RIDING ECO MIO M3 (2)

Banyak yang beranggapan kalau naik Mio M3 125 mesti sering ngelirik sinyal ECO agar kita tahu apakah kita sedang riding dengan gaya ECO Riding. Tapi setalah saya tiga hari ini bawa Mio M3 125 anggapan itu bisa ditepis, kenapa ?. Lampu sinya ECO akan nyala kita motor berjalan antara 20-60kpj dengan perlakuan buka dan tutup gas dengan halus tanpa hentakan alias bejek gas mesti diurut.

eco mio

Lalu apakah kita susah riding dengan gaya ECO Riding yang tentunya akan menghemat konsumsi bahan bakar, ternyata kita tidak perlu sering ngelirik sinyal ECO ini, kita tetap bisa penglihatan kita berkonsentrasi melihat kedepan karena lampu sinyal ECO ini nyala lampunya terang meski disiang hari apalagi jika kita sudah terbiasa maka lampu sinya ini nggak akan hilang dari pandangan mata dengan catatan seperti yang akan saya jabarkan dibawah ini.

RIDING ECO MIO M3 (1)

Lihat gambar diatas, ketika riding dengan helm half face maka luas pandang mata sangat luas hampir seperti tidak memakai helm. Ketika kita riding dengan helm face maka pandangan mata akan tetap bisa melihat dengan jelas panel speedometer jadi ketika lampu sinyal ECO menyala mata kita tetap bisa melihat nyala lampu ECO. Jadi jangan terpaku kalau kita harus sering melirik lampu ECO, lach kalau sedikit-dikit nengokin lampu ECO leher bisa pegel rek… jadi gunakan luas pandangan mata kita untuk memanfaatkan berjalan bergaya ECO Riding. Dan saat kita riding tetap berkonsentrasi  berpandangan kedepan, sinyal ECO tetap fungsional dan tidak mengganggu konsentrasi.

Lihat gambar dibawah ini, merupakan gambaran luas pandangan mata ketika memakai helm half face. Panel speedometer masih terlihat jelas.

RIDING ECO MIO M3 (4)

Kalau sudah terbiasa maka kita nggak akan terpaku harus sering melirik lampu ECO apakah dalam keadaan nyala atau tidak.

RIDING ECO MIO M3 (3)

Namun sangat berbeda ketika kita riding memakai helm full face, bisa dilihat dari gambar diatas. Luas pandangan mata kita terhalang dengan moncong helm didepan mulut kita alhasil kita nggak bisa melihat panel speedometer. Kondisi ini memaksakan kita bukan hanya melirik tapi harus menengok untuk melihat panel speedometer terutama melihat lampu sinyal ECO.

Namun kalau kita sudah terbiasa berjalan dengan gaya ECO Riding maka semakin lama tanpa harus melirik, menengok melihat lampu sinyal kita sudah bisa merasakan apakah kita berjalan dalam kondisi ECO Riding atau tidak meskipun pakai helm full face skalipun.

Monggo yang mau ikut berbagi pengalaman berjalan dengan ECO Riding.

1 KOMENTAR

  1. awal punya m3 emang jadi pengen riding eco style terus… tapi setelah sebulan lebih pemakain jadi terabaikan… jangan hanya kejar irit safety diabaikan broo… masak mo nyalip tapi ngegass woles ae.. soo mo irit.. lihat kondisi jalan dulu dehh…

  2. awal ane pemakaian m3 emang pengen eco style terus… tapi setelah sebulan pemakaian jadi terbaikan… jangan ngejar irit tapi safety terabaikan broo.. masak mo nyalip ngegass woles ae.. so mo irit lihat sikon jalan dehh…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini