ARIPITSTOP.COM – Di pameran otomotif IMOS 2018, AHM memboyong satu motor mungil dari Thailand yaitu Honda Monkey. Motor imut ini menghiasi booth Honda yang berada di plenary hall. Motor ini memang menarik banget, mungil dan kayaknya memang asik buat motor koleksi di rumah, lalu kapan AHM mau menjual motor mungil ini dan berapa harga yang pantas ?.

Sangat panjang sejarah dari Honda Monkey, berawal sekitar 58 tahun silam motor mungil yang didesain untuk hiburan taman bermain bernama Tama Tech di Jepang. Awalnya motor ini bernama Z100, Motor ini memiliki dimensi yang kecil, tinggi jok ke tanah yang hanya 560 mm saja. Kecilnya dimensi motor ini membuat para pengendara terlihat seperti monyet saat mengendarai Z100. Dari sinilah ini populer nama Honda “Monkey” sebagai sebutan bagi motor Honda dengan kode seri Z. Karena popularitasnya yang mulai meningkat, pada tahun 1964 Honda meluncurkan Honda CZ100 yang merupakan Z100 versi street legal untuk pasar domestik Jepang.

Model pertama dari seri CZ100 cukup diminati konsumen dan mulai di ekspor ke Eropa,  Pada tahun 1967, mereka mulai mengekspor Honda Monkey dengan kode Z50M ke Eropa dengan jumlah yang besar. Berbeda dengan CZ100, Z50M memiliki jok yang bisa diatur ketinggiannya dan stang yang bisa dilipat. Hal ini membuat Z50M menjadi mudah untuk disimpan. Berselang satu tahun setelah Honda Monkey masuk ke Eropa, Honda mulai mengekspor Monkey ke Amerika Serikat dengan kode Z50A.

Terus berlanjut, Honda Monkey seri Z50 ini terus berkembang hingga berubah seri, hingga sejak 1972, Honda Monkey dengan kode Z50J diproduksi terus hingga akhirnya dihentikan pada 2007. Namun motor ini kembali diproduksi selang dua tahun kemudian motor kembali diproduksi dengan berbagai perubahan sesuai perkembangan waktu.

Dan akhirnya di tahun 2017 Honda Monkey kembali di stop produksinya karena tidak bisa memenuhi standar Euro4, akan tetapi di tahun 2018 kembali diproduksi berpusat di Thailand namun dengan perubahan mesin yang sudah signifikan bahkan memiliki fitur2 kekinian.

Honda Monkey versi terbaru mengusung mesin milik MSX dengan kapasitas mesin 125 cc, dengan power 8,9 dk @7.000rpm dan torsi makmsimumnya 10,5 Nm @5.500rpm. Tampak mungil tapi kakinya keker juga karena sok depan suda memakai sok USD.

Daya tampung tangki bisa diisi penuh 5,6 liter bensin. Untuk deselerasi juga sudah modern, rem cakram 220 mm di depan dan 190 mm di roda belakang. Melihat motor mungil ini memang lucu karena motor khas jadul dengan ukuran kecil akan tetapi untuk Monkey terbaru sudah memiliki fitur kekinian seperti lampu depan dan belakangnya sudah menggunakan LED serta instrumen clusternya sudah menerapkan tampilan digital yang simpel. Tidak ketinggalan, fitur keselamatan rem ABS, meski memakai anak kunci motor ini sudah memiliki fitur Answer Back System.

Lalu berapa harga HOnda Monkey kalau dijual di Indonesia ?, belum lama ini Honda Malaysia sudah duluan merilsi motor mungil ini dipasarkan dengan harga 13.999 ringgit atau Rp 48,8 juta lebih, sementara di Jepang motor ini dibanderol 399.600 yen atau sekitar Rp 51 jutaan, lumayan kok nggak sampai 80 juta.

5 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda