ktm indonesia

ARIPITSTOP.COM – Siapa yang sudah kangen dengan bahasan teknik warung ini ?, saya sendiri saja sudah kangen banget. Kali ini saya ingin berbagi informasi saja pemasangan blok atau cylinder Nmax ke Lexi. Yamaha Lexi yang hanya memiliki kapasitas mesin 125cc dengan mudah naik menjadi 155cc hanya dengan memakai cylinder Nmax.

Yap, naik kapasitas mesin ini sama halnya ketika motor Jupiter MX 135 naik kapasitasnya menjadi 150cc dengan mengadopsi cylinder milik Vixion. Pemasangannya pun tergolong sangat mudah karena PNP, hal ini yang menjadi favorit para owner MX 135. Dan kali ini Yamaha memberikan kemudahan juga bagi para pengguna motor Lexi, seperti yang sudah kita ketahui kalau Lexi merupakan motor Nmax versi kecil. Mesin Lexi sama saja dengan Nmax yang dikurangi kapasitas mesinnya menjadi 125cc, meskipun memang ada beberapa part yang beda namun hanya untuk menyesuaikan power dari motor saja.

Lalu bagaimana dengan pemasangan cylinder Lexi ke Nmax ?, gampang banget… karena panjang langkah piston Nmax dengan Lexi itu sama maka subtitusi ini sangat mudah dilakukan. Panjang langkah piston Nmax dan Lexi sama2 58,7mm sedangkan diameter piston Lexi hanya 52mm saja dan diameter piston Nmax 58mm.

Sebelum pemasangan, sampeyan cukup beli gasket cylinder dan paking cylinder head, kemudian piston dan ring piston serta yang pasti adalah Cylinder Nmax. Rinciannya sebagai berikut :

  • Piston Nmax : Rp 145.000
  • Ring Piston Aerox/Nmax : Rp 64.000
  • cylinder Nmax : Rp 242.000
  • Gasket cylinder Nmax : Rp 10.000
  • Gasket cylinder head Nmax : Rp 20.000

Untuk biasa jasa pasang bervariasi setiap bengkelnya, antara 150 sampai 250ribuan.

Untuk pemasangan tinggal pasang saja PNP, meskipun gampang banget tapi kalau tidak bisa pasang sendiri sudah pastinya dibawa ke bengke saja.

Jika sudah terpasang cylinder Nmax ke Lexi, misalnya jika tenaga dirasa kurang maka bisa disesuaikan dengan pemakaian busi Iridium, camshaft/noken as Lexi diganti pakai Nmax serta penyesuaian dibagian CVT misalnya penggantian bobot roller sesuai kebutuhan.

23 KOMENTAR

  1. Diameter klepnya sama ndak Gan.??
    Btw kalo Suzuki Smash Titan apa bisa pakai blok dan piston Shogun FL ya, panjang strokenya juga sama.

  2. Nah begini harusnya Aripitstop.com tuh bahasannya Kalau penampakan atau lainnya mah selingannya aja biar punya karakter blog nya

  3. nah dulu sy ikuti nih blog karena sering bahas yg ginian, sekarang malah udah jarang, sering bahas yg ginian om, biar mantap, terima kasih.

  4. Lek, part nmax sama aerox sama ora? , katanya mesin lexi itu mesin aerox / nvx 125 , kok pake part nmax bukannya aerox

  5. Nah ini kembali ke basicnya mantap…
    Partnya termasuk murah ya mas dan ready…
    Kalau merk sebelah ngak bisa bayangin harga part dan lama indentnya hikhikhik

  6. di ECU apa perlu ada perubahan Mbaahh..??
    truss klo bagian cvt kalo mau di ganti, bagus pake yg aerox ato Nmax Mbaah..??
    soal nya kan beda tuuh, nmax diameter kaki” lebih kecil, klo aerox & lexi kan sma” ring 14…

Ketik Komentar Anda