ARIPITSTOP.COM – Setelah menati kepastian yang tidak menentu, akhirnya sirkuit Sentul resmi dicoret tidak ada di kalender ARRC tahun 2019. Kepastian bisa dilihat dari jadwal yang sudah dikeluarkan oleh pihak ARRC hari ini. 

Sirkuit Sentul dinilai kurang safety karena kondisi aspal yang bumpy, sudah ada beberapa pembalap Internasional yang mengkritik kondisi aspal Sentul. Yang terakhir adalah pembalap asal Malaysia yang mengomenari aspal trek sirkuit Sentul cocok untuk balapan menggunakan motor trail.

“Saya sudah balapan di berbagai macam sirkuit di dunia, Sentul adalah yang paling sulit. Khususnya dengan permukaan trek yang tidak rata, juga banyak kerikil [aspal] beterbangan saat melakukan slipstreaming. Oleh karena itu, saya sempat mengatakan ‘mungkin lebih baik saya balapan menggunakan motocross’. Lintasan lurusnya bagus, namun ketika Anda memasuki tikungan kedua treknya lain daripada yang lain, dari tikungan kedua hingga terakhir. Mungkin ini karena saya pertama kali balapan di Sentul, banyak pembalap mengatakan pengalaman pertama di Sentul akan menyulitkan. Saya berharap bisa bertarung di depan pada kesempatan berikutnya di Sentul,” ungkap Khairuddin kepada motorsport.

Sebelumnya Ron Hogg sudah berkomentar soal Sentul akan dicoret mulai musim 2019 ketika ditemui wartawan di sirkuit Sepang saat gelaran MotoGP.

“Ini menyangkut safety. Banyak pembalap memberikan masukan kepada saya untuk tahun depan. 1.000 cc superbike pasti lebih besar tenaganya dan lebih kencang. Sirkuit Sentul enggak memenuhi syarat untuk dijadikan sirkuit untuk 1.000 cc. Semua ini demi safety. Tapi, kecil peluangnya sirkuit Sentul akan kami pilih untuk balapan Asia kalau masih seperti sekarang ini kondisinya,” ujar Ron Hogg, Direktur Two Wheel Motor Racing kepada M+.

Setelah selama 15 tahun selalu langganan menjadi tuan rumah ARRC, kini Sentul harus absen mulai tahun depan, tentu ini sebuah kerugian yang besar bagi para pembalap Indonesia.

Absennya Sentul justru mengembalikan sirkuit Sepang yang sebelumnya juga absen selama satu tahun di musim 2018 ini yang kabarnya terganjal soal sponsor. Melihat jadwal ARRC musim depan, terlihat sirkuit Sepang dan sirkuit Chang menjadi tuan rumah sebanyak dua kali.

Berikut jadwal lengkap ARRC 2019 :

4 KOMENTAR

  1. Josss….mending dicoret dari pada malu maluin.
    Merdeka lebih dari setengah abad satu sirkuitpun gak ada yang layak untuk balap level Asia apalagi Dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini