v-belt putus (3)

Masih banyak yang mengabaikan perawatan motor matic terutama service bagian cvt-nya. Mengabaikan atau memang tidak tahu ?

Konsumen motor matic seharusnya sudah tahu apa saja yang perlu dilakukan pada motor maticnya selain service berkala, bagian CVT penting dan harus selalu rutin dirawat meskipun hanya pengecekan saja demi menjegah kejadian hal2 yang tidak diinginkan seperti v-belt putus. Di buku service yang kita dapatkan saat beli motor baru sudah tercantu jelas jadwal perawatan berkala bukan hanya saat service gratis saja. Konsumen cenderung rajin melakukan service gratis dan setelah kartu service gratis habis selanjutnya servicenya kumat-kumatan.

v-belt putus (2)

Pihak pabrikan sudah mencetak buku panduan service bukan untuk pajangan di rumah atau jadi bahan sempinan di lemari tapi tujuaannya untuk dibaca selanjutnya isi dari buku itu dipahami dan harus dilaksanakan jika mau motornya tetap fit saat dikendarai. Pihak pabrikan sudah menyediakan pelayanan after sales, semua ATPM berlomba2 untuk mendapatkan hati konsumen. Konsumen senang pabrik juga senang, konsumen dapat pelayanan memuaskan ATPM dapat keuntungan.

v-belt putus (1)

Balik lagi ke masalah motor matic, pemakaian v-belt dari pabrikan dinjurkan maksimal antara 24ribu sampai 25ribu km tapi itu tergantung dari pemakaian dan perawatan motor tersebut, kalau motor jalannya sering dibetot nggak sampai 25ribu bahkan di 15ribu km saja sudah harus diganti, mau motor yamaha honda kawaksaki suzuki…semua tergantung si pemakai.

v-belt putus (3)

Nich contohnya motor baru 16ribu km, motor dibeli tahun 2009 silam belum pernah sekalipun service cvt hanya ganti oli yang rutin hasilnya v-belt putus. Semoga jadi pelajaran…

Akibat V-Belt Putus Karena Tidak Dirawat.

V-BELT Putus Karena Kurang Perawatan.

V-Belt Honda BeAT Wajib Ganti Maksimal 24.oooKM.

43 KOMENTAR

  1. kang ari, motor mio j aq kmrn hbs gnti vbelt,spoler, dan apa itu namanya lupa kta mekaniknya kalo gk slah namax setang as pemutar vbelt jga d ganti yg hrganya 450.000. tp stlah bres semuanya kok mtor jd getar trasa bgt d stang. apa itu penyebabnya y kang ?

  2. bkn kang,aq tiap hri mantengin blogx kang ari,tp bru x ini komen.
    btw,rumah kopling bsa d perbaiki gk y ? kalo gnti brp hrgax ?
    map bnyk tanya cz wong awam mboten ngrti tntang mtor.

  3. biasanya sih skemanya begini:
    motor rusak karena gak tahu cara rawat>dkasih tahu cara merawat yang benar, minimal baca buku manual> karena motor lama sudah pernah rusak akhirnya djual> ganti merk lain dan merawat motor baru tersebut dan berpikir motor lama mudah rusak

  4. Kalo aku sih soal v-belt putus kok biasa aja ya, maklum udah ngalamin 2x kejadian v-belt putus. πŸ˜†
    Ini soal v-beltnya ya, bukan kejadiannya. Belt putus ya tinggal ganti, ngga bahaya (mudah-mudahan). Kalo soal kejadiannya ya jelas bikin kesel. :mrgreen:

    Sedikit curcol, kejadian pertama dulu ngga lama setelah ngangkat motor seken Kymco. Akibat terlalu percaya sama sellernya alhasil 2 minggu pake v-belt putus.
    Kejadian kedua, jarak tempuh v-belt 10rb km dicek rutin masih bagus, tapi belum 20rb km (baru rencana mo ngecek) v-belt udah putus. Kedua kejadian putusnya v-belt dalam kondisi pas betot gas (biasa aja, ngga kasar betotnya). Di bengkel yg diganti ya cuma v-beltnya aja, ngga ada komponen lain yg kena. Kecuali kejadian pertama sekalian ganti roller, itu juga karna udah jelek bukan karna efek dari v-belt putus.
    Namanya barang ngga kelihatan, ngga seperti rantai pada motor “biasa” menurutku hal ini bisa dimaklumi. IMHO.

  5. hal ini yang menyebabkan ane ragu utk meminang matic (merk apapun) utk kendaraan harian.. oleh krn perhatian kudu extra lebih utk perawatan/perhatian pada komponen CVT.. dimana umumnya part ini lebih tertutup tempatnya dibanding kendaran yg bukan jenis matic….

  6. Kang biasanya kalo ane servis cvt bagian kampas ganda sama mangkoknya di cuci dengan bensin sama mekanik trus dikeringkan..itu slah apa benar kang ari?apa itu yg mengakibatkan selip?trims mas ari

Ketik Komentar Anda