ARIPITSTOP.COM – Inilah Indonesia dengan segala keunikannya, sebuah pabrikan ketika mendesain sebuah motor pasti sudah dipikirkan secara matang agar motor tersebut aman untuk dipakai, setiap detail sparepart yang digunakan sudah melalui serangkaian tes uji coba agar motor memang benar2 aman untuk dipakai. Namun banyak modifikasi yang diluar nalar tidak mengutamakan fungsi namun hanya mengedepankan visual saja yang terpenting terlihat keren terkini dan beda dari yang lain.

Para insinyur2 pabrikan sampai botak sariawan memikirkan agar kualitas motor bagus dan aman untuk dipakai tapi sampai tangan konsumen justru pemilik motor sak udele sendiri memodifikasi tanpa mengutamakan keamanan, durabilitinya… tobaaaat tenan… inilah Indonesia… velg yang merupakan alat vital saja masih diotak atik bahkan sekarang lagi marak kaki/rangka velg dipotong. tepoook jidaaat sejuta kali…

Velg motor dipotong2, masih ditambah dibor2 dilubangi… plus pakai ban cacing, lengkap sudah…

Kalau hanya untuk dipakai balap drag, memang banyak yang mengadopsi modifikasi seperti ini karena tujuan mereka agar motor semakin enteng, dan itupun hanya digunakan untuk keperluan balap drag saja yang notabene jalannya cuma lurus dan mentok2 treknya cuma 500meteran saja, lach kalau buat harian bagaimana ?.

Produsen pelek seperti PT Chemco Harapan Nusantara (CHN), pabrikan velg aftermarket merek Chemco di Indonesia menegaskan kalau modifikasi velg secara signifikan, tidak pernah direkomendasikan.

“Di pabrik, proses pembuatan velg dijaga ketat mulai pemilihan bahan baku hingga proses casting atau pencetakan. Biasanya, kalau ada sedikit ruang saja yang tidak terisi oleh bahan baku ketika pencetakan, velg itu kita anggap cacat. Sebab ruang kosong tersebut bisa mengurangi kelenturan dan daya tahan velg. Apalagi kalau dipotong hingga dibolongi. Itu pasti mengurangi kekuatan vleg secara signifikan,” yakin Chrisna Permata, Marketing PT CHN, dilansir dari motorplus.

Masukan buat yang mau modif velg jangan asal main potong dan main bor apalagi ditmabah ban cacing., dwit2 sendiri, motor milik sendiir tapi harus diperhitungkan juga durability vlegnya. Apalagi, untuk penggunaan harian. Harus lebih dipikirkan dengan matang.

Debat kusir para netizen di facebook :

  • Abdul Aziz El-Chateeb aman mah, tergantung rider. tapi kalo nanya “kekuatan” sudah pasti berkurang.
  • Rakha AlfahrizAman ah , harian , roadrace , saya pake eehehe lebih enteng
  • Bakoh Aditya Cuma segitu masih bisa. Coba buat perjalanan jauh semisal turing lintas kota lintas provinsi. Gatau dehh.. Velg kalo berputar terus menerus jadi panas. Panas kena lubang ? Derr
  • Ahmad Wahyudi Logika aja lah.. udah jelas gk aman.. Kena lubang bawa beban berat paling patah.. Gk usah dipotong lah kasian Velg nya..Gk sayang nyawa ?
  • Lajuardy Purba Mohon maaf sebelum nya kalau pencerahan saya salah.
    Pihak pabrik sudah mengatur bagaimana velg itu supaya lebih aman.dengan memberi jumlah palang yang sesuai.
    Tapi kenapa harus dipotong ?
    Kalau buat harian saya rasa itu tidak aman.
    Tapi kalau untuk kontes mungkin itu akan lebih menarik..
    Terimakasih.
  • Dzabar Malik buat kontes bagus, tapi kalo nabrak lobang kekuatannya lebih lemah dibanding sebelum dimodifikasi, mau coba coba silahkan. yg penting hati”
  • Rangga Mahardika Bicara keamanan velg ori yg dimodif, dari sisi fungsi sudah bergeser dari harian jadi untuk kontes modif. Jika dipaksakan untuk digunakan sebagai harian dengan beban yg cukup berat ditambah kontur jalanan yg banyak berlubang, jelas menambah resiko untuk si pengendara. 
  • Muchlis Nur Cahyadi Professor mikirin ampe botak buat safety rider. Eh malah dipangkas 
  • Irwan Permana ibarat kata kita punya kaki yang berjalan tanpa alas kaki.mungkin beberapa meter berjalan ya aman aman aja,tapi lama kelamaan perih juga tu kaki.seperih cintaku yang kau dustai hehehe
  • RyAn AkatZsukii aman bngt om.
    kalau buat kontes monggo kerso.kalau buat dijalan yaa mungkin kena jeglogan pikir sendiri lahhh…..
  • Bakoh Aditya Cuma segitu masih bisa. Coba buat perjalanan jauh semisal turing lintas kota lintas provinsi. Gatau dehh.. Velg kalo berputar terus menerus jadi panas. Panas kena lubang ? Derr

14 KOMENTAR

  1. kalau palangnya masih menyisakan lebih dari satu gak keren ah, kurang totalitas alaynya. coba tiap velg palangnya disisain satu aja, pasti lebih yahud. ya gak browwww

  2. Yahhhh…memank kebanyakan makan udang,jd otak.nya mirip udang,..cuiilikkk..
    Dr beberapa photo diatas,kita masih berikan aplaus broo,itu rem depan belakang masih utuh,kagak dibuang…kekeke

Ketik Komentar Anda