ARIPITSTOP.COM – Perdana Menteri Mahathir Mohamad meresmikan sirkuit Sepang siap menggelar balapan di malam hari, peresmian oleh Mahatir Mohamad ini adalah untuk kedua kalinya setelah 19 tahun lalu di tahun 1999 sirkuit Sepang ini dibangun.

Sirkuit sepanjang 5,543 kilometer itu kini bertabur cahaya setelah dilengkapi dengan lampu di sepanjang sirkuit, sehingga siap menggelar balapan malam hari. Sebanyak 64 buah tiang lampu telah dipasang di posisi strategis di sekeliling trek, pihak SIC menjelaskan jika jumlah ini dirasa cukup jika sirkuit Sepang ingin menggelar balapan malam untuk F1 atau MotoGP. Perbedaan waktu Asia dan Eropa memang membuat beberapa sirkuit menyesuaikan dengan jam tayang penonton. Balapan malam saat ini baru dilakukan di Qataruntuk balapan MotoGP sedangkan sirkuit jalan raya di Singapura untuk balapan Formula1.

“Kami melihat satu-satunya peluang untuk meningkatkan perlombaan adalah dengan membuka trek di waktu malam. jadi, kami memutuskan untuk memasang lampu di seluruh trek,” kata pimpinan SIC, Tan Sri Azman Yahya.

Penerapan lampu2 di trek sikuit Sepang ini tidak main2, pihak SIC bekerja sama dengan perusahaan yang sama mengerjakan lampu2 di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Sirkuit Losail, Qatar, Jukasa Speedway di Kanada dan Sirkuit Bahrain. Rancangan pemasangan lampu ini juga melibatkan Federasi Internasional Motosport (FIM) dan Federasi Internasional Balap Mobil (FIA), sehingga terbuka lebar kedepannya balapan MotoGP akan digelar malam hari di Sepang begitu juga dengan balapan F1 yang tahun ini tidak digelar di Sepang akibat sepi penonton, namun balapan malam hari dipercaya akan menyedot penonton yang lebih banyak.

6 KOMENTAR

  1. Haha…indonesia 3 sirkuit internasional cuma janji…mana suara sentul….(tetep aspal kompleks)
    Mana suara sulawesi…(masih fokus asean game)
    Mana suara lombok….(sebentar fokus korban gempa dulu bro)

Ketik Komentar Anda