ktm indonesia

ARIPITSTOP.COM – Rem merupakan piranti penting yang ada di motor, tanpa ada rem maka dipastikan akan sering terjadi kecelakaan, oleh karena itu rem harus benar2 kita rawat, jangan sampai kita mendapatkan musibah hanya karena hal yang sepele.

Jika saat menginjak pedal rem belakang timbul bunyi decit atau bahkan pengereman sudah tidak pakem, coba cek kondisi kampas remnya apakah sudah habis atau masih tebal. Jika masih tebal berarti kampas rem bunyi karena kotor saja. Bukan berarti kampas rem habis setiap menginjak pedal rem timbul bunyi decit, mungkin karana kotor saja, monggo disimak cara mengecek ketebalan kampas rem belakang. Begitu juga dengan rem depan yang memiliki perlakuan yang sama dengan rem belakang.

Kalau yang terjadi seperti piringan cakram yang satu ini, sudah jelas banget ini yang punya motor nggak peduli dengan kondisi motor alias motor asal glinding saja… serem bro…

Lalu apa ciri2nya jika kampas rem tipe disck brake mulai tipis dan habis ? yang pertama saat kampas mulai tipis pasti daya cengkeram pengereman sudah berkurang, lalu akan timbul decit jika “nok” penanda kampas habis sudah bersentuhan dengan piringan. Lihat gambar dibawah ini,nok penanda kampas rem sudah tipis.

KAMPAS REM DEPAN HABIS (4)

Jika kampas rem habis, sebelum kampas rem hanya menyisakan besinya saja maka nok pada kampas rem akan bergesekan dengan piringan yang menghasilkan bunyi seperti”cring-cring” di motor bagian depan/roda. Jika sudah timbul bunyi maka segeralah kampas rem ganti baru.

KAMPAS REM DEPAN HABIS (5)

Lanjut kang bro, Cek seminggu sekali kondisi kampas rem, caranya dilihat dengan mata telanjang ketebalan kampas rem, lihat contoh gambar dibawah ini pada sisi kiri kampas rem habis tandanya besi kampas rem sudah menempel dengan piringan dan sisi kanan foto kampas rem yang masih tebal.

KAMPAS REM DEPAN HABIS (6)

Jika kang bro mau coba ganti kampas rem sendiri jangan lupa untuk bersihin area dudukan kampas remnya sebelum kampas rem yang baru dipasang, cukup disikat pakai sikat kawat atau dicuci pakai bensin bagian dalam caliper(kepala babi) agar kampas rem tetap awet dan daya cengkraman sangat baik karena kondisi kampas rem bersih, oiya…agar kampas rem awet lakukan pembersihan area kampas rem sebulan sekali, kondisi sil kaliper juga awet karena piston caliper selalu bersih dan sil tidak mudah sobek/bocor karena adanya kotoran yang nyelip.

KAMPAS REM DEPAN HABIS (1)

Lalu bagaimana cara mengecek ketebalan kampas rem tromol ?, di tutup tromol roda belakang ada indikator keausan terdiri dari plat indikator dan dua tanda garis ketebalan kampas rem di tutup tromol, garis pertama tanda kampas sudah habis( lihat gambar dibawah) tanda yang kedua kampas rem masih tebal. injak pedal rem belakang kemudian lihat posisi indikator keausan dalam posisi pedal rem masih diinjak.

  1. Jika posisi indikator keausan menunjukkan garis didepan atau garis pertama maka kondisi kampas rem masih tebal, jika posisi indikator keausan berada ditengah2 antara kedua garis maka keausan kampas rem masih 50% saja. Lihat gambar dibawah contoh kampas rem masih tebal.

kampas rem belakang (4)

  1. Jika indikator keausan berada di garis paling belakang maka kondisi kampas rem sudah habis atau tipis, saatnya diganti baru. Lihat gambar dibawah contoh kondisi kampas rem sudah hampir habis. Biasanya sudah timbul decit saat injak rem.

kampas rem belakang (3)

Kampas rem tromol ( brake shoe ) saat dibongkar seperti masih tebal jika dilihat secara kasat mata, padahal kampas remnya sudah tipis dan jika dibiarkan maka kondisi tromol yang akan semakin aus. Lihat gambar dibawah ini, ini adalah kondisi kampas rem yang sudah habis tapi sepatu kampas rem masih terlihat tebal.

kampas rem belakang (2)

Sudah tahu to… cara mengetahui kondisi ketebalan kampas rem belakang tanpa melototin langsung kampasnya.

Semoga bermanfaat.

7 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda