GEAR GARDAN (1)

Info singkat saja buat kang bro biker matic motor mio lawas, fino atau mio soul mungkin info ini bisa berguna. Biar akslerasi motor mio jadi tambah nampol hanya ganti gear rasio pakai Nouvo Z.

GEAR GARDAN (3)

Motor mio kang bro kalau tenaga mulai drop dan susah dikembalikan seperti saat motor baru, bisa juga buat motor mio yang sudah bore up dan buat nambah tenaga makin nampol bisa digunakan cara ganti gear rasionya.

GEAR GARDAN (4)

Rasio di gardan motor mio 13-47-42 nach biar akslerasi nampol diganti rasio nouvo 12-47-43. Dengan komposisi 12-47-43 motor enak akslerasi ditarikan bawah sampai menengah atas atau dikisaran 0-90kpj setelah kisaran 90 kpj keatas. Rasio sebenarnya cocok buat motor yang sudah bore up, untuk motor yang sudah bore up tarikan atas bawah tidak ada jedanya, meskipun begitu untuk motor mio yang masih kondisi standar juga tidak masalah seperti yang saya pasang di motor mio soul tahun 2010 setelah tes pakai tes piling ( nggak punya race logic) akslerasi atas lebih jos dibandingkan dengan rasio standar mio.

rasio mio

Harga kedua gear rasio totalnya 458ribu, tapi dengan harga segitu tidak sia sia jika melihat hasil akslerasinya, nach… karena akslerasi lebih nampol maka bisa ngiritin konsumsi bbm juga lo…

GEAR GARDAN (2)

Advertisements

83 KOMENTAR

  1. buatin artikel kang ari tolong jelasin apa itu fungsi dari karet diafragma assy..di karbu terutama di mikuni yamaha bebek jg shogun sp..
    Di smash juga ada dudukanya namun gda karet ma lubangnya(buta)..nyari di google nihil. Trimksih sblumna

  2. Mas ari, untuk Mio Sporty 2011 kira-kira solusi tarikan bawah biar maknyus selain ganti ratio ini ada yang lainkah yang mur mer :D, plus hilangin getaran di stangnya..and rncana mau ganti ban belakang dengan 90/90 cocok Mas?

    Thanx.

    • Lebih baik pakai roller 8 gram rata merk aftermarket berbahan teflon… dan jangan lupa rumah rollernya dicoak supaya tarikan bawah tengah atas dapat juga… dan satu lagi jangan lupa pake cdi brt dual band dan koil racing tu udah mantap buat mio atau nouvo… soalnya guwa udah nyobain dimotor gue… malah vario 150cc tinggal sama mio gue

  3. kang ari, sy udh ganti rasionya niy pake nouvo, 0-80kpj pol bgt dah, tpi 80 ke atas kok berasa ngeden ya….top speed ga sampe 100, roller std 10.5. waktu pake rasio mio bisa tembus 100 lebih dikit lah….solusi nya gmn niy kang…makasi

  4. Kang saya pake velg nouvo 16″ nah biar sama kaya nouvo saya pake gear rasio nouvo juga, itu ngaruh ke kampas kopling ama mangkok cvt nya ga kaang? Saraan doong

    Thanks

  5. Kang ane udah beli rasionya yang gear gedenya bener kodenya tapi yang main axle comp kodenya 2d5-e7410-00 nah yang ane pesen 5mx-e710-10 , nah itu ada bedanya ga kang? Apa ane tuker lagi? Makasih kaang

  6. motor ane mio 150cc harian ,kalo mau akselerasi mangkat lebih cepet selain gearbox nouvo pake gearbox ukuran berapa mas? makasih

  7. kaang dulu saya pasang gear rasio mio di nouvo tapi mangkok ama kampasnya kenaa jadi ga kuat gitu. nah sekarang motor mio saya mau ganti rasio nouvo, itu harus ganti kampas ama mangkok juga gaa? takutnya nanti kaya nouvo yang dulu

    bales yaa kaang makasiih

  8. kang motor mio ane masih standar ting2 nih tapi roller nya 9gram rata trus per svty nya 1500 kira kira enak ga kalo pake gearbox nuvo?

    Balas

  9. mas mau nanya saat pertama kali Mio Soul saya mau jalan / tarikan awal di bagian gardan yg mesin dekat ban belakang itu selalu mengeluarkan bunyi seperti gear yg udah ga pas sama rumahannya itu apanya yg di ganti ya?
    klo mesin udah panas bunyi sdh hilang

    • kemungkan dari gardan atau puli belakang, klo gardan biasanya laher oblak atau gear sdh aus. klo di puli belakang bisa karena puli sudah kering atau grease habis bahkan sampai aus

  10. kalo buat soul gt ada tips nya g kang biar akselerasi enak? sya udh pake roller 8gr tp kurang puas dan top speed kurang dari 90kpj
    makasih sblmnya

  11. bang kalo motor berisik kalo di bawa kenceng kenapa ya tapi kalo di bawa pelan bunyinya ga trlalu beriisik .
    kata tmn gw si rationya bang apa bener ya?

  12. Saya udah ganti ratio nuvo baru kang, tp kenapa malah dengung ya kalo jalan diatas 40km/jam dengan kondisi gas dipanteng. Tp klo gas dibetot gak begitu dengung. Maturnuwun kang.

  13. hm tu klo mio sporti enak ngk om klo di ksih yg kyak gitu,,??

    stelah di gituin apa yg harus di ganti biar lari nya lbih mantap,,??

    mohon di blas ya kang,,<<<<<

  14. MAs Bro masih ada nggak stok gigi rasio Nouvo,, klo ada tolong di infokan dong… trus bagaimana cara mendapatkannya…

  15. kang ari kan kita udah ganti rasio mio menjadi rasio nuvo ?? supaya bagus tarikannya kita pake panbell apaan dan ukuran rollernya berapah gram kang ari .. Makasih ({}) 😀

  16. Kan mau nanya.
    Mtor ane mio 2012, dah bore up 180cc.
    Klo pkek rasio standar.a gk enak. Klo start standing mulu.
    Kira” yg enak ganti gir rasio yang ukuran brapa ya kang.

  17. Gigi 43.y ganti ppake gigi 1 rasio supra.. buat yg 13 ganti pake rasio satria hiu… cari aja ada ko yg rasio.y 10… buat masalah roller semua sama aj.. cuma beda berat.. bor aj yg asli.ypasti lbihh entengg

  18. Mas bro,mau tanya nie,kalo rasio sama puli kepunyaan fino yg karbulator di pindahin ke mio soul bisa ga ya,soal ny dulu pernah coba ganti sam fino ijek ga bisa beda di as ny punya fino yg injek lebih panjang…

  19. Halo om ari,
    Menarik sekali ulasannya.gmn jika di aplikasikan ke motor mio j,apa juga bisa?
    Trimakasih..

Ketik Komentar Anda