image description

ARIPITSTOP.COM – Dorna Sports dalam event peluncuran di Roma, Italia pada Selasa 6/02/2018, resmi meluncurkan satu tambahan kelas baru yaitu MotoE yang akan berlangsung mulai tahun 2019 dan Energica Ego yang bermarkas di Italia ditunjuk memasok motor2 yang akan digunakan untuk balapan, yup… bisa dibilang ini adalah balapan one make race. Balapan motor listrik ini resmi disponsori oleh Enel yang merupakan perusahaan distribusi listrik di Italia.

MotoE akan memulai debut balapannya mulai tahun 2019 dan kemungkinan baru akan dimulai 5 seri saja itupun hanya di seri daratan Eropa dan selanjutnya akan diselenggarakan di benua luar Eropa mulai tahun 2020 nanti, kelas MotoE ini akan dibalapkan pada sesi diantara Warm Up MotoGP dan Race Moto3.

MotoE pada musim pertamanya akan terdiri dari 18 motor yang meliputi 11 tim. Tujuh tim satelit MotoGP – Tech 3, LCR, Marc VDS, Pramac, Avintia, Angel Nieto dan Gresini – akan menurunkan masing-masing dua motor, sementara empat tim diambil dari kelas Moto2 dan Moto3 akan menurunkan satu motor.

Beberapa waktu lalu motor listrik yang akan digunakan balapan ini pernah diuji coba di lintasan dan hasil mengesankan. Dengan pembalap  Sylvain Guintoli, tak diduga motor listrik yang akan digunakan untuk balapan ini mampu mengail kecepatan hingga 270 kpj, topspeed ini diluar klaim dari sang pabrikan yang hanya 240 kpj saja. Motor listrik yang pastinya sudah terbukti kencang, namun kencang saja sudah pasti tidak cukup karena yang namanya motor balap harus punya ketahanan yang luar biasa agar tidak jebol saat balapan apalagi ini termasuk masih baru banget ketika motor listrik diajak buat balapan resmi.

Atas pencapaian tes ini, Guintoli yakin jika balapan motor listrik ini kedepannya akan punya prospek yang bagus. Informasi itu seperti dikutip dari Twitter @sylvainguintoli. “Pengalaman baru jajal motor listrik balap dan menyenangkan menjajal superbike listrik Energica Ego, top speed 270 km/jam,” cuit Sylvain Guintoli.

2 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda