Salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas, adalah kurang telitinya pemilik kendaraan memperhatikan kondisi ban yang dipakai. Terutama ketika dipakai dalam kecepatan tinggi atau jarak jauh.Berhubung ban salah satu yang sangat vital, demi kenyamanan dan keselamatan seharusnya cek dulu tekanan anginnya setiap memulai perjalanan, apakah sudah sesuai anjuran.

images (1)

Jangan anggap sepele dalam urusan merawat tekanan ban motor kang bro. Dampak terburuk yang bisa disebabkan dari kelalaian ini bisa sangat mengancam keselamatan kang bro saat berkendara. Padahal hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk sekedar melakukan pengecekan rutin terhadap tekanan ban motor yang akan ditunggangi kang bro.Jadi periksa tekanan angin ban secara teratur, jangan sampai kurang angin atau berlebihan.

ban04-Arseen

Kalau tekanan angin kurang dan kang bro sering menghantam lubang kemungkinan ban akan gampang benjol bahkan pelek bisa peang/pecah.tekanan angin yang kurang akan menyebabkan ban akan habis tidak merata di bagian sisinya bahkan pada kecepatan tinggi panas akan naik dan bisa bikin ban meletus,dindingnya hangus karena fatik (temperatur berfluktuasi), benang putus, ban pun pecah.Jika ban kempes pada saat jalan motor terasa geal-geol handling terasa susah.

P1040786

P1040788

Tekanan angin yang melampaui batas normal juga tidak dianjurkan. Banyak yang beranggapan bahwa tekanan angin ban berlebihan akan membuat motor enteng saat jalan, tetapi berbahaya saat memasuki tikungan akibat dari ban yang tidak semua permukaan menyentuh aspal. Selain itu, ban akan cepat habis di bagian tengah.Apalagi saat melewati tidur pasti tekanan balik dari sokbreker sangat terasa di pantat,pelek juga bisa gampang pecah kang bro saat kecepatan tinggi menghantam lubang.

P1040787 P1040785

Terus…berapa tekanan angin ban yang dianjurkan ? sebenarnya tekanan angin ban pada setiap motor dan tipe ban berbeda tekanan anginnya,kang ari akan kasih rata2 buat semua motor dan tipe/merk ban.Setiap tekanan angin di ban ada batas toleransinya sekitar 3 psi,untuk ban depan dianjurkan tekanan anginnya 28psi dan 30psi untuk ban belakang ,tapi jika kang bro sering berboncengan atau saat boncengan ditambahkan 1 sampai 2 psi.

images (2)

Saat pengecekan tekanan angin ban lebih baik saat kondisi motor/ban sudah dingin atau pagi hari sebelum kang bro mau jalan,karena udara mempunyai sifat memuai jika dalam kondisi panas jadi tidak ideal jika menambah angin saat kondisi ban sedang panas,tapi jika terpaksa karena ban sudah kempes banget….itu kondisi ”dangerous” haram bisa jadi halal,hehehe…

Jangan sungkan2 kang bro saat mengisi bensin di spbu sambil mengecek tekanan angin ban jika dirasa kurang pas,sekarang di setiap spbu sudah ada fasilitas tambah angin bahkan ada yang sudah menyediakan NITROGEN meskipun harus merogoh kocek lebih dalam. Semoga bermanfaat yo kang,monggo jika ada yang perlu ditanyakan atau mau ditambahkan.

images (3) pertamax7-wordpress-com-002-medium3

pizap.com13660426490941

1 KOMENTAR

  1. Oh ya Kang Ari, topik “Bahaya Cuci Motor Saat Mesin Masih Panas” ga bisa dibuka ‘page not found’ katanya. Padahal saya penasaran ngaruhnya apa, soalnya yang saya tau cuman kalo motor yang dulu kalo dicuci pas panas knalpotnya bisa berubah jadi pirang…Pengen tau ngaruhnya buat motor-motor sekarang

  2. Kalo saya biasa pake tekanan berlebih, entah kenapa kalo pake tekanan rekomendasi pabrikan jadi gak nyaman feelnya. Shock belakang di setel keras.

Ketik Komentar Anda