Kaget setelah mendengar cerita dari konsumen kalau motornya belum pernah servis injeksi selama kurang lebih sudah menempuh jarak hingga 41 ribu km. BBM yang dipakai motor ini adalah Shell V-Power, memang harga BBM ini lebih mahal dari Pertamax tetapi efeknya memang terasa banget yaitu minim perawatan dan tentunya hemat biaya servis.

PENAMPAKAN INJEKSI YAMAHA KOTOR (6)

Sebelumnya lihat kondisi throtle body dari luarnya, kotor bukan ?. Kondisi ini saya ambil di kilomter 41.174 dan saya pastikan motor ini lebih sering minum V-Power sesuai cerita juga dari dang pemilik motor bahwa dia mempunyai pemikiran kalau minum BBM oktan tinggi motor injeksi tidak perlu service injeksi. V-Power yang kita ketahui BBM dari shell ini memliki oktan 95 setara dengan pertamax plus dari pertamina, meski kadang2 kalau tidak mendapatkan SPBU Shell terpaksa minum pertamax plus. Bisa dilihat dari intake manifold kalau rutin minum pertamax plus akan ada zat pewarna merah yang tertinggal begitu juga dengan jika minum pertamax akan ada zat pewarna biru yang nempel di intake manifold namun karena V-Power tidak berwarna maka intake manifold motor nipun tidak meninggalkan warna.

Lihat kondisi intake manifold ini setelah 41ribu km belum pernah dibongkar, kondisi ruang intake manifold terlihat cukup bersih hanya ada sedikit noda saja.

PENAMPAKAN INJEKSI YAMAHA KOTOR (5)

Bagaimana kondisi injectornya ? lihat posisi lobang paling bawah yang sudah saya zoom, agak tersumbat oleh kotoran alhasil motor tidak bertenaga dan brebet makanya yang punya motor minta service menyeluruh, motor baru brebet baru minta service…

PENAMPAKAN INJEKSI YAMAHA KOTOR (3)

Ini penampakan throtle bodinya, Sisi corong luar ke filter udara,

PENAMPAKAN INJEKSI YAMAHA KOTOR (4)

sisi corong ke ruang bakar.

PENAMPAKAN INJEKSI YAMAHA KOTOR (2)

Motor sudah menempuh jarak 41 ribu km belum pernah servis sama sekali ini tentu hal yang luar biasa, pemakaian BBM yang berkualitas menjadi salah satu faktor penentu.

44 KOMENTAR

    • kalo servis biasa mah rutin 3-5 bulan sekali. ganti oli tiap 1500km (standarnya 2000an KM). ganti oli gear tiap 5000km (standarnya 8000km)

      • Wat? Aku pake oli sampai 4000 km. Oli murmer lagi. Motornya biasa angkut galon, semen, berarti selama ini salah ya?
        Soale eman duit. Hehehe.

  1. vixion sya sudah 73000 km belum pernah servis besar, baru servis berkala, servis injektor dan TB, kuras tanki
    masih joss kang, (pertamax / super)

  2. ini maksudnya servis mototrnya atau khusus injeksinya mas?
    kalo yamaha kan emang ada perawatan khusus buat injeksinya, kalo honda kan emang bebas perawatan tapi ya tetap harus servis motornya jangan cuma ganti oli doang

  3. sebentaar…. apa ada hubungannya antara angka oktan bensin dengan kebersihan area throttle body, manifold (dan injector) ?

    saya memang bukan mekanik/teknisi, tapi sependek yg saya tahu angka oktan lebih berhubungan dg proses pembakaran (pengapian) di dalam ruang bakar.

    kira2 dimana hubungannya ya?
    mohon pencerahannya

    • Nilai deterjen lebih banyak. Bisa dilihat antara pemakaian premium dengan pertamax, kondisi karbu dan intake manifold kotor hitam kalau minum premium. Perhatikan saat motor diservis

      • kalo aditif deterjen, saya tahu pernah baca bahwa premium memang nggak mengandung aditif deterjen tsb (dengan segala efek negatifnya)

        namun halnya dg artikel diatas, saya sempat menafsirkan bahwa “bensin oktan tinggi masih menimbulkan kotoran pada injektor, dst….” (mudah2an cuma saya aja yg salah tafsir),

        yang ternyata harus baca lagi link tambahan dibawah artikel, dan dipertegas dg penjelasan kang ari barusan (membandingkan premium vs pertamax), barulah saya “klik” bahwa maksudnya adalah servis injektor tetap diperlukan setelah sekian ribu km. 🙂

    • mas bukannya bersihkan throtle body tu masuk bagian servis biasa/ringan ya?
      yg biasa dibersihkan pake bensin diolesin pake kuas?

        • kok saya kayaknya tiap servis di beres honhon servis ringan TB dilepas trus dibersihkan ya?
          senpat denger mekanik senior yg lagi ngajarin anak SMK magang di situ, ngonong gini”kalo injeksi yg dibersihkan TB, sama kyk karbu dibersihkan di motor karbu”

          kalo gak boleh dibongkar cara bersihkannnya bagaimana??
          pernah juga sih liat mekanik kyk nyemprotin cairan tulisab 3M kalo gak salah, apa itu injektor cleanernya ya?

  4. Kalo daku udah 55 ribu km belum pernah ke bengkel buat injeksi-injeksian.cuma dulu servis dan ganti oli sampai di kilometer 15 ribu. Setelah itu gak pernah ke bengkel lagi krn malas antri.cuma tiap 5 rb km dikasih injector cleaner, dan tb juga disemprot sendiri.

    Nanti rencana di km 80 rb baru mau ke bengkel buat ganti filter bensin

  5. Kalo di.mobil aman2 aja tuh….yg penting filter bensin dan udara rajin dibersihkan sama di gantikalo udah waktunya..grand livina 2008 udah 140 rb km ..aman.. .
    Apakah motor gak ada filter bensinya…hanya filter yg di fuel pump aja ?

Ketik Komentar Anda