatal.

Kompetitidi dua lap awal, Jack Miller mengaku puas meski dirinya harus mengakhiri balapan lebih cepat. Jack Miller mencoba fight dengan pembalap terdepan di dua lap pertama, meski kemudian sempat bertahan serta berupaya keras menembus 10 besar, Miller pun memutuskan untuk menyerah pada Lap 22 – saat itu tengah menempati posisi ke-13.

“Jok sudah dilem di tempat duduk motor, dan bagian itu sedang dicat, tapi catnya tidak menempel dengan baik. Lem merobek jok dan motor,” ungkapnya.

“Saya sedang melaju kencang dari tiga tikungan kanan (12, 13, 14). Yang pertama, baik-baik saja. Tapi yang kedua, saya hampir jatuh karena jok rusak. Lalu saya merasa jok kembali menempel. Saya kira tidak apa-apa, ternyata lepas lagi. Kemudian saya berhasil melewati tikungan kiri berikutnya. Ketika saya melihat ke bawah, jok lepas. Jadi saya mengambilnya dan membuangnya.” lanjut Miller.

“Begitu cat dan joknya sudah robek, rasanya seperti es. Saya merasa tidak nyaman. Saya mencoba sebaik mungkin, berusaha tetap dalam rombongan pembalap. Masuk tikungan, saya semakin tidak nyaman duduk di atas motor. Saya tidak bisa menggerakan bahu. Saya harus duduk di tengah dan banyak menikung.”

Insiden ini membuat Miller kesulitan masuk ke tikungan karena tubuhnya kerap selip dan keluar dari posisi ideal berkendara. Sulit mencari keseimbangan, ia harus duduk di tengah motor dan memaksimalkan tingkat kemiringan. Hal ini membuat ban depannya hancur dan mengalami understeer.

“Karena melakukan itu, saya merusak pinggir ban depan. Saya mulai mengalami understeer (sulit menikung), banyak getaran, karena saya miring sebanyak 60 derajat di tikungan yang biasanya 47 derajat.

“Saya jadi hanya berkendara, mulai mengalami banyak momen. Saya memutuskan masuk pit karena itu opsi teraman, kalau tidak saya bisa kecelakaan.”

“Yang pasti saya senang. Akhir pekan yang solid. Saya merasa bisa benar-benar bertarung untuk podium dan saya kira, saya menunjukkan itu sebelum jok motor lepas.” pungkas jack Miller.

2 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda