ARIPITSTOP.COM – Yamaha Xmax 250 sepertinya akan segera mendapatkan lawan utama di kelas matic 250cc, jika memang Honda akan melokalkan Forza 300 menjadi Forza 250 di Indonesia. Semoga akhir tahun ini dech nongolnya… Lihat saja penjualan Xmax 250 yang cenderung stabil, dan segmen sport 250cc yang semakin mengikis, tak mungkin AHM tidak tergiur melokalkan Forza 300.

Berbeda dengan Indonesia, di Thailand kedua motor ini sudah perang pasar. Yamaha Xmax 300 duluan dijual kemudian hanya berselang beberapa bulan saja menyusul Honda Forza 300. Bukan hal yang sulit mendapatkan foto kedua motor ini di jalanan Thailand, bahkan sudah banyak beredar foto2 keduanya saling dikomparasikan alias dijejerkan. Hayo…. gantengan yang mana ?, gagah yang mana ?, jangan cuma jas jes jos saja tapi nggak beli…

Kedua motor ini saling perang fitur dan teknologi, Xmax telah dilengkapi dengan TCS ( Traction Control System) sistem yang dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi. Selain itu motor ini juga sudah double disc brake serta dilengkapi dengan piranti pengamanan berupa ABS.

Forza 300 juga sudah memakai teknologi  Honda Selectable Torque Control (HSTC), mendeteksi perbedaan diantara kecepatan ban depan dan belakang, dan dari data ini HSTC mengukur rasio slip jika ada perbedaan antara kecepatan roda depan dan belakang. Dan Jika ada maka HSTC akan mengendalikan Torsi yang dihasilkan mesin dengan mengatur kembali semprotan bahan bakar sampai akhirnya diperoleh Rasio speed yang sesuai.  Dan motor ini juga sudah dilengkapi dengan pengereman ABS.

Yamaha Xmax sudah dilengkapi dengan SSS alias Smart Key System, sistem kunci tanpa anak kunci (Keyless). Fitur ini membuat para biker semakin praktis dan aman karena disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi motor. Tak ketinggalan pula fitur lampu Hazard, Electric Power Socket,  tampilan lampu depan dan belakang LED yang juga dilengkapi dengan DRL (Daytime Running Light) menampilkan karakter mewah dan sporty.

Ternyata Honda Forza 300 juga tidak mau ketinggalan, Kompartemen di jok lebih lebar dan bisa menampung dua helm full face. Dan motor ini sudah memakai fitur Full-LED. Forza 300 dilengkapi dengan Smart Key System, power charged, dan juga ada Electrically Adjustable Windscreen.

Urusan ban, Forza memiliki ukuran 120/70-15 dengan tipe ban Pirelli sedangkan ban belakang memiliki ukuran lebih lebar 140/70-14. Sedangkan Yamaha Xmax  juga sama yaitu ban depan 120/70-15″ dan belakang 140/70-14″.

Terus mau beli yang mana ?, sesuai keinginan hati sajalah… kalau saya punya rejeki beli dua2nya, kalau cuma mampu beli satu ?, asal jangan bikin perang sama istri saja…

16 KOMENTAR

  1. Xmax keliatan murah banget…. dr sepion yg cungkring model vega R dan body plastik jelek…depan jelek belakang jelek. Wkwkwk

  2. Forza lbh slim
    Jinjit balet g yh?
    Knp sih Ahm selalu telat ngeluarin produk
    Maen red ocean,keduluan thailand pdhl pangsa pasar indonesia lbh besar
    Emang pabrik honda d thailand lbh besar?
    Ko rnd ny msh d sna
    Apa ahm g pny daya tawar ky wktu mu nelorin sebeerrr?
    Pdhl sebeerrr bkn produk global
    Tinggalkan lah jargon irit & harga jual kembali tinggi ky taun 90an aja
    Jdlah perintis dg value produk yg bagus & terjangkau

  3. Klo depan, jelas XMax lebih garang dan keren.
    Seolah2 Forza elegan, tapi buat ane kyk ringkih ringkih dan nunduk klo ngadepin Forza

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini