UNITY PITSTOP (7)

Unity pitstop melanjutkan event ke-9 kali ini dengan tema ”Ekspresika Karakter dengan Motor Kustom”, bertempat di salah satu cafe di jalan antasari jakarta selatan beberapa bloger dan media diundang untuk bisa ikut meramaikan acara ini. U-mild kali ini mengundang ade habibie salah satu builder kustom motor di indonesia diperuntukkan buat para komunitas kustom motor dan mangajak para bikers untuk tidak hanya mengekspresikanmasing2 karakter mereka melalui kustom, tetapi juga mengubah citra mereka di masyarakat.

Ade habibie menyampaikan sambutannya ”melalui workshop ini, saya ingin mengingatkan bukan hanya ekspresi karakter saja yang penting salam sebuah komunitas kostum, tetapi juga pentingnya saling menghormatidan mengapresiasi ide serta hasil karya builder yang lain”. Lebih lanjut ade habibie menjelaskan bahwa bagi bikers motor bukanlah sekedar kendaraan saja tetapi bagian dari karakter sang pengguna. Motor menjadi mainan yang digemari bikers untuk bertukar pikiran dan mengembangkan kreativitas antar anggota komunitas. Motor kustom tetap harus memperhatikan estetika dan keamanan serta kenyamanan, seperti yang beliau ungkapkan seperti kenyataan yang pernah dialami ketika mengetes finishing salah satu hasil karyanya pernah terjadi knalpot lepas karena mur di head knalpot lupa dikencangkan. ”Motor tiba2 meletup2 setelah itu knalpot lepas dari motor” ujarnya.

”Apa itu kustom ? definisi kustom kalau diterjemahkan dalam bahasa langit buat motor dengan mewakili karakter yang punya, bisa membuat orang kalau melihat motor kita sudah tahu bahwa itu motor kang ari nich” ujar Rizky Mandra dalam sambutannya sebagai salah satu penggiat motor kustom. Kustom bisa diartikan bahwa kustom itu mengekspresikan karakter dari sang pemilik motor, jadi meskipun orang lain bilang motor kita jelek amburadul tapi kalau buat kita nyaman so… inilah kustom. Meskipun kustom sama juga dengan modifikasi tanpa batas namun motor kustom harus tetap mengutamakan keamanan, kenyamanan estetika alhasil tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain pastinya.

UNITY PITSTOP (2)

Saat workshop ini ade habibie juga menjelaskan kepada peserta bagaimana langkah2 yang harus dilakukan untuk merubah sebuah motor standar menjadi motor kustom sesuai karakter kita, yang pertama kita mesti punya referensi. Seperti apa motor yang akan kita buat apakah bertema cafe racer, bobber, chopper atau tracker ?dll tentunya sesuai karakter kita masing2 jangan sampai dipaksakan. Lanjut bahan baku yang kita pakai seperti rangka nanti akan dibuat dari bahan apa, apakah mengambil rangka dari motor lain atau hand made, setelah tema dan bahan apa saja yang harus kita pakai dalam perencanaan kita sudah bisa meramalkan estimasi biayanya, so… budget sangat menentukan hasil akhir karya kita,karya kita sangat terpengaruh oleh budget. Tidak lupa pula kita juga harus mempersiapkan alat2 safety ketika nanti kita mulai eksekusi motor. Yup, saat eksekusi peralatan teknik tidak usahlah yang harus bermerk, asalkan bisa dipakai dan menghasilkan kualitas maksimal sudah beres toch… jadi budjet juga tidak membengkak. Jika sudah eksekusi jangan lupa karena pentingnya finalisasi serta fhtting agar hasil yang kita peroleh benar2 tidak ada masalah seperti baut belum dikencangkan sesuai torsinya. Tes ride itu harus, sebelum motor layak jalan maka motor harus kita tes laik jalan karena motor kustom itu sudah hilang motor standar pabrikan sehingga apapun bisa terjadi meskipun sebelumnya sudah kita rancang dengan baik.

UNITY PITSTOP (8)

Selain kegiatan gathering atau workshop seperti ini, komunitas yang mengadiri unity pitstop kali ini juga bisa bergabung di forum online di www.unity-team.com yang bertajuk saudara satu aspal sebagai wadah komunikasi antar komunitas dan anggotanya. Di dalam forum ini berisi informasiterkini seputar dunia bikers. ‘Tanya ahlinya’ dimana anggota komunitas bisa bertanya dan wawancarai langsung ahli dalam dunia bikers; ‘group recomendations’ yang berisi komunitas2 yang sudah menjadi bagian dalam forum unity-team.com.

UNITY PITSTOP (6)

Advertisements

1 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda