Masih banyak para pengguna motor yang mengabaikan perawatan pada motornya, sekedar ganti oli mesin saja banyak yang mengabaikan apalagi untuk servis motornya. Saya bisa bilang begitu karena memang mengalami sendiri, sudah sering menerima konsumen dengan kondisi motornya mogok karena oli mesinnya habis akibat telat ganti oli.

instagram-aripitstop

Seperti pada motor yang satu ini, pagi2 saya mendapatkan konsumen yang mendorong motornya. Kalau dilihat dari wajah konsumennya sangat asing buat kang ari, ech… ternyata benar belum pernah service di tempat  kang ari, ceritanya nich orang dari pasar rebo menuju tangerang pas lewat dekat bengkel kang ari motornya mogok. Begitu kang ari cek ternyata pistonnya ngejem alias macet.

Saat saya cek kondisi oli ternyata olinya habis…! tobat tenan oli mesin bisa habis bis… Kemudian saya tanyakan ke konsumen kapan terakhir ganti oli mesin dan jawabannya mengejutkan yaitu 5 bulan yang lalu dan motor tiap hari PP Pasar Rebo – Tangerang rata2 sehari jalan 120km. weleh2…. kang ari langsung geleng2 kepala. Motor langsung kang ari bongkar dan di estimasi musti ganti piston assy dan kruk-as assy total biaya sampa 1,7juta.

P1050136

Pengalaman berharga buat kang bro nich, jangan ngremehin perawatan motor terutama oli mesin. Motor perlu kita rawat, biaya service rutin tiap bulan rata cuma service ,ganti oli ,busi jika diperlukan, dll rata2 habis 80-100 ribuan, dari pada nggak pernah service ganti oli tapi 5 bulan turun mesin habis 1,7 juta mau pilih yang mana.

Untuk perawatan motor yang paling diutamakan  adalah cek kondisi oli setiap bulan dan ganti jika diperlukan apalagi setiap hari motor jalan terus (motor operasional). Misalkan setiap bulan atau 2 bulan sekali biasa service rutin tapi karena ada suatu hal dan service harus ditunda maka pastikan oli tetap mesti diganti meskipun ganti oli dianjurkan maksimal setiap 3ribu km tapi tidak ada salahnya jika oli mesin di ganti setiap bulan atau setiap rentan 2 ribu km selain menjaga kondisi mesin tetap baik tapi akselerasi motor juga beda kang bro.

Saat ini saya percayakan oli mesin pada oli Motul, selain sudah terbukti menjaga performa dan akslerasi motor tetap terjaga dan menjaga keawetan kondisi sparepart di dalam mesin. Banyak pilihan tipe dari oli Motul, dari untuk motor 2T atau 4T hingga terperinci untuk motor sport, bebek atau matic sudah tersedia.

20 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda