harley kabor tilang (2)

Yap, SIM C mulai bulan mei kabarnya akan dibedakan menjadi tiga kategori, hal ini memang penting juga untuk keselamatan para biker dimana tidak semua biker bisa langsung naik ke kelas motor lebih besar tanpa ada skill yang mumpuni, oleh karena itu pengembangan SIM C ini sebanarnya sangat positif buat biker meski tampak agak ribet.

Rencananya SIM C dibagi dengan kategori :

  1. SIM C untuk sepeda motor berkapasitas mesin kurang dari 250cc
  2. SIM C1 untuk sepeda motor 250-500cc
  3. SIM C2 untuk sepeda motor bermesin 500cc ke atas

Nach disisi lain ternyata para pengguna motor moge ada masukan, Irianto Sekretaris Jenderal Motor Besar Club (MBC) Indonesia  kepada detikOto mengatakan bahwasannya para pengguna moge mendukung kebijakan ini namun ada tiga masukan yang mereka ajukan.

“Hanya begini, dengan adanya tiga level ini, artinya kita sebagai pengguna motor besar dikasih kemudahan juga dong, harus ada keistimewaan juga. Jangan hanya SIM aja,” kata Irianto kepada detikOto.

Usulan itu berupa :

  1. Untuk motor besar diberi perlakuan khusus yaitu boleh melintasi Jalan MH. Thamrin.
  2. Motor-motor besar boleh lewat tol dong. Sekarang udah jelas, kita bayarnya beda, SIM-nya juga beda. Nah itu harapan saya. Ayo pemerintah juga harus mendengar aspirasi kami, terutama pengguna motor-motor besar,” ujar Irianto. “Enggak apa-apa (kalau diberi jalur khusus sepeda motor di tol seperti di Bali dan Suramadu). Kalaupun kami diberi kanal juga di jalan tol Jagorawi, Cikampek misalnya, ya enggak apa-apa Tapi gini, pengalaman kita di beberapa negara, di Eropa, tidak ada masalah kok dicampuradukkan. Kenapa? Karena yang namanya motor besar itu kan skillnya sudah beda semua. Contohnya di MBC Indonesia, kita per 3 bulan itu safety riding bagaimana menggunakan motor besar. Jadi tidak diragukan. Saya berani jamin. Artinya anggota kami, pasti udah sekolah safety riding sebelum mendapat KTA (Kartu Tanda Anggota),” ucap Irianto.
  3. Kalau pemerintah setuju dengan usulan pengguna moge ini, lanjutnya, pengguna moge meminta diutamakan. Sebab, kata dia, secara pajak dan SIM-nya juga berbeda. “Diutamakan karena kan jelas bayar pajak beda, SIM-nya aja beda. Kita diujinya pun dengan motor besar dong. Artinya jelas, kemampuan, skill apa segala pasti berbeda. Nah, kalau kemarin kan sama, SIM C semua. Walaupun secara skill pasti berbeda,” katanya.

Bagaimana pendapat kalian ? monggo corat coret…

Sumber otodetik

moge minta perlakuan khusus sim c

1 KOMENTAR

  1. MBC,Emang situ yakin anggota lo pada bayar pajak dengan tertib semua??palingan kalo ada case statement ente…wah susah ya kalau kita mesti mengontrol sedetil itu…preeet…
    Oknum Klub moge,dari wacananya aja sdh arogan….btw baru denger MBC..kirain Mampang Beauty Center.

      • hadeeh, sama aja ente menyamaratakan nama ISLAM, atas tindakan terorisme, tolol
        pemikiran ente sama aj kyak dunia barat, yg mengganggap islam itu teroris, krna ulah sgelintir orang yg mengatasnamakn islam, semua islam dibilang teroris, klu emang iya teroris kita diindonesia dan hampir ksluruhan negara arab teroris semua dong,,

  2. di bedakan sim nya krna motor yang lebih kencang,lebih berat,dsb. itu untuk keselamatan pengendara nya sendiri.

    etika pemoge ama mocil ga ada bedanya. minta diutamakan.
    dan diperlakukan spesial.

  3. Klo situ udah safety riding, gojek juga udah safety riding di RDL (Rifat Drive Labs)
    Lah situ palingan safety riding sendiri..

  4. ealah ya sud lah… mau sim smpe c c1 c2 uc1000 juga kalo di jalan mah buat bareng2 ga usah ada perlakuan khusus lah… bayar pajak juga bareng2 kecuali yg mocil ga ada pajak, pajaknya dr moge semua baru dah moge bisa seenaknya di jalan…

  5. mendingan MBC bikin jalan sendiri, kn org kaya..
    kalo ga terima lebih baik pindah ke luar negri aja, bisanya membanding-bandingkan indonesia dgn negara lain..
    pemerintah indonesia jg punya alasan tersendiri knapa motor ga boleh masuk jln tol..
    permintaan SekJen MBC Indonesia sungguh memuakkan

  6. Mati aja lu semua penunggang moge..lu pikir ini negara bapakmu!!
    Jgn cc motor aja yg di gedein otak lu jg..dasar rider kuya!!

  7. Minta dibikinin lajur sendiri khusus moge? Andai kata dibikin di samping bahu jalan, terus ada mobil pecah ban & mobilnya oleng ke kiri, mati dah pengendara moge ketabrak. Kalo ada yang mati tinggal lempar tanggung jawab nyalahin pemerintah gara” bikin lajur khusus moge ga aman.

  8. Menurut saya moge itu gak ada mewah2nya. Prinsip dasarnya sama dengan mocil cuma ada refinement saja dibeberapa sektor. Yaa… Karena kelakuan oknum plus kebijakan pemerintah saja yg irrasional, jadi kesannya membuat moge itu kayak spesial banget. Di singapura contohnya, yamaha fz series dibuat ngangkut sayur atau di thailand harley juga dibuat ngangkut sayur.

    • YAH JELAS MEWAH LAH.. HARGANYA MAHAL.. KAPASITAS MESIN LBH BESAR.. GOBLOK D PELIHARA LU.. PAJAK JG LEBIH BESAR .. DONGO BNR2 LU MINTA D LIMITER KUPING LU GOBLOK., SAMA KYK TMN2 CECURUT LU DI MARI YG MISKIN N GOBLOK .. IRI HATI ..

  9. Lah… sudah pindah warga negara saja sono… pindah ke negara yang memperbolehkan motor lewat jalan bebas hambatan.
    itung2 ngurangin pengguna kendaraan yang otak nya di dengkul.

  10. Yg kaya minta diutamakan karena ngaku bayar pajak. Yg miskin minta diutamakan karena merasa harus dilindungi.

    Yg serba salah siapa? Yg ekonomi menengah. Mau ngaku kaya gak bisa, mau ngaku miskin dibilang muka tembok. Dagelan aja lu pada orang2 miskin sm kaya haha

  11. Kalau ini dikabulkan.. spertinya akan bnyak yang kontra..
    Pembedaan sim bukanya untuk membedakan CC motor ya?
    Terus yang statement bayar lbh mahal itu apa mksudya? mmg sdh ada biaya resmi utk C1 C2?
    Masalah skill, ni no banget deh… please be fair…

  12. Wkwkwk banyak duit kok ngambek.. gak bakalan disetujuin perlakuan akan tetap sama gak akan ada motor bisa masuk thamrin apalagi tol gila aja disamain sama luar negeri karakter orang sama jalannya aja uda beda.. NGIMPI!!

  13. Kalo motor besar gitu didengar inspirasinya kenapa kiya yang cuma pengguna motor kecil yang ingin menyalurkan hobi kami malah dilarang keras bahkan di denda sebesar 24 juta… inikah yang namanya demokrasi ???

  14. alasan bayar pajak lebih besar daripada yg lain bukan alasan yg bijak. pajak kan disesuaikan kemampuan. bagi org kecil pajak 300rb juga udah berat. kalo orang kaya pajak 100jt juga ngga berat. gajinya jauh. kalo punya banyak ya kewajiban lebih banyak juga.

    • kalo ngomongin pajak, masih banyakan pajak mocil pakdhe…..moge paling2 populasinya gak sampek 1:1000 vs mocil..itung aja pajak mocil anggaplah 200rb x 1000mocil = 200.000.000, pajak moge per ekornya paling banter 10jt/ motor…ngono wes mentang2 sing nduwe dalan to pakdhe..pakdhee…..

    • jangan commnent kl gak punya Moge hahaha saya aja pengendara moge gak setuju,,yg membedakan itu hanya iman & taqwa aja broh…

    • “Kita bayar pajak aja beda” statement yang parah.

      Bukan pajak udah ketentuan pemerintah dan ada tingkatannya sendiri2,dan pemerintah juga tidak mengharuskan orang kaya untuk beli moge,orang kaya kan seharusnya pinter udah tau la konsekuensi beli barang mewah.
      Secara tidak langsung stratanya ingin disamakan sama orang kecil.

  15. Emang pd bayar pajak gituh?satu org harley nya bejibun yg legal palingan cuman atu..secara hd bntuknya gitu2 doang …pas ada razia g bkl ketauan kalo misal jln pk hd bodong trus stnk pk hd lainnya yg pajaknya hidup…

  16. Kepengen sekali dapet pengakuan dari semua orang, sampe segitunya kah ngasih usulan ?? Sudahlah… saya yang bukan rider moge sudah menghargai anda – anda rider moge di jalan ko’.. saya menghargai kapasitas mesin motor dan harga motor anda, saya menghargai usaha anda rider moge untuk punya moge tersebut dan saya tahu rider moge butuh skill yang jauh beda dibanding rider non moge…
    Saya juga suka kasih jalan kalo ada moge yang lewat, baik itu cuma satu moge atw rombongan moge yang pake sirine – strobo..
    Gimana ? masih butuh ‘Pengakuan’ dari kami rider non moge ?

  17. skill??
    bah…!
    para rider moge kalo ditest ulang beneran serius, paling yg lolos cuma separo,
    separo lainnya bayar pake duit.. beres dah.. kekuatan duit di endonesah gitu lho.. 😀

  18. Jalan tol itu tempat mobil bisa bejek gas, Bro. Trus kalo kalian para pemoge dan pengikutnya juga ikut masuk tol HANYA untuk bisa ugal-ugalan di kecepatan tinggi, trus mobil mau ugal-ugalan dimana? Di jalan biasa? Udah kepenuhan, soalnya campur aduk ama semua jenis kendaraan.

    Kalo begini ceritanya, kalian bisa kena caci maki dari 2 arah, dari pengguna mobil yang merasa dirugikan dan pengguna motor cc kecil yang merasa iri hati. Kalian mau dipepet, dipepes, ato dibasmi?

    Tinggal pilih

  19. kirain beli moge biar lebih macho, ternyata malah jadi lebih manja hahaha. makin gede motor ny makin kecil anunya 😀
    noh, si mbah aja santai2 aja bawa F3 macetan di jalan biasa

  20. Bayar pajak lebih, sim nya beda,, ittuuuu emang resiko yang punya motor gede,, jangan di hubungkan sama pajak,, pengguna motor cc lebih kecil juga punya hak yg sama bos, sama2 bayar pajak sesuai undang2,,

  21. gimana kalo om TMC dan teman teman bloger bikin kampanye pembuatan sim dengan jalur yang benar. Dan teman-teman disini juga bisa mulai menularkan ke yang lain bagaimana cara mendapatkan sim dengan jalur resmi yang benar.
    karna pihak kepolisian toh ga bisa apa2 kalo memang kita minta tes resmi.

    saya rasa bobroknya keadaan pengendara di indonesia mulainya dari sini.mudahnya jalan pintas. segala pingin instan. dan parahnya ini akan menurun ke generasi setelahnya. ini yang membuat anak2 dibawah umur dengan gampangnya lalu lalang dengan sepeda motor.

    repotnya lagi hal ini sulit muncul ke permukaan, karna hampir semua kalangan mendapatkan sim dengan cara “nembak”. ga terkecuali jurnalis di media2 dan pejabat. makanya ga ada yang usik. (kaya buka aib sendiri).
    ya mungkin bisa di mulai dari orang2 yang concers dengan safety ini bisa jalan.

    pengalaman saya memang mendapatkan sim motor dengan benar memang tidak selalu gampang. tapi sangat bisa di pelajari dan dilatih. (ini saya ulang sampai 2x di tes praktek)
    beda lagi dengan sim mobil. palingga tes 3 kali baru bisa lulus tes praktik. (karna karakter mobil yang kita gunakan sehari2, dengan mobil tes bisa sangat berbeda)

    trima kasih kang.

Ketik Komentar Anda