ARIPITSTOP.COM – Musim 2018 ini memang menjadi tahunnya Honda di MotoGP, Marquez sudah meraih gelar juara dunia, kemudian Honda juga sudah mengunci gelar konstruktor yang berhasil mengalahkan Ducati, Yamaha disusul ada Suzuki, KTM, Aprilia. Dan balapan terakhir di Valencia akhir pekan ini, Honda memiliki kesempatan besar untuk meraih dua gelar lagi untuk musim 2018. HRC berpeluang besar menjadi tim terbaik 2018 dan satu lagi datang dari anak didik Rossi yang berpeluang besar merebut gelar rookie of the year. Honda juga berbangga dengan raihan Marquez yang mendapatkan BMW M Award 2018 karena meraih poin hasil posisi start terbaik.

Franco Morbidelli yang merupakan juara dunia Moto2 musim 2017, naik kelas ke MotoGP bergabung di tim Estrella Galicia 0,0 Marc VDS Honda. Pembalap didikan Rossi hanya bertahan satu musim saja dengan Marc VDS Honda dan mulai musim depan bergabung dengan tim SIC Racing MotoGP yang baru saja dibentuk bersama Yamaha.

Saat ini Morbidelli berada di peringkat 14 pada klasemen pembalap dengan meraih 50 poin. Dia pun unggul 10 poin dari debutan lainnya, Hafizh Syahrin (Monster Yamaha Tech 3) yang ada di peringkat 16. Dengan keunggulan yang cukup lebar maka Morbidelli berpeluang besar meraih gelar  rookie of the year 2018.

Dukunganpun diberikan dari para petinggi Honda di Jepang, bahkan mereka langsung meminta kepada Morbidelli agar bisa meraih gelar tersebut.

“Mereka berkata bahwa bakal menyenangkan bila saya merebut gelar debutan terbaik, dan kami akan berusaha mewujudkannya. Kami akan mengerahkan segalanya. Kami menjalani balapan yang baik di Australia, meski kami beruntung karena rival terdekat kami, Syahrin, terjatuh di hadapan saya,” ungkapnya kepada Speedweek.

Sebenarnya berada di tim satelit Honda, Morbidelli tidak pernah mendapatkan bantuan teknis dari Honda. Bantuan yang diberikan dari HRC adalah bantuan verbal untuk beradaptasi dengan RCV.

“Bantuan ini sangat berguna bagi saya dan para teknisi. Ini membantu kami memahami arah kerja. Kami juga mempelajari data pebalap tim ini tahun lalu. Sayangnya, hasil signifikan tak terjadi tahun ini. Saya paham bagaimana jalannya kontrak, jadi saya tak mengeluh. Saya tetap berterima kasih kepada Honda karena mereka telah banyak membantu saya,” pungkasnya.

2 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda