arm nouvo (1)

Motor fino yang satu ini tampak beda dengan roda belakangnya… yup telah terpasang arm. Motor matic Yamaha yang pakai arm hanya ada di motor nouvo dan xeon saja. Kali ini ada yang beda tampak motor milik mekanik saya, sedikit kaget lawong kemarin belum dipasang paginya sudah nongol kaki baru.

arm nouvo (3)
Untuk pasang arm seperti ini bias subtitusi pakai arm nouvo, mudah karena PNP. Bentuk crankcase sama antara nouvo dengan varian matic mio lawas sampai mio smile dan fino karburator jadi mudah untuk saling subtitusi. Makanya arm nouvo ini bias mudah terpasang dan PNP kok cukup modal 600ribuan sudah terpasang.
Memang kadang timbul pertanyaan di benak kita motor matic yang roda belakangnya hanya bersandar pada as roda belakang tanpa penyangga arm dan kalau ar rodanya patah gimana ? pasti jomplang motornya, tapi selama saya kerja di bengkel hamper 10 tahun belum pernah sekalipun mergokin atau datang konsumen yang ngeluh patah as rodanya. Memang pernah dengar dari teman sesama bengkel kalau nemuin motor matic patah as roda belakangnya tapi itupun motor yang sudah berumur tua.
Balik lagi ke motor fino ini, karena arm ini bisa subtitusi dan pemasangan PNP punya motor nouvo maka tidak usah pusing2 tinggal siapkan saja arm nouvo beserta as roda belakang nouvo, bearing dan bos armnya untuk lebih jelas sudah saya estimasi semua part yang diperlukan jika kang bro mau pasang arm nouvo ini ke motor mio atau fino.

arm
Untuk proses pemasangannya, langkah awal ganti as roda belakang mio diganti as roda milik nouvo dengan melepas cvt dan gear boxnya. Jika as roda sudah terpasang lanjut pasang arm nouvonya. Tapi jika knalpot nya tetap pakai asli mio maka perlu sedikit rubahan di knalpotnya agar tidak mentok dengan arm jika pakai knalpot racing lebih mudah lagi karena hanya tambahin plat dudukan knalpot saja.
Siapa yang mau pasang….? Bias jadi pakai sokbreker dua seperti nouvo tapi harus bikin dudukan sok di rangka, agak ribet.

31 KOMENTAR

  1. kang, apa arm xeon bisa PNP juga? kurang sreg sama arm nouvo. Lebih suka arm xeon + knalpot ori xeon… tapi niat pasang di Soul GT AKS 2017… Gmana kang kira kira?

Ketik Komentar Anda