Test-ride-Yamaha-R15-di-Sentul-4

Yamaha YZF-R15 masih hangat diperbincangkan apalagi masih hangat juga saat prosesi tes ride baik dari motorplus yang diadu dengan CBR150fi sampai tes ride ala otomotifnet di sentul besar juga.

Nach mengejutkan dari tes ride yang dilakukan otomotifnet, saat perilisan rilis R15 pihak otomotifnet langsung jajal performa motor dan tidak ketinggalan top speednya, saat itu didapat kalau top speed R15 On speedo terpantau 133kpj di jalan raya, tapi justru hasil berbeda saat di tes di sentul besar disitu top speed On speedo berkurang jadi 130 kpj saja, lalu kemana yang 3 kpj ? hilang bak ditelan bumi…

Test-ride-Yamaha-R15-di-Sentul-2

Saat tes pertama tembus 133 kpj kondisi motor masih standar asli tanpa ada rubahan apapun sedangkan saat tes di sentul motor R15 meskipun mesin masih standar tapi bodi fairing depan nihil headlamp alias kopong bagian depannya.

r15 werdiferent (10) - Copy

 

Lihat gambar diatas, gambar pertama merupakan kondisi motor saat tes pertama kondisinya masih standar tanpa sedikit rubahan apapun sehingga dengan lekukan bodi fairing depan angin yang bertabrakan dengan fairing diarahkan kesamping dan keatas tanpa ada hambatan. Berbeda dengan kondisi motor saat tes ride kedua motor R15 ditrondolin bahkan headlamp dilepas, headlampΒ yang dilepas membuat hambatan angin tidak mulus terbelah. Sehingga terjadi turbulensi di balik fairing sangat terasa karena angin langsung masuk lewat lubang lampu. Makanya saat balapan tidak ada motor yang depannya bolong yang ada headlamp dilepas diganti cover untuk menutupi lubang lampu, atau kebanyakan motor bebek balap bagian batok lampu diganti dengan batok buta tujuannya sama agar arah angin bisa diarahkan keluar tanpa terjadi turbulensi.

Karena faktor turbulensi udara dibalik fairing makanya top speed R15 jadi berkurang… arah angin tidak teratur karena headlamp yang dilepas.

1 KOMENTAR

  1. ora po2
    mayan

    lha kmaren ada yg oprek spedometer
    PR nya klaim tembus 151 kpj tapi nyatanya cuma 120 kpj an !! ora pokro ..hhahaha

  2. ah masak to mas bukanya malah tambah bagus ya bolong itu . setau ane yg ga bagus itu kalo datar . pie ya . pokoke kayak depan e kasih papan tulis . palang gitu lah itu hambatan gede kalo yang kayak gitu kayake ga lah masih bagus . cuman perubahan lampu aja 3 km jam kok ngeri . hambatan setau ane kalo speed rendah efek nya cuman dikit . .

    • motor drag bukan nonjolin top speed. yg penting tarikan awal langsung melesat udah jadi bekal.
      tau drag motor ducati VS mio?
      gausah dibahas juga top speed jauuuuuuuhhh tinggian ducati.
      tapi yg menang mio.
      paham gak? πŸ˜€

  3. lha kan niatnya lepas headlamp itu utk nurunin bobot jg kan,
    otomatis scara PtWR sbnarnya itu mnguntungkan
    headlamp dobel, lepas spion dan atau sein
    itu pnurunan bobot bsa up to 1 kg
    ya cukup utk nambal kekurangan dari aspek aerodinamis sbgmn dibahas
    atau mungkin salah ketik lagi
    Atau jangan2 angka 133 dulu cmn asumsi saja,.
    trlanjur dgmbar gmbor jadi pas ada pnurunan
    ktauan ngibulnya sbesar 3 km/h

Ketik Komentar Anda