Berawal dari pengalaman pribadi, kang ari coba kasih info sederhana buat kang bro. Pada saat kang ari masukin anak kunci kontak motor kok tidak seperti biasanya tersa sedikit seret,semacam ada yang ganjel saat masukin anak kuncinya. Ono opo yo…..?

Kemudian kang ari coba cari2 kenapa sebabnya kok tumben banget biasanya lancar2 saja masukin anak kunci kontak sekarang jadi seret, setelah kang ari cari ternyata ada yang aneh di anak kuncinya di area gerigi anak kunci ada semacam bercak. Lihat gambar dibawah ini,

P1060466P1060464

Pada gambar diatas terlihat jelas ada bercak2 seperti gejala2 besi yang akan karatan, tapi jangan khawatir dulu soal karat karena bahan anak kunci yang stanles steel tidak akan bisa karat tapi bisa seret jika kondisi seperti gambar diatas. Lalu apa penyebabnya kunci kontak bisa seret ?Kang ari akan coba ulas. Kemungkinan penyebabnya adalah pada saat cuci motor ada sabun yang tersisa didalam rumah anak kunci kontak sehingga rumah anak kunci yang terdiri dari sel2 kecil jadi seret. Jadi saat cuci motor diusahakan smart key ditutup sehingga air sabun tidak bisa masuk ke lubang anak kunci kontak.

key2

Selain itu bisa juga karena faktor umur kunci kontak yang memang sudah uzur. Salah satu penyebab lainnya adalah anak kunci selalu dalam kondisi tergantung terus dikunci kontak terutama pada saat parkir dirumah, apalagi motor jarang dipakai dan anak kunci selalu tergantung di kunci kontak tidak diambil karena jika anak kunci tertancap terus dalam kondisi yang sangat lama maka akan timbul bercak/bekas seperti karat karena pada saat pagi hari udara sangat dingin dan udara pagi hari menimbulkan embun disekitar ruangan/tempat kita, lihat saja tembok depan rumah dan dedaunan di pagi hari pasti berembun terutama daerah pegunungan.

download

Anak kunci bengkok juga bisa menyebabkan seret karena sel2 kunci kontak jadi rusak penyebabnya saat anak kunci yang bengkok dimasukkan ke lubang kunci kontak sel2nya terjadi pergeseran karena gesekan/tekanan miring yang berlebih dari kebengkokkan anak kunci.

lbagjtmycl5gza7v1zjyxg0zakj8v0g1

Faktor yang terakhir karena sering terkena air hujan apalagi jika sering parkir diluar ruangan, karena air hujan dan air sangat mudah menimbulkan karat pada besi jika didiamkan saja dalam jangka panjang pasti akan karat. Kejadian justru leboh sering menimpa tutup tangki motor sport.

Agar kunci kontak selalu dalam kondisi fit kang ari anjurkan untuk menyemprot pelumas seperti WD di lubang kunci kontak agar sel2 kunci kontak dalam keadaan basah oleh pelumas jadi anak kunci selalu lancar dan kunci kontakpun jadi awet. Jika anak kunci bengkok segera luruskan kembali agar sel2 kunci kontak tidak rusak.

P1060471

Smart key selalu kondisi tertutup saat diparkir terutama parkir diluar rungan dan saat motor dicuci.

images (2)

Monggo ditambahin…

19 KOMENTAR

  1. Menurut ane lebih bagus secara berkala pake chainlube atau oli yang masih baru.
    karena wd itu penetran, takutnya malah ada bagian yang cepet aus

  2. Pakai minyak goreng lebih efektif menurut saya, karena unsur kimia minyak goreng ga sekeras chainlube. Jadinya tetap licin dan lebih awet untuk kontak kunci πŸ™‚

    Temen saya malah kasih madu di lubang kontak nya πŸ˜€

  3. Om Ari….
    saran ane sich jangan WD patangpuluh (untuk pelumasan berkala),….soalnya wd xx ada penetrating agent_nya buat ngecrack antar muka logam yang macet akibat galvanic efect,….jadi cukup pertama aja pas macet (kalo terlalu sering malah bikin cepet aus),…..selanjutnya bisa seperti yg om Ardiantoyugo menggunakan ChainLube ato Oli baru…..

    BTW….
    yg di rumah ane kalo kurang pelumas juga kelewat seret lho……wkwkwkkkkkk…..kabor ahhhhh…. πŸ˜€

  4. Terus gan, kalo rumah kuncinya kemasukan sabun saat dicuci, gimana ngebenerinnya ? Soalnya motor ane sekarang lagi agak seret saat puter kunci gara gara kemaren cuci motor. Tolong balas Gan ??

Ketik Komentar Anda