Rantai putus ? biasanya penyebab utamanya karena rantai kurang perawatan bahkan tidak dirawat sama sekali hingga karatan. Nggak repot kok rawat rantai motor sendiri cukup kasih pelumas minimal seminggu sekali namun untuk di musim hujan bisa tiga hari sekali. Kenapa rantai perlu dirawat ? tentunya agar rantai awet, akslerasi lebih maksimal ketika rantai dalam kondisi normal dan tidak mencelakai diri kita sendiri karena rantai putus bisa membuat kita terpental dari motor.

Lakukan penyetelan secara rutin terutama saat musim hujan disetel dalam dua minggu sekali jika jarak yang tempuh lumayan jauh, cek kekendoran rantai sekitar 2cm jika sudah lebih dari 2cm maka rantai wajib disetel agar rantai tidak cepat aus dan pastinya agar rantai tidak lepas dari gear karena jika rantai sampai lepas atau bahkan putus bisa berakibat fatal. Ini salah satunya, crankcase motor ini bolong akibat benturan dari rantai setelah putus.

Ada dua solusi mengatasi crankcase pecah :

  1. Ganti baru crankcase, tapi proses ini lama lama crankcase lama ditukar dulu ke pabrik untuk pencetakan nomor yang lama ke mesin yang baru. Dana yang dihabiskan bisa sekitar 1,2 juta sudah termasuk jasa pemasangan yang harus turun mesin dan memakan waktu hingga 1,5 bulan.
  2. Crankcase dilem atau las babet namun masih resiko bocor bisa dua kali kerja.

RANTAI PUTUS CRANKCASE PECAH (3)

NIch penampakan crancase pecah :
RANTAI PUTUS CRANKCASE PECAH (1) RANTAI PUTUS CRANKCASE PECAH (2)

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Untung new mx saya dulu putus rantai kondisi jalan lagi pelan, dan saya maklumi udah pernah potong rantai, jd kekuatan rantai udah jelek banget, jd mesin cuma meraung2 dikit, langsung saya ganti sperpat ori yamaha DID, kuat banget mantap udah hampir 6 bulan rantai cuma di stel 1x ga kendor sama skali smpei skarang

  2. bersihkan dari minyak dan kotoran, trus olesin lem epoxy plastic yg sudah dicampur dengan benar. Ga akan bocor deh..

  3. pernah putus rantai tp lg jalan 5 kph di lingkungan kantor, karena bokek gak bisa beli rante baru ketika itu jadi potong rante n beli rante merek china.

    pake ori suzuki jepun udah 2 taon masih awet2 aja.

Ketik Komentar Anda