mio gt (5)

Sudah banyak artikel tentang kehabisan oli mesin, sebagian besar oli mesin bisa habis karena faktor kelalaian pribadi alias faktor kurang perawatan.

Rata2 pabrikan mengklaim oli mesin bisa tembus sampai 3ribu km tapi demi keamanan dan jaga2 agar motor kita tetap fit dan nyaman saat dipakai saya anjurkan jangan sampai 2ribu km. Saya sendiri sebagai mekanik abal2 mengganti oli mesin maksimal 1.000 km, di kilometer seribu tarikan motor sudah berkurang. Disini saya bukan menjelek2kan produk oli yang bisa tahan sampai 10.000km, bayangkan motor sampeyan sampai 10ribu km nggak ganti oli mesin ? ngilu saya dengernya, mau motor yamaha, honda, suzuki dll saya jamin mesin nggak bakalan awet kalau ganti oli mesin setiap 10ribu km sekali.

byson (10)

Sekali lagi untuk urusan penggantian oli mesin baik itu merk terkenal atau oli asli dari ATPM tetap saya sarankan maksimal 2ribu km saja meskipun pihak pabrikan meng-klaim oli mesin bisa tahan sampai 3ribu km dan untuk motor yang jarang dipakai maksimal 3 bulan pemakaian meskipun motornya ngganggur, hanya untuk jaga2 agar kondisi mesin tetap awet akslerasi motor tetap moncer… lebih baik setiap bulan ambil jatah 40ribu buat ganti oli mesin daripada ngeluarin dwit sampai satu jutaan gara2 oli mesin yang harganya cuma 40ribu tapi efeknya dahsyat…!!!

Monggo lihat galeri gambar akibat kehabisan oli mesin agar sampeyan sayang sama motor… nggak ada motor aktivitas terganggu.

30 KOMENTAR

  1. Setuju, mas…dari pada kantong bolong buat bongkar mesin dan beli onderdil yag rusak… Lebih baik kasih sedikit perhatian seputar oli mesin dan sedikit waktu untuk merawat tunggangan sendiri. Sisa duit bisa buat traktir rekan-rekan di warung kopi :mrgreen:

  2. saya pake oli merk X mas, dipakai 4000km masih blm terlalu hitam. beda ama mpx yg tipu2 5000km padahal 2000km udah jelek.

  3. pakailah oli HDEO, keliatan banget oli-nya kurang bagus sampe bikin jeroan mesin banyak sludge nempel begitu. bisa gabung ke grup HDEO/PCMO on Motorcycle di facebook untuk memperbanyak referensi tentang oli HDEO 🙂

  4. Iya kang oli darahnya motor…tp klo oli dipake sampe 4000 km blm hitam itu mencurigakan.Krn setau sy oli punya sifat detergency yaitu mengikat kotoran dr gram gesekan antar metal,makanya oli yg pembersihannya bgs ya warnanya hitam stlh dpake. Klo masih bening berarti kemampuan detergency oli tsb buruk,hehehe

  5. Nice info kang,motorku kadang gak sampe 1000km dah ganti oli kang,sebulan sekali ganti maklum motor tua,itu pun oli setiap ngetap volume dah berkurang 200ml.

  6. Kang, Motor ane NVL. ane ngikutin buku servis tiap 3000km ganti oli dg oli dr beres jg. Setelah di tap kira2 oli sisa 1/2 liter doang. Kira2 ngaruh ke mesinnya gak ya?

Ketik Komentar Anda