ARIPITSTOP.COM – Pedrosa merasa tidak adil karena dua kali mengalami kecelakaan hanya dalam waktu 4 seri dan kedua kejadian kecelakaan tersebut dinyatakan bersih oleh pihak Race Direction. Kecelakaan pertama di Argentina membuat dirinya masuk ruang operasi dan kecelakaan kedua dia mengalami highside akibat Lorenzo yang melebar.

Pedrosa mengungkit kembali masalah di Argentina, kejadian Rossi vs Marquez menjadi hal yang luar biasa namun kecelakan antara dirinya dengan Zarco yang berakhir di Rumah Sakit justru dianggap wajar.

“Saya tidak setuju, saya pikir pengawas balapan salah. Saya menemui Race Direction dan menanyakan mengapa mereka memutuskan ini hanyalah insiden biasa. Ini sama seperti di Argentina, di mana insiden Marc [Marquez] dan Valentino [Rossi] dianggap bukan insiden biasa, sementara saya dan Zarco dianggap demikian.” ungkap Pedrosa.

Pedrosa mengungkap ini kesalahan ada pada Lorenzo yang melebar ketika dirinya sudah berada di racing line yang benar.

“Saya mengalami highside, Zarco melakukan kesalahan dan melebar, saya memberinya ruang, dan berakhir di rumah sakit. Dan kali ini, Lorenzo mungkin tidak melihat saya, tidak mengira saya di sana atau apapun itu. Tapi ia tidak coba menghindar, kami bertabrakan, saya kembali mengalami highside, dan kembali dianggap sebagai insiden balapan.” kesal Pedrosa.

“Pada akhirnya, jelas ini merupakan sebuah insiden, khususnya karena ini melibatkan tiga pembalap yang terkenal bersih. Maka, tidak ada yang bisa disalahkan. Tapi saya berada di jalur yang benar, sementara Dovizioso membuat Lorenzo melebar, saya berada di sisi dalam sedangkan mereka di luar. Jika Anda ingin kembali ke sisi dalam, Anda harus berhati-hati, karena saya [pembalap yang berada di sisi dalam] memiliki preferensi.” jelas Pedrosa.

“Ini yang coba saya jelaskan kepada pengawas balapan, bukan berarti saya meminta Jorge dikenai sanksi. Di sisi lain, saya ingin mereka bisa menjelaskan bahwa insiden ini bisa dihindari. Jika mereka mengklasifikasikannya sebagai insiden balapan, pembalap lain akan menganggap hal ini normal, mereka harus mengerti bahwa ini tidaklah normal.” pungkas Pedrosa.

Sourch : motorsport

20 KOMENTAR

  1. emang mestihya hohe itu tenggok ke belakang, bener dia dn dovi awalnya di depan, tapi sebelum tingkunan melebar, yach kalu bali lagi ke racing line, mestinya tengok belakang dulu, karena ngak ada spion.

    berdasrkan aturan yg dibuat kemaren, barang siapa menyenggol dan menyebabkan jatuh, kena sangsi.

    mungkin ngak kena sangsi karena yg nyengol jatuh juga.

    artinya sangsi berjalan jika yg nyengol msh dilintasan

  2. @BDT:
    Susah untuk realisasinya Bung BDT,
    Itu kejadiannya crashnya ditikungan 6, tikungan pelan yg cukup sempit.
    Susah untuk menengok ke belakang disaat Motor sudah dalam kondisi miring ke kanan.
    Pedrosa ada di posisi kanan belakang Lorenzo, jadi saya rasa menengok ke belakang (menoleh ke kanan) sambil memiring motor ke kanan itu rada susah terutama dikecepatan setinggi itu (apalagi pake Ducati pula yg jelas2 lebih susah nikung motornya)

    IMO…
    Ini murni race accident. Insting si Lorenzo untuk segera balik ke racing line setelah melebar berbuah petaka. Ini bisa dimaklumi karena selepas tikungan 6 yg lambat & sempit itu ada tikungan 7 kekiri yg cepat dan sempit pula. Jika tidak segera mengambil racing line maka akan susah memasuki tikungan 7 tersebut dengan cepat tanpa melebar.

    Mungkin perlu ada semacam cermin kecil yg dipasang disisi dalam fairing depan (samping kiri-kanan dekat windshield)

  3. justru dani yg bersalah di sini mnurut sya.. dia terlalu memaksakan racing line nya.. udah tau yg depan ga pake spion n ga mungkin noleh blakang.. lha dia yg diblakang yg seharusnya bisa melihat kedepan lebih bisa antisisapi wkwwkwk..

  4. Mungkin maksud Daped Apakah di argentina dia harus jatuh bareng Zarco dulu (Daped tidak ngalah/menghindar) baru Zarco akan disalahkan seperti rossi boleh menyalahkan marques gitu.

    Selain itu maksud Daped mungkin : Jadi lain kali itu gimana? apakah boleh motong seperti Zarco? spt Jolor? seperti Dovi? Apakah Daped motong dengan racing line dan speed yang normal kagak boleh?

    Itu yang maunya dibahas oleh Daped dgn Racing Director.
    Jadi lain kali gimana yang boleh dan kagak boleh?

    • iya bener bget…itu maksud pedrosa…mknya yg dia protes dinyatakanya sebagai race insiden…walaupun di sisi lain dia tidak berharap hohe dihukum kog.
      cuma ada yg jelas…krena pedrosa sudah dirugikan

  5. kasihan juga pedrosa…
    bener kata pedrosa dan juga dovi….
    hohe yg langsung masuk itu salah…walaupun tentu saja jgn sampe dikenakan sanksi yg berat.krena reputasi hohe memang bukan pembalap kotor

  6. Intinya dp sudah mengalami geger otak karena hi side 2x 😆
    Posisi zarco di argentin sama persis dengan posisi dp di spanyol
    Minta zarco dihukum di argentin sedangkan dp yg lbh ngebut nga bersalah di spanyol ??
    Sehat om Dp ?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini