klep (1)

Kemarin kebetulan dapat konsumen biker motor vixion, datang ke bengkel mau service dengan keluhan kalau motornya timbul suara nglitik. Setelah saya dengarkan ternyata motor memang mengeluarkan suara nglitik dan sumbernya dari sekitar cylinder head.

vixion nglitik (1)

Konsumen saya sarankan untuk service dan pengecekan celah klep atau setel kerenggangan celah klep karena suara nglitik tersangka utama dari celah klep yang longgar. Motor saatnya dapat jatah antrian service motor-pun dibongkar radiatornya kemudian lepas tutup cover cylinder headnya. Kemudian di cek kelonggaran klepnya setelah di cek ternyata klep sudah longgar maka di celah klep di setel ulang dalam kondisi standar lagi, saya setel klep IN 12mm dan Klep EX 16mm itu ukuran standar.

Sudah saya setel klepnya kemudian semua dirakit lagi termasuk radiator lalu motor coba dihidupkan ternyata suara nglitik masih ada meskipun sudah berkurang. Hmhmhm…mulai pusing kalau begini. Dipikir2 sampai habisin kopi lima gelas kemudian motor dibongkar lagi. Jadi inget kasus yang dulu pernah saya bahas disini…:

Vixion Nglitik… Nich Penyakitnya

Pelatuk klep saya bongkar kemudian saya cek kondisi pelatuk klep masih bagus, kemudian mengarah ke kondisi klep, lach ternyata kondisi ujung batang klep sudah aus, bahkan semua klepnya diujung batang klep sudah cekung makanya saat mesin berputar dan pelatuk klep saat mendorong klep tidak beraturan karena kondisi tinggi klep tidak sejajar. Yo wes lach… jadinya service besar bongkar cylinder head kemudian klep diganti baru.

vixion nglitik (4)

Setelah klep disekir ulang dengan klep yang baru kemudian semua dirakit kembali, tanpa basa basisemua sudah terpasang dan motor dihidupkan, bunyi mesin halus nyaris tak terdengar, xixixi…iklan isuzu panter.

klep (2)

47 KOMENTAR

  1. Mas, aq NVL aku bru aja khabisan olie.. trus ganti block, seher, dll…. tp klep ane cuma si skur biar rapet kata si dealer
    itu , udh 10 hari jlan motor ane tetep nglitik.. klo ane mau ganti klep dan per , roler roker arm dan as pelatuk, dan noken as. kira2 sampai 1 jt gk mas

  2. gan vixi ane nagalami kejadian yg sama tapi vixi ane timbul suara ngelitik lagi stelah 1 bulan , lalu ane bawa ke beres buat di stel. alhasil suara ilang jadi rada ilang, eh setelah 3 bulan suara ngelitiknya balik lagi gan , knapa ya kira” ?

  3. motor ane old vixion hbis ganti seher. blok seher tp masih aada bunyi nglitik kang. bunyi nglitik setelah mesin jalan 10 menitan. solusinys gmna ya kang. trim

  4. Bang saya mau nanyi nih..vixion old saya bunyinya kasar dibagian head cilinder ,waktu itu udah ganti tensioner,klep 4 , roker arm ,pen roker arm juga udah ganti tp bunyinya masih kasar…apa kira2 tu bang…???

    • klo cuma ganti klep mungkin sekitar 400an ribuan totalnya, tp lebih baik dibongkar dulu baru ketahuan penyakitnya

      • Mas saya bingung tentang Vixion saya. Boros iya. Terus bunyi nggelitik sudah stelan klep juga. Terus klo di diemin low idle gak bunyi gelitik pas di gas bunyi gelitik lg

        • Bisa kemungkinan bunyi dr piston set yg sudah longgar, terus klep serta pelatuk klep yg sudah aus juga pengaruh. Kalau pelatuk klep sdh aus, distel klepnya tetap aja masih bunyi

  5. Halo mas ari, aje sangat kagum dengan post mas, terimakasih sebelumnya ya mas hehehe.
    Jadi gini mas anw mau nanya, unit ane all New vixion r terus saya mau buat buangan angin nya deras mas kayak semi harian gitu, mohon petunjuk kang mas di tunggu kabarnya mas??
    Ane tinggalin no wa ane 0859 2373 6142 ??

  6. Kang motor vixion new ku awalnya ngebul trus ganti blok xabre ko suaranya lama kelamaan jadi kasar ya kang.
    Mohon pencerahannya kang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini