Siapa yang suka menyemprotkan carburetor cleaner kedalam ruang mesin ? hati2 karena beresiko besar jika menggunakan produk yang tidak dianjurkan pabrikan atau salah pemakaian seperti yang terjadi kali ini dan sering saya lihat para biker yang menggunakan cara yang sama yaitu carburetor cleaner, banyak carburetor cleaner ini dimasukkan kedalam ruang bakar melalui busi, kondisi ini sangat beresiko karena ketika kita menyemprotkan pembersih kedalam ruang bakar otomatis kotoran akan rontok dan rontokan kerak2 ini yang berbahaya.

Kerak atau kotoran yang rontok akan menyelip di bibir klep alhasil kompresi berkurang bahkan sampai hilang karena bibir klep ini tersumbat kotoran/kerak karbon. Selain itu sangat mudah kerak2 ini membuat lecet atau baret dinding cylinder dan piston karena saat motor dihidupkan dan piston bergerak naik turun maka kotoran akan terselip di ring piston mengikuti gerakan naik turun dan akhirnya dinding cylinder baret.

Beda dengan cairan pembersih yang khusus untuk menghilangkan kerak2 di ruang bakar dan cara pemakaian pun dilakukan ketika saat motor dalam kondisi hidup bukan saat motor mati. Biasanya disemprotkan di bibir karburator sambil motor dihidupkan itupun tetap beresiko juga.

Seperti yang terjadi di motor milik bro jody yang kemarin sempat menanyakan motornya ngejem karena diruang bakar penuh dengan cairan carburetor cleaner.

“mas ari minta bantuannya sedikit boleh gak? tadi sore mtor saya yamaha new vixion saya coba tak bersihkan deposit karbonya tak coba pakai Carbon cleaner merk *J,Tak semprot ke dalam trothle body,Lubang ex di Head, sama lubang busi tak semprot sampe penuh..emang Keluar warna hitam coklat coklat tapi pas tak hidup kan di engkol pun gak mau bergerak.. Kayak ngejem itu kenapa mas? mhon bantuanya sampe sekarang belum bisa.. Di engkol gak mau gerak sama sekali..”

Selang beberapa jam bro jody menghubungi saya lagi dan hasilnya mengagetkan karena cylinder baret parah dan bunyi motor berisik seperti bajaj ( angkutan roda tiga ).

“aduh mas beneran beret parahh baru tadi di ongkek paksa Buat jalan 1 jam’an pulang ..mau di pakai lagi Suara nya kayak bajai.. lngsung di bongkar mesinya sama Temenya… sekalian ganti chamfast .. eh tau tau udah parah gitu.. pistonya mlah kinclong cuma hitam coklat kyak oli kebakar.”

Nach jadi jangan sampai kita salah penggunaan dan cara pemakaiannya. Jangan menyemprotkan carburetor cleaner lewat lubang exhaust (dudukan knalpot) dan lewat lubang busi, jika terpaksa akan menyemprotkan cairan ini lebih baik dari lubang di karburator sambil motor dihidupkan. Jika motor sudah berusia tua lebih baik bongkar saja piston dan cylindernya alias service besar.

Semoga bermanfaat…

carburator cleaner

41 KOMENTAR

    • Kayaknya memang salah kaprah dan salah pemakaian.

      Vixion kan injeksi ga pake carburator, koq dipakein carburator cleaner?

  1. Salah pakai tuh. Aturan pakainya kan disemprot ke karbu ketika mesin nyala. Dengan maksud kotoran langsung terbuang ke klep ex. Lagipula vixion kan injeksi. Carbu cleaner ya buat karburator. Motor injeksi kan ada injector cleaner.

  2. Om om bapa yang jago di bidang permesinan ada yang bisa bantu sayah enggak ? motor mio sayah klep nya jebol bengkok, bagian head dudukan klep bawah nya remuk. itu kira kira apah masih bisa di sitting atau engga ya ? remuk keluar batang besi gitu bulet, itu gimana ya om cara atasi nya pliss. bls scepat ny. :'( sad.

    • bongkar silinder headnya trus bawa ke tukang bubut minta di buatin sitting klep ma bosh klep. Sertakan payung klep yang baru juga

  3. saya pernah baca disalah satu blog cr pemakaian carburator cleaner:
    carburator cleaner dicampurkan ketangki bensin sewaktu tanki kosong.baru diisi bensin dipom bensin harapanya bisa tercamppur rata dgn bensin.dan terbakarnya jg sedikit dm sedikit.sehingga kerakpun rontok sedikit2.silahkan dicoba

  4. yg simpel ya pke pertamax plus (buat bersihin) sekali2 buat bbm nya, klw gak karbon cleaner yg model dicampur sama bensin di tangki

    • anda sangat cerdas…lebih aman…itu kesalahannya setelah disemprot lupa dibersihin pakai lap di mulut busi.. alhasil ya seperti dikocok2 kotorannha dalam ruang bakar..

  5. itu namanya purging bro n ada aturannya yaitu ga boleh terlalu banyak dan posisi seker harus pada top end saat di lakukan purging. Kalo ga ikutin aturan ya jebol juga

  6. cari cara aman aja tangki isi pertamax plus lalu pake cara italian tuning(gigi 1 digas sampe rpm 8000,gigi 2 rpm 9000,gigi 3 rpm 10000,gigi 4 rpm 10500,gigi 5&6 normal rpm)memang beresiko pake carb cleaner disemprot di karbu kotorannya malah bisa ganjal klep jd klep gak bisa naik turun sempurna.yamalube carbon cleaner jg ada resiko kalo keseringan,payung klep bisa tipis,makanya dipake tiap 10rb km

    • Bukan tiap 10 rb bro, yamalube carbon cleaner bisa dipake tiap 3 rb, coba cek kulkas, eh web yamaha.

  7. Mohon pencerahan suhu-suhu sekalian, mau tanya apakah tidak berefek kalo caburator cleaner di campur premium di tangki? Saya memakai Carbu clean merek STP hanya sesuai dengan petunjuk, yaitu di carbu saja, tidak di tempat yang lain. Motor aman selama ini dan sudah berjalan 30rb KM.
    Terima kasih sebelumnya atas pencerahan dari suhu-suhu sekalian

  8. Numpang nnya nih gan sya pernah masukin carbon cleaner kya gtu ke manifol yang ke ruang bakar,saya pernah masukin tpi sedikit,gmna tuh menurut agan” berefek ga pada mesin saya?? # motor ane vario110cc karbu

  9. saya sering semprotin carbu cleaner lwwat lubang busi, cuma kondisi agak hangat, dan itu gak banyakk sedikit aja

Ketik Komentar Anda