Terlihat sepele kan…? lihat gambar diatas, saya temukan di motor Megapro fi yang bunyinya :

PERHATIAN

Jangan menyimpan benda apapun di bawah jok ( kain lap, kertas dll ) yang dapat menutupi saluran udara.

Kenapa harus ada peringatan seperti itu ? ini salah satu akibatnya pernah saya ulas :

Motor Sport Mbrebet dan Mogok Karena Jas Hujan, Kok Bisa ? Ini Jawabannya…

jas hujan (4)

Jas hujan bisa menyebabkan motor mbrebet bahkan bias mogok saat jalan ? kejadian ini lebih sering dialami motor sport yang lubang filter udaranya terletak di bawah jok. Jas hujan diletakkan di jok jika penempatannya mengganggu bahkan menutupi lubang filter udara maka pasokan udara yang dibutuhkan untuk mencampur bahan bakar akan berkurang alhasil motor jadi ngempos bahkan mogok saat gas dibetot sampai full.

Rata2 untuk motor sport posisi lubang filter udara ada dibawah jok oleh karena itu kita harus tahu posisi lubang filter udara agar tidak terjadi benda2 kecil masuk ke ruang filter karena benda2 yang ada di bawah jok. Terutama jas hujan atau kain lap yang sering kita bawa kemana2, jika kitas harus menaruh benda tersebut di bawah jok maka pastikan benda tersebut tidak menutupi lubang filter udara.

Jadi peringatan diatas seharusnya ada di semua motor sport yang posisi lubang filter udara di bawah jok agar kita bisa waspada, nggak akan menambah coz produksi yang banyak kok cuma menambahkan kalimat peringatan seperti diatas toch nggak pakai stiker hanya cetak sekalian spakbor belakang. Semoga saja semua pabrikan menerapkan di semua motor sportnya.

15 KOMENTAR

  1. selamat kang ari… di grid 2 skr di indomotoblog..
    tadi pas pagi masih jejer2an ama om kobay di grid 2.. ternyata cuma rapi2h… om kobay terlempar ke bawah…wkwkwk

Ketik Komentar Anda