RADIATOR VIXION (2)

Radiator sangat berperan penting dalam proses menurunkan dan menstabilkan kondisi suhu mesin, jika suhu mesin terlalu panas maka akan berakibat over heating dan part2 yang bergesekan seperti piston rawan aus. Untuk motor sport sekarang sebagian besar sudah memakai radiator bahkan moped dan matic pun sudah banyak yang pakai piranti ini, radiator menjadi salah satu alat fital saat kena macet, saat kejebak macet mesin dipaksa dalam kondisi nyala terus tanpa ada pendinginan dari laju angin seperti saat motor melaju sehingga salah satunya pendingin selain oli mesin yang berperan penting ya cuma radiator.

Fungsi Radiator bisa bekerja dengan baik karena adanya pompa radiator yang bekerja mengalirkan/memutar air radiator agar bersirkulasi dengan baik, selain pompa radiator ada juga kipas radiator sebagai pendingin air radiator, air radiator yang dipompa berputar naik turun memutari mesin tidak bisa berfungsi sebagai pendingin jika tidak didingankan suhunya oleh kipas radiator dan hembusan angin saat motor berjalan. Jadi suhu air radiator bisa stabil karena adanya faktor hembusan angin saat motor berjalan dan hembusan angin dari kipas radiator, jadi saat kejebak macet kipas radiator menjadi piranti yang sangat penting.

Lalu bagaimana kalau kipas radiator macet ? ya pasti suhu air raditor tidak stabil mesin bisa over heat jika didiamkan terlalu lama. Oleh karena itu kipas radiator harus selalu rutin dicek terutama dari kebersihan radiator dan kipasnya karena kipas radiator bisa macet lebih besar karena faktor kondisi radiator penuh kotoran terutama motor sport yang memakai fairing, kok fairing ? jika fairing itu berasal dari bawaan motor seperti R15, CBR150R sudah dirancang dengan baik oleh pihak pabrikan agar fairing tidak mengganggu piranti di motor beda dengan fairing jadi jadian seperti motor naked layaknya vixion atau CB150R yang dipasang fairing sendiri bisa menyebabkan kipas radiator macet, ini buktinya…

VIXION FAIRING (8)

Fairing menutupi radiator alhasil saat motor hujan2an, becek2an bahkan menerjang banjir berakibat radiator menjadi kotor karena radiator tertutup fairing maka saat motor dicuci radiator luput dari pembersihan, semakin lama kotoran semakin menumpuk hasilnya putaran radiator terganggu oleh kotoran dan semakin lama kipas jadi macet bahkan ada yang meleleh seperti gambar dibawah ini.

1497723_612102742188344_308162534_n

Berikut ini hasil jepretan kipas radiator macet karena kotoran menumpuk di radiator,

Jika kipas radiator macet maka suhu air radiator semakin panas hasilnya air raditor menyusut karena mendidih dan semakinlama air radiator akan habis mengakibatkan mesin jadi over heat. Ini contoh air radiator habis tersisa sekitar 300cc dari 830cc kondisi normal untuk motor vixion.

RADIATOR VIXION (3)

Mau pakai fairing…? lihat sisi negatifnya dan perhatikan selalu agar tidak jadi boomerang.

Ini sedikit tips dari kang ari untuk merawat radiator tetap fits :

1.Ganti air radiator maksimal 9ribu km atau setiap 6bulan sekali.

2.Setelah diajak hujan-hujanan ( lewat kubangan ) segera cuci motor pastikan radiator bersih terutama bagian belakang yang ada kipasnya.

3.Jika pakai pelindung radiator pastikan pelindung itu tidak merusak dan menghambat laju kipas radiator, pelindung radiator lebih mudah menimbun kotoran dikisi2 radiator.

radiator (3) radiator (1)

4.Untuk motor yang pakai fairing, saat nyuci motor sering melupakan posisi raditor karena susah dijangkau terhalang oleh fairing. Pastikan kondisi radiator bagian belakang tetap bersih jangan hanya dilihat bagian depan saja.

5,Tidak usah pakai fairing kalau cuma buat gaya2an tanpa melihat safety buat motor.

Advertisements

43 KOMENTAR

  1. ih ngeri kali kang ari apalagi sekarang saya pake fairing motor saya NVL
    jadi takut pake fairing nih mending di lepas aja kali ya kang ?
    btw menurut kang ari pake cover radiator apa jangan kang ? soalnya saya belum pake nih

    • yg penting tu fairing jgn ngalangin hembusan angin ke radiator mas.. pelindung radiator sekarang malah lebih mentingin visual daripada fungsi, banyak yg malah ngalangin hembusan angin ke radiator kayak gambar diatas. coba liat pelindung radiator di ninja rr mas, simple tp fungsi maximal.

    • Fairing blh2 sj asal perhatikan kondisi radiator dan part lain akibat pasang fairing. Ato dua minggu/sebulan sekali lepas fairing untuk bersihkan rongga2 yg ketutup fairing trutama radiator,
      Klo cover radiator saran sy nggak usah, mengganggu /manahan hembusan angin, dan bikin kotoran jadi numpuk

    • kurang sependapat gan. temen saya cowok metroseksual sangat merhatiin kebersihan dan kerapihan diri, tapi mobil dan motornya bersih d luar daleman kyk sarang tikus. gak ngerti mesin katanya.. dikit2 bengkel mulu.

  2. paling jos pake big air shroud vixion SE, pas kipas muter, angin ngalir dari kanan ke kiri lewat lubang air shroud,
    tampilan cakep, safety jga

  3. Jadi hilang minat buat pasang Half Fairing / Full nya . Tadinya mah pengen bgt eh gk taunya begini toh :&
    Thx agan aripitstop udh mau ngeshare, bermanfaat bgr nih

  4. kang ari kalo bagian belakang radiator kan ada kipas n kabel2nya, kalo dibersihin pakai air, emang ga bakal konslet tuh kan ada kabel2nya?

  5. yg buat kipas radiator meleh memang betul dr cover radiator it sendri karna bentuk nya yg menutupi kisi2 radiator, kalau di vixion mendingan pakai aksesoris cover radiator asli yamaha yg dr bentuk dan fungsi nya sangat profesional, yg ke 2 kotoran yg msk ke radiator it bsa msk karna dri slabor depan yg tidak standard sehinga kotoran mudah nyiprat ke radiator saat hujan atau melewati kubangan, klau unk fairing yg ideal unk di pakai pkai fairing standard pasti aman bkan yg full fairing sprti mdel r15 atau model cbr yg kw 2 karena bisa menghalang i sirkulasi udara yg msk ke radiator. mudah2 an membantu

  6. Izin menambahkan . Bisa juga menyebabkan radiator jebol dan air radiator mengucur deras ke luar apabila Radiator dan kipas tidak di. Bersihkan terlalu lama. Saya pernah bereksperimen dgn hal itu (memang disengaja). Dan hal yg sperti diatas terjadi. Mulai dari kipas melelh hingga radiator jebol.

  7. kalo itu dasar yg punya motor nya aja yg ceoboh, sama masabodo amam motor,..
    pergi kerja, pulang tidur, motor kotor anter tukang cuci,.. ngadat anter ke BERES,..
    beres kan, !!!!??
    Merasa pake Fairing secara logika kita berpikir meski di bawa tukang cuci motor pasti banyak bagian yg tidak terjangkau, setidaknya ya.. sebulan, 2 bulan sekali, yg mana yg ga kejangkau tukang cuci ya di bersihin sendiri. kalo itu mah Bang Roma bilang TERRRLALU…!!!!
    Bini aja kalo di bawa kesalon terus juga tetep aja ada yg kotor,>>>> hahahahahaaa

  8. Omm, maaf ane Newbie. Br ambil k45. Bth pencerahan cara kerja radiator. kipasnya auto On saat mesin idup ato cm pas mesin panas?? Kasus ane br manasin pagi2, blm semenit jg mesin udah panas.. Waktu mesin nyala ane cek kipas jg ga muter.. Mhn sharing solusinya, matur nuwun.

    • Kipas radiator akan nyala saat suhu mesin 100derajat c. Jadi kipas radiator jarang nyala saat riding kecuali kena macet parah. Krn saat riding air radiator dpt bantuan pendinginan dari hembusan angin

  9. Mas.motor saya ini honda magna thn 1990.masalahnya klw saya bawa jalan 5 menit aja panas dan tak mau hidup.mesti nunggu dingin dulu mesin nya.tapi sudah pakai pendingin.mohon solusinya.
    Nm.mhd.eli arief.hulu.jln.kap.muslim.gg.jawa.lb.no.13.sumatra utara

    • kemungkinan itu problem di spull, gejala spul sudah lemah kalau jalan motor sudah panas motor jadi mati kemudian setelah dingin motor hidup lagi dan kejadian ini berulang ulang. saya sarankan cek spul-nya

  10. Masa’ sihhh air radiator dari 830cc jd bisa 300cc…? Emang tutup radiatornya di buka sambil jalan ya makanya menguap hahahhahaa… vixion saya mulai beli tahun 2007 keluaran pertama 3 tahun sekali ganti air radiaor kyknya gk ada berkurang tuhhh…
    Periksa dulu radiatornya mana tau ada bocor bro…!!!

Ketik Komentar Anda