ARIPITSTOP.COM – Kemenangan Dovizioso di Qatar menyisakan perdebatan dan berakhir pada penggugatan yang dilakukan oleh 4 tim yaitu KTM, Honda, Aprilia dan Suzuki. Motor yang ditunggangi Dovizioso dicurigai memakai komponen ilegal yaitu desain baru Swing Arm yang disinyalir berfungsi mendinginkan ban belakang. Swing Arm desan baru ini dipakai oleh Dovizioso dan Petrucci, jika gugatan diterima maka kemenangan Dovizioso serta finishnya Petrucci bisa dianulir.

Sejauh ini ada empat pabrikan sudah menyatakan protes atas keberadaan winglet tersebut yaitu Honda, Suzuki, Aprilia, dan KTM. Cuma Yamaha yang sejauh ini tidak menyatakan protes. Desain winglet pada Swing Arm terbaru motor Ducati tersebut sebenarnya sudah diujicoba Ducati pada sesi tes pramusim oleh Petrucci. Pada MotoGP Qatar, baik Petrucci dan Dovizioso sama-sama memakai perangkat tersebut.

Teknikal Direktur MotoGP kini sudah meminta Ducati menyerahkan winglet tersebut, yang diduga bisa membantu mendinginkan ban belakang. Namun sampai saat ini belum mendapatkan foto detail dari Swing Arm yang telah digugat tersebut.

Stewart MotoGP langsung menginvestigasi komponen tersebut setelah balapan. Namun, delegasi teknik MotoGP akhirnya menyatakan perangkat itu legal sehingga kemenangan Dovizioso tetap sah. Seperti pada pernyataan pers secara resmi MotoGP menyatakan bahwa berdasar regulasi yang berlaku, Stewart MotoGP menolak protes terkait perangkat tersebut.

Artinya nasib Dovizioso smapai saat ini masih aman.

Ketik Komentar Anda