Advertisements
jump to navigation

Nasib Piringan Rompal Karena Kampas Rem Habis Tak Kunjung Diganti Oktober 27, 2017

Posted by aripitstop in : BENGKEL , trackback

image description

ARIPITSTOP.COM – Salam kunci ring, salah satu syarat motor laik jalan karena adanya rem. Bisa dibayangkan jika motor bisa jalan namun tidak ada remnya… motor bisa nyelonong nabrak sana sini, oleh karena itu betapa pentingnya bagi para biker untuk merawat dan menjaga sistem pengeraman pada motor agar tetap berjalan dengan baik.
instagram-aripitstop

Perawatan mudah pada sistem pengereman adalah dengan terus memantau kondisi kampas rem, jika kampas rem sudah tipis maka sudah waktunya untuk diganti jangan sampai menunggu kampas rem benar2 habis karena bisa mengikis piringan cakram. Mau tau cara mengecek tingkat keausan kampas rem ? klik disini untuk cara mengecek ketebalan kampas rem depan, dan klik disini untuk cara mengecek ketebalan kampas rem tromol.

Dari dua artikel yang saya link diatas sudah jelas bagaimana cara mengecek kondisi ketebalan kampas rem cakram maupun kampas rem tromol, sangat mudah tanpa kita harus bongkar2 kampas rem. Untuk kampas rem tromol jarang banget terjadi ada kejadian kondisi rumah tromol bisa termakan oleh kausan kampas rem kecuali setelan kampas rem sudah dirubah dari kondisi standar.

Berbeda dengan kampas rem depan atau cakram, jika kampas rem habis maka piringan akan langsung tergerus dan semakin tergerus sampai habis jika kampas rema tidak kunjung diganti. Kampas rem depan ketika sudah habis seharusnya akan menimbulkan suara decit karena sepatu kampas rem habis alhasil besi dudukan sepatu kampas rem dengan besi piringan beradu. Jika sudah timbul bunyi decit tidak juga diganti berarti sang pemilik motor itu jorok atau memang kurang tahu tentang motor, tapi meskipun kurang pengetahuan tentang jika motornya timbul suara2 aneh maka dia akan tanya ke bengkel atau minimal ke teman2 atau tetangga. Bisa juga memang kondisi keungan yang lagi mepet atau ada hal lainnya seperti misalnya kondisi sparepart yang susah dicari.

Kampas rem KW atau palsu juga rentan mengakibatkan piringan cepat aus karrna bahannya yang lebih keras dari kampas rem standar.

Kalau dibiarkan terus menerus akan terjadi seperti pada nasib piringan cakram yang satu ini, lihat saja piringan cakram cakram sampai rompal begini, dan akhirnya harus mengeluarkan biaya lebih banyak. Kalau cuma ganti kampas rem saja sekitar 100ribu tapi kalau sepaket sama piringannya bisa habis minimal 300ribuan, apalagi kalau harga piringan cakramnya diatas 500ribu, bisa nyesek dech…

Apalagi sekarang lagi jamannya ojek online, motor yang digunakan untuk ngojek pastinya setiap hari menempuh jarak yang jauh dan kampas rem lebih cepat aus dan habis.

Advertisements

Komentar»

1. masdul - Oktober 27, 2017

mayoritas bisa beli ga bisa ngerawat…

😀

2. PRIKITIWWWW - Oktober 27, 2017

Om….
Itu klo diklik judulnya kok masuk link FB ato lainnya…

3. wongso - Oktober 27, 2017

ok…ok…ok…

4. Velg tidak center bisa membuat ban cepat aus dan merusak rem cakram juga | Mengupas soal motor - Oktober 27, 2017

[…] Membaca postingan di aripitstop, penulis jadi teringat bahwa penulis pernah mengalami hal yang sama. Nasib Piringan Rompal Karena Kampas Rem Habis Tak Kunjung Diganti […]

5. Kobaypitstop - Oktober 27, 2017
6. jimmoth - Oktober 27, 2017

Ga punya perasaan yg punya, cuma bisa make doang…weleh..weleh…

7. Roy - Oktober 27, 2017

Parah….
Ini Honda ya? pantes gak ada yg BC… Coba Yamaha dah pasti ada FBH yg bece

8. joe - Oktober 28, 2017

bukan H*** tapi lebih mirip merek Y****….. liat warna velg sperti yang edisi spesial MOTOGP MOVI***R Y*****A


space for ads

%d blogger menyukai ini: