ktm indonesia

ARIPITSTOP.COM – Salah satu akibat dari box filter yang bolong atau bahkan sengaja dilubangi agar nafas motor bisa lebih panjang, adalah air akan mudah masuk ke ruang box filter. Tidak kita sadari ternyata akibat box filter yang bolong bisa berakibat fatal, entah itu motor bebek, sport bahkan motor matic. Air akan masuk ke box filter lalu masuk ke mesin dan akhirnya air bercampur dengan oli yang berakibat terjadi milky dan mesin lama2 bisa hancur.

Box filter udara di motor selain untuk menyaring udara agar udara bersih masuk ke ruang pembakaran dan pembakaran menjadi lebih sempurna, ternyata ada fungsi lain yaitu sebagai ruang pernafasan ruang mesin dan gardan untuk motor matic. Jika kita sering bongkar atau suka ngotak atik motor, kita akan melihat ada selang udara yang menghubungkan antara mesin menuju box filter, biasanya selang tersebut ada di tutup rantai keteng atau diatas crankcase. Selang tersebut berfungsi untuk menyalurkan udara ke ruang mesin agar tidak terjadi kehampaan di ruang mesin.

Khusus di motor matic, box filter udara selain terhubung dengan ruang mesin juga dihubungkan oleh selang udara menuju ke ruang girbok yang ada di sampig roda belakang. Jadi khusus motor matic akan ada dua selang yang masuk ke box filter udara.

Oleh karena itu box filter harus terbebas dari air, alias tidak boleh bolong. Kalau air bisa masuk ke box filter maka kemungkinan besar air itu bisa menuju ke ruang mesin atau ke gardan yang hasilnya adalah air tersebut akan bercampur dengan oli mesin atau oli gardan. Air bercampur dengan oli hasilnya milky yang membuat oli tampak seperti putih susu atau kecoklatan, oli yang sudah bercampur dengan air akan merusak mesin karena fungsi dari oli sudah hilang bahkan berubah dari melindungi menjadi merusak mesin.

Seperti yang dialami oleh bro dedy dee, motor maticnya ( yamaha mio m3) terdapat lobang yang menganga akibat gesekan karet pelindung atau karet penutup roda belakang. Karet yang penutup atau karet spakbor kolong fiter udara ini semakin lama bahannya menjadi kaku, karena karet ini naik turun mengikuti kinerja ayunan sok belakang akhirnya gesekan dengan box filter dan semakin lama box filter menjadi berlobang.

Karena bolong akhirnya air akan mudah masuk apalagi ketika hujan deras atau ketika dicuci terutama cuci steam yang memakai air bertekanan tinggi. Air masuk ke box filter udara kemudian air masuk ke selang udara yang menuju ke girbok dan hasilnya air bercampur dengan oli gardan. Serem kalau sudah kejadian air bercampur dengan oli karena suara mesin jadi kasar.

Sebenarnya jika ada air yang masuk ke ruang filter udara secara otomatis air tersebut akan terbuang melalui selang pembuangan yang biasanya terdapat di posisi paling terendah dari box filter, selang ini bentuknya lancip pipih dibagian ujung, jika selang ini sudah rusak atau bahkan tersumbat, maka air tidak bisa terbuang dan mengalir ke gardan atau mesin.

Jadi, selalu cek kondisi filter udara, jika perlu cek selalu selang pembuangan yang ada di box filter udara, seremkan kalau gardan rusak hanya akibat keteledoran kita karena kurang perawatan.

Cek juga selang pendeteksi kotoran yang berwarna transparan (lihat gambar diatas), jika ada air atau benda cair, biasanya selang tersebut akan tampak kotor, lepas selang tersebut, jika ada air atau kotoran lebih baik bongkat box filter udaranya.

5 KOMENTAR

  1. Kebanyakan gitu…Mio mending selang pernapasan gardan lebih pendek.. kebanyakan beat yg kaya gitu dan membuat Oblak as roda

Ketik Komentar Anda