image description

ARIPITSTOP.COM – Yamaha Sunday Race 2018 di seri pertama ada kelas baru yaitu All New R15 Idemitsu Junior Pro, kelas ini diperuntukkan bagi para pembalap profesional cilik. Melihat skill daripara pembalap cilik ini ternyata mereka memiliki best time yang tak kalah dengan para seniornya.

Mereka datang dari berbagai penjuru tanah air dari Pulau Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Madura dan Jawa. Seperti Nia Ramdhani asal Medan, Sumatera Utara, kemudian Andi Mahmud Mappeganti dari Sulawesi Tengah ataupun Fahmi Basam asal Sulawesi Tengah. Mereka bernaung di sekolah balap seperti D45 Road Racing Academy, Bobs R7 Racing School, Rey Racing School dan Hendriansyah Racing School.

“Kelas ini kami beri nama All New R15 Idemitsu Junior Pro pesertanya berasal dari para pembalap junior yang selama ini bertarung di kelas Motoprix MP5 dan MP6 sebanyak 17 pembalap muda berbakat. Syarat mutlak maksimal berusia 16 tahun, diproyeksikan untuk pembalap masa depan Indonesia, yang suatu saat mampu membuktikan Merah putih Semakin Di Depan,” kata Kadek Suma, Divisi Motorsports PT YIMM.

“Perkembangan mengejutkan saat kualifikasi terjadi penajaman waktu yang signifikan. Hal ini sangat membuat kami optimis metode edukasi balap sport yang terseleksi dan terarah ini mampu mengakselerasi kemajuan dunia balap di Indonesia.  Metode belajar bersama dengan pembalap senior yang sangat berpengalaman sangat efektif,” lanjut Kadek Suma.

Hasilnya Luar biasa, para pembalap cilik ini mengalami peningkatan waktu yang sangat tajam saat kualifikasi dibandingkan saat latihan bebas. Seperti petarung asal Sulawesi dari tim Yamaha PRS, Fahmi Basam yang sebelumnya mengukir 2 menit 08,262 detik (FP), kemudian menjadi 2 menit 02,284 detik saat kualifikasi Sabtu (7 April).

“Saya memperbaiki racing-line berdasarkan masukan yang saya terima dari Instruktur dan yang utama ialah makin bersemangat dan optimis dapat mempertajam catatan waktu,“ tutur Fahmi Basam yang masih berusia 13 tahun ini.

Pada saat race, para pembalap cilik ini mengitari sirkuit Sentul sebanyak 6 lap. Saat start langsung terjadi saling overtake namun karena Aldy sudah malang melintang di kelas profesional serta bobotnya yang ringan, maka dirinya mampu melesat. Disusul oleh Wahyu Nugroho dari tim Yamaha Yamalube NHK IRC DID Nissin NGK Bahtera dengan gap 5.303 detik.

“Tadi sempat bisa menyalip Aldi tapi disalip lagi. Mungkin karena bobot dari Aldi yang jauh lebih ringan jadi bisa lebih cepat, karena di kelas ini motornya standar,” ujar Wahyu Nugroho saat sesi pres con.

Posisi tiga ada Candra Hermawan, pembalap 15 tahun asal Jawa Timur yang bernaung di D45 Road Racing Academy.

Berikut hasil race All New R15 Idemitsu Junior Pro seri pertama Yamaha Sunday Race 2018 :

Ketik Komentar Anda