byson (10)

Artikel terjadwal karena yang punya warung lagi berebut tiket ke jepang, disinyalir warung jadi agak sepi apalagi hari ini tidak bisa mantengin peluncuran kawasaki Z250SL. Harap dimaklum saya lagi rebutan tiket jepang nich… pasti pada bingung kenapa saya rebutan tiket ke jepang ? sak karepmu.

Saya akan sedikit bercerita atau berbagi pengalaman seperti yang dialami konsumen saya. Tepatnya saya kedatangan biker byson, motor tersebut datang ke bengkel mogok bisa dilihat dari kejauhan karena motor didorong menuju bengkel. Belum sampai depan bengkel saya coba samperin sembari bantu karena terlihat capek pemilik byson mogok mogok dorong, mungkin dorongnya jauh.

Konsumen menceritakan saat perjalanan tiba2 motornya mogok dan seminggu sebelumnya motornya terdengar suara nglitik atau berisik. Saya cek busi ada apinya, bensin juga penuh kemudian coba cek kompresi pakai cara manual alias ilmu kanuragan jempol ajaib, ujung jari jempol menutupi lubang busi untuk mengecek kondisi kompresi motor. Setelah kick starter diengkol..”jebles-jebles” jempol tidak ada ledakan tandanya kompresi ngempos nich.

byson (11)

Kebetulan konsumen minta ganti oli juga karena sudah lama tidak ganti oli sekalian service ringan, ya sudahlah motor diservice dulu bersihkan karburator dan lain2 sesuai prosedur service kemudian buka baut oli, eiiiiiii…….ttttttt baut dilepas ternyata oli mesin cuma netes tidak ngalir seperti kondisi normal, ternyata oli mesin habis. Pantesan kompresi hilang dan bisa dipastikan kondisi piston aus. Kemudian saya konfirmasi ke konsumen kalau oli mesin habis, kok bisa ? saya coba gali info sejarah service motor byson ini. Motor setiap hari dipakai rata2 90km sehari dipakai oleh anaknya buat kerja tapi tidak tahu apakah service dan ganti oli mesin diganti teratur, waduch….!!! sama motor sendiri saja tidak tahu riwayat servicenya, ternyata anaknya teledor tidak rutin ganti oli sesuai anjuran dan setelah diinget sama konsumen…penuturan anaknya terakhir ganti oli kira2 empat bulan yang lalu.

byson (8)

Ganti oli mesin sampai empat bulan lamanya dan setiap hari dipakai rata 90km sehari beraerti sebulan bisa 2.700km dan jika empat bulan maka hampir sepuluh ribu km baru ganti oli mesin. Saya acungi jempol…! sepuluh ribu km baru ganti oli mesin. Maksimal penggantian oli mesin setiap 3ribu km atau malah lebih baik setiap 1.500 km saja atau maksimal dua bulan sekali jika motor jarang dipakai.

Intinya kita harus selalu cek kondisi motor terutama kondisi oli mesin, lebih baik mencegah daripada mengobati… seperti motor byson ini, kondisi piston aus, cylinder baret, noken as aus, pelatuk klep sampai macet ganti klep juga. Di estimasi total habis 1,1 juta sudah total termasuk jasa service besar.

byson (6)
Pelatuk klep sudah pakai roler rocker arm seperti motor R15. Jika tidak ada pelumasan maka bearing rocker arm akan hancir dan alhasil macet, noken as jadi aus.
byson (9)
Lihat kondisi filter oli tampak hitam pekat karena oli mesin habis dan filter oli jadi menyaring kotoran part2 yang aus
byson (4)
Tampak bearing pelatuknya sudah tidak beraturan
byson (7)
Piston jadi baret dan harus korter naik ukuran 50
byson (5)
Tuch lihat permukaan rocker arm aus/peang karena bearing macet dan gesekan ke noken as jadi berlebih.

 

34 KOMENTAR

  1. baru tahu Byson pake roller rocker arm. dan sebenarnya oke juga mesinnya.

    bentar lagi pst djual buat beli motor merk lain, terus cerita ke teman2 mengenai kejelekan motor lama (menurutnya). hadeh. kok msh banyak konsumen kyk gini. dan sepertinya kebanyakan adalah konsumen Yamaha, apa jangan2 konsumen Honda adalah mantan konsumen Yamaha yg sudah “pengalaman” kayak d atas??

    • enggak mesti ah mas . ada juga yg dari kawasaki pindah honda atau yamaha tapi kalo sampe bilang mantan motor jelek hajar aja lha wong di rawat aja enggak . mau ganti motor ducati aprillia kalo maintenance jelek rontok mesin 😐 . motor itu gimana cara ngerawat nya bukan merk nya atau apa lah

    • gak lah…
      motor tua saya masih OK kok… sempet kehabisan oli samping gak sampe macet. emang bikin berisik sih tapi itu normal kok masih dihajar 3 taon lg menempuh 70km perhari.

      baru kemaren di korter 100, ganti CDI, karbu PE, koil Kitaco, bla bla bla…
      buat balap om…

      :mrgreen:

  2. kajdian sprti ini kadang pemilik mtor nya bilang.. Merk bunga” nma smaran.. Jelek.. Padahal si pemilik motor nya yg jelek cra ngerwat motor.. Wlw motor sebagus apapun klo ngerwatny ky gni mah bakal cepet ancurr.. Jd perhtian untuk semua pra biker.. Jgn hnya make nya az.. Perwtan ny jg hrus di prhtikan. Tewewewwww..

  3. kaya bocah pake mio kemren nih, kamplengin aja pake manualbook…

    tapi masih ada kok sampe sekrang yang berfikiran ganti oli 2-3 bulan sekali aja, yang penting service…gituh…

    kayak om saya, pegangannya supra x…

  4. Walah2 yang kemarin anak muda sekarang yang udah kerja pun bisa lalai ckckck 🙁

    Btw mau ke jepang ya…
    Jangan-jangan mau debut jadi bintang J*V 🙂
    kabooor sebelum yang punya warung dateng… 😀 😀 😀

  5. om ari.
    kalo speedo masih nyala,jangan pernah lupa mengingatkan customer,setelah pulang,tulis angka kilometer di spedometer di kalender,biar selalu ingat,kapan dan brapa km olie terakhir kali diganti.
    (pelajaran dari bapaku,yg sampai sekarang masih merawat honda gl-max edisi tahun 1985).

  6. ternyata msh byk manusia yg tdk memperhatikan cara merawat mtrnya,ganti oli boleh telat tp mbok y di cek ketinggian oli mesin.
    kl ada FBH garis keras mampir pst komen “fby ternyata pekok2 ya?”
    hahahaha…just kiding

  7. motor sport kalah sama motor bebek? wkwkwkwk… malu! Pantas sih, cuman 5 speed single cam. Mending kalian semua beli CB150R saja, motor lelaki teknologi sport sejati, 6 speed, DOHC, DNA MotoGP asli, gak bakalan kalah kalau cuma sama bebek mah… 🙂

    • yakin om ?,, coba tu motor cebong oli nya gak di ganti selama 9000an KM juga ,, apakah tu motor mesin nya tetep bagus atau malah sama ancur nya kayak motor B—n diatas !!!..

  8. sadis itu mas,pengalaman saya setiap ganti oli tripmeter saya set ke nol biar tau sudah berapa km oli bekerja ga repot inget2 kapan ganti oli

  9. Saya punya Pengalaman yg mirip, ceritanya byson saya ganti oli sendiri di rmh pk merk c@5trol, oli diganti rutin tiap 1000km ato sekitar 2 bln. Pas bln kmrn pas 1200an km sy buka tutup oli, n trnyata isinya cm sisa 1/2 botol aja ato sktr 500ml..kok bisa gitu ya mas?

  10. tiket ke jepang? saya nebak nih, kang ari lagi ikut lomba mekanik yamaha tingkat nasional !
    doain sukses yuk !

  11. bison ane umurnya 2.5 taon sudah ngebuul putih,,,,…kemaren kolter liner naik 50….seher ring sil klep sir klep packing dlll ganti baru smua.
    tapi sekrang masih keluar asap walaupun cuma dikit….wajarkah.
    kata orang bengkel ntar tungguin 2~3 hari asap juga ilang.

  12. nice post min!
    kebo ane alhamdulillah dah 3 tahun masih oke punya, servis berkala + ganti oli alhamdulilah gak pernah lewat meskipun pakenya oli standart yamaha (yamalube) tapi slalu ane ganti /1500Km sekali, setiap keluar dr bengkel ane slalu reset kilometer trip nya jadi nol lagi dan kembali lagi jika sudah mendekati angka 1500 😀
    mesin2 sampe saat ni masih standarant aja tuh, gak perlu diganti2 yg penting perawatannya teratur

    buat ane kebo ane dah kayak bini ke 2 😀

  13. Mas saya dah ganti blok seher …seher jga truss masih ngebul mas…truss di bongkar lg .ganti botol klep ny masih ngebul jga …itu paa ny y mas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini