ktm indonesia

ARIPITSTOP.COM – Terkadang kita bingung kenapa ada oli di filter udara atau ada tetesan oli bahkan sampai banjir oli di box filter udara. Kejadian seperti ini sering saya dapati bahkan sang pemilik motor justru tidak tahu kalau ada oli mesin naik ke filter udara. Oli naik ke filter udara jika sampai banjir, biasanya akan menyebabkan motor terasa berat akibat aliran udara jadi terhambat dan efek terburuknya adalah oli mengalir ke ruang bakar sehingga knalpot keluar asap putih tebal alias ngebul, kok bisa ?, yap… oli yang banjir di filter udara udara kemudian turun ke karburator atau ke throtle body lanjut ke intake manifol dan masuk ke ruang bakar.

Pada mesin motor kita terdapat selang pernafasan yang berfungsi agar ruang mesin tidak hampa. Dan di kondisi normal selang pernafasan hanya mengeluarkan hawa / udara dari mesin tanpa oli dan jika ternyata ditemukan oli ikut keluar hal itu mengindikasikan adanya sesuatu yang tidak beres di motor kita.

Lalu apa penyebab oli mesin bisa naik ke filter udara ?, yang pertama karena kebanyakan mengisi oli mesin. Volume oli mesin sudah ada takarannya masing2, jika melebihi takaran yang dianjurkan dari pabrikan maka oli akan tumpah2 naik ke filter udara bahkan motor terkadang jadi berat tarikannya. Kenapa olinya tumpah ke filter udara bukan langsung ke lantai ?, karena hampir semua motor, selang pernafasan mesinnya dialirkan ke box filter udara agar tidak ada benda asing masuk ke selang pernafasan yang terhubung langsung ke jeroan mesin.

Kemudian penyebab yang kedua adalah motor ambruk atau terjatuh. Ketika motor ambruk maka lubang pernafasan akan ditutupi oleh oli mesin dan ketika kondisi mesin masih hidup maka oli akan naik ke filter udara disebabkan ketika mesin hidup berarti pompa oli terus berjalan yang menyebabkan tekanan oli mengalir ke filter udara. Bahkan ada sebagian kasus justru motor ambruk padahal motor dalam kondisi mati juga bisa menyebabkan oli mesin naik ke filter udara.

Oli mesin ibarat darah di dalam tubuh kita, darah mengalir keseluruh jaringan sel tubuh kita agar badan kita selalu fit saat beraktivitas, begitu juga dengan oli mesin… oli bergerak dipompa oleh pompa oli bergerak keseluruh mesin untuk melumasi part2 di dalam jeroan mesin agar motor tetap nyaman saat kita pakai. Oleh karena itu kita harus selalu cek kondisi oli mesin baik kualitas kekentalannya ataupun kondisi volume oli di dalam mesin.

5 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda