lampu diskotlet ditilang (1)

Dari dulu juga sering pada nanya ke saya bagaimana kalau lampu depan diskotlet dengan warna hitam ataupun warna yang lain membuat mika lampu jadi smoke. Nach lampu smoke entah itu diskotlet ataupun dicat ternyata kena tilang seperti yang terjadi di daerah yogyakarta ini.

Lampu depan smoke kena tilang melanggar pasal 285 ayat 1 sesuai surat tilang tertera.

lampu diskotlet ditilang (2)

Bunyi pasal 285 ayat 1 :

Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, kanlpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Sudah jelas sekarang kalau lampu smoke itu tidak boleh alias dilarang.

15 KOMENTAR

  1. Kalo ga salah inget ada pasal lain yang ngatur tentang daya pancaran sinar. Kalo lampu di smoke, ya pasti ngaruh ke daya pancar sinar.

  2. Pasal karet, gak jelas definisinya.
    Kalo lampu utama ada kenapa pake pasal itu? Harusnya pasal yang menunjuk ke pemilihan warna sinar lampu utama, yaitu hasil pancaran sinarnya. Karena tidak ada pasal yang mengatur warna kaca atau mika lampu. Yang ada mengatur warna pancaran lampu.

    Bagaimana dengan mika lampu sein, jika bening? Apakah kena tilang juga?

    Begini nih, penegak hukum yang menyalahgunakan pasal. Di UU no 22 tahun 2009 cuma di tuliskan lampu harus kuning muda atau putih. Itu juga pancarannya pasti kuning muda dikasih scoctlight kuning gitu. Meskipun jujur saya akui, di scoctlight gitu warnanya norak.

    Satu lagi, para bapak penegak hukum tidak pernah memakai alat ukur standar untuk menegakkan UU, seperti desibel meter, speedmeter, flux meter. Yang ada cuma slip tilang. Ketemu sama pengendara yang pake go pro keder semua.

    Lampu led juga kena tilang deh.

  3. nk itu ws dari dulu kang…saya dulu kena di magelang gara2 stoplamp tk smoke…nk lmpu depan emng jls lgsg di tilang fi mana2 jg gt ,, damai 50rb..sblm tk kasih biru masih belagak berwibawa lha giliran tk kipasi biru weladalah…lgsg berbaik hati kepo nanya ini itu…tobat tnan

    nah kalo atas saya kayk orang bego,,ente kalo mau masalahin mika sein bening mlh keliatan bego…yg jd point penting kalo sein itu bohlam hrz warna kuning,,stoplamp mika hrz merah

  4. hm… produk YIMM juga ada yang smoke tuh apakah kena tilang juga kan standart nya tuh, tapi pasti tetap kena tilang lawong ninja yang benar2 standart saja kena tilang hadew….

  5. tilang juga yg lampu depan ato lampu utama nya pake skotlet warna merah…
    bahaya tuh ane kira lampu belakang tau nya motor dari arah yg berlawanan..

Ketik Komentar Anda