image description

ARIPITSTOP.COM – Melihat data AISI pada bulan Februari 2018 ini ada yang terlihat aneh dari pabrikan Honda, AHM menguasai pasar 77% dari market share roda dua di tanah air pada bulan Februari 2018 artinya Honda semakin mendominasi, tetapi… meskipun motor Honda begitu laku keras faktanya ada beberapa tipe yang sama sekali sudah tidak dilirik oleh masyarakat.

Selain penjualan MegaPro FI yang semakin nyungsep yang hanya 200unit perbulan ternyata ada yang lebih parah lagi yaitu Spacy. Meskipun secara mesin masih 11-12 dengan Honda Beat namun karena desainnya yang nanggung mungkin menjadi alasan utama motor ini sekarang sudah tidak bisa berkembang.

Dari data AISI pada tahun 2017 lalu, sebanyak 5.067 unit terjual dari Januari-Desember 2017, distribusi per bulannya sekitar 300-400-an unit saja dan sekarang di tahun 2017 justru mengejutkan. Pada bulan Januari 2018 motor ini hanya laku 28 unit saja dan di bulan Februari 2018 pihak AHM tidak satupun menjualnya. Yup, tidak ada penjualan di bulan Februari 2018 menjadi tanda tanya besar apakah motor ini benar2 sudah disuntik mati atau belum.

Sudah saatnya motor ini segera difacelift jika penjualannya ingin terdongkrak. Lalu bagaimana jika desain dari Honda Spacy mengadopsi dari desain Honda Moove yang saat ini sudah beredar di Thailand ?, opini saya sich cocok banget karena dimensinya yang hampir mirip dengan Honda Beat meski agak lebaran sedikit tak sebesar Honda Spacy namun karakternya yang imut justru membawa penampilan yang beda bisa mengganti desain dari si Spacy. Untuk dapur pacu Honda Moove dibekali mesin 110cc PGM FI terbaru, teknologi “Honda Smart Technology” yang didalamnya sudah mengadopsi 3 teknologi terbaru diantaranya adalah ESP (Enhanced Smart Power), Idling Stop, dan juga Combi Brake System sehingga motor ini diklam mampu berjalan sepanjang 63 km hanya dengan 1 liter BBM saja.

Honda Moove mengusung teknologi baru yakni LED dengan efek 3D.  LED Dual headlamp pada lampu depan, dan lampu senja LED model DRL (day Running Light) seperti alis dan juga lampu rem yang lebih besar

Selain itu matik ini juga memiliki U Box yang cukup untuk menyimpan helm, seperti Spacy jadi tetap Helm In. Front Inner Box pada konsol depan. Side Stand Sensor standar samping, serta Ban Tubeless sebagai standar ban OEM pabrikan. Remnya pun telah mengadopsi Combri Brake system dengan rem depan Cakram dan rem belakang tromol Dikombinasikan ring 12 inch, dengan ukuran lebar ban 100/90 dan 110/90.

Untuk lebih detail bisa dilihat videonya :

via hp klik disini

Galeri

10 KOMENTAR

  1. harusnya sih begitu Lek … full model change plus masih blue ocean alias bloman ada kompetitor sejenis

    seperti biasa … klo AHM masih blom yakin, bawa aja dulu buat dipamerin di PRJ, letakan sebelahan sama current Spacy trus ambil survey dah

  2. Ini matic di kelas entry level yang paling luas bagasi nya, apakah nasib nya serupa dengan supra x helm in, padahal ini motor bener fungsional banget “dek rata + bagasi yang luas” tapi aneh nya koq kurang di minati oleh konsumen, apa karena design nya yang kurang ke kinian ya, dulu sebelum ambil old vario 125 sempat kepikiran spacy karena bener2 fungsional banget cuma karena cc dan design vario yang lebih bisa di terima dan bagasi juga lumayan luas ya akhir nya pilih vario.

  3. wajar saja kalau tidak laku, karena mesinnya masih belum ESP alias masih pakai mesin bletak dor, calon konsumen pasti akan pilih Beat atau langsung naik ke Vario.
    seharusnya next Vario 110 diberikan bagasi luas supaya bisa sekaligus menggantikan posisi Spacy.

Ketik Komentar Anda