ktm indonesia

ARIPITSTOP.COM – Alasan kenapa jangan ngecas Hp di dalam bagasi motor, power mudah meledak atau terbakar di dalam bagasi yang suhunya semakin panas. Bahkan di dalam pesawat saja kini sudah ada peraturan khusus soal powerbank ini, yang terbaru adanya insiden powerbank meledak di dalam pesawat penerbangan dari Hongkong menuju Brunei Darussalam.

Ketika kita mau naik ke pesawat dan membawa powerbank, maka dipastikan petugas Bandara akan mengecek power bank kita karena kita tidak boleh membawa powerbank ke dalam bagasi dan hanya diperbolehkan di dalam cabin dengan ukuran yang sudah ditentukan dan mendapatkan persetujuan dari maskapai jika ukuran powerbank diatas ketentuan yang berlaku. Peraturan ini dibiat karena memang powerbank mudah terbakar, dan sudah beberapa kali terjadi powerbank terbakar ketika pesawat dalam kondisi terbang, tentu hal ini membahayakan keselamatan penumpang.

Powerbank itu terbakar dalam pesawat Airbus A320 maskapai penerbangan The Royal Brunei Airlines, Rabu (3/1/2018) sore. Melihat kejadian itu, penumpang lain langsung mencari perlindungan. Sementara itu awak pesawat bergegas ke menuju api dan menyiram dengan alat pemadam kebakaran.

Cuplikan yang ditangkap oleh seorang penumpang menunjukkan seorang pria menutupi wajahnya dengan sapu tangan sementara seorang wanita lain dengan cemas melindungi bayinya. Francis Hua memuji pramugari itu karena tetap tenang dan bersikap profesional, ketika berjuang mereka berjuang melawan kobaran api.

Dia berkata, “Kami sedang dalam perjalanan dari Hong Kong ke Brunei ketika kami mendengar suara seperti ledakan kecil dari power bank milik penumpang.”

“Saya memuji awak pesawat yang sangat baik, meski dalam situasi yang sulit. Mereka tenang dan profesional dan menanganinya dengan sangat baik.”

Penerbangan Royal Brunei Airlines mendarat dengan selamat beberapa saat kemudian pada pukul 18:00 waktu setempat.

Itu menjadi alasan kenapa jangan membawa powerbank di bagasi motor, apalagi dipakai buat ngecas Hp. Memang ini hanya sebagai anjuran saja, karena di dalam motor belum ada peraturan khusus tentang powerbank. Namun sudah sering sekali ditemukan powerbank atau Hp terbakar di dalam bagasi motor ketika sedang dicas.

Lalu bagaimana dengan motor yang sudah ada fitur power charger di dalam bagasi ?, tentu hal ini lebih aman dibandingkan memakai powerbank, akan tetapi jika kita terpaksa harus ngecas di dalam bagasi motor, maka pastikan Hp dalam kondisi mati ketika dicas, untuk mengurangi segala resiko yang ada, karena di Hp juga terdapat batherai yang mudah terbakar juga.

Foto ilustrasi

7 KOMENTAR

  1. paling aman ya beli HP yg masih pakai baterai removable.
    kalau baterai habis, ganti baterai yg lain.
    serasa balik ke jaman BlackBerry dulu. hehe.

Ketik Komentar Anda